fbpx

5 Langkah Membangun Konsistensi

1 min read

tips agar bisa konsisten

Jika bicara tentang produktivitas, curhat yang paling sering sering terdengar adalah, bagaimana cara agar bisa konsisten.

Kata yang terdiri dari 9 huruf ini, seringkali membuat kita merasa terbeban. Kadang memilih menyerah, bahkan pada saat belum memulainya.

5 Tips untuk membangun kebiasaan yang konsisten

Banyak hal dalam hidup yang ada di luar kendali kita. Karena itu, mudah juga bagi kita untuk terdistraksi atau malah “menunda” melakukan hal-hal yang seharusnya kita lakukan.

Namun, jika “menjadi lebih baik” adalah tujuan kita, maka penting untuk mengambil satu langkah awal, sekaligus membangun konsistensi yang selaras dengan cita-cita tersebut.

Berikut ini, 5 langkah membangun konsistensi untuk menuju hidup yang lebih baik.

#1. Pilih goals yang memang kita inginkan

Seringkali kita membuat cita-cita yang sebetulnya bukan mimpi kita.

Cita-cita tersebut kita pilih karena dipengaruhi oleh keluarga atau lingkungan kita; bukan karena hasrat terdalam kita.

Penting untuk memiliki cita-cita yang memang sesuai dengan keinginan kita. Cita-cita yang sesuai dengan hati tentu lebih memberdayakan dibanding cita-cita karena harapan (atau malah tekanan) dari luar diri kita.

#2. Bagi goals menjadi lebih kecil

Ini bukan cerita pujangga, tapi membuat goals kita menjadi nyata, memang sebuah perjalanan panjang, yang perlu kita tempuh selangkah demi selangkah.

Membagi goals besar kita menjadi goals kecil juga membantu kita menciptakan sukses-sukses kecil.

Pengalaman sukses inilah yang dapat membantu kita untuk terus konsisten bergerak menuju goals besar kita.

#3. Rencanakan dan bangun sistem

Jika sudah menemukan apa yang menjadi milestone goals besar teman-teman, jangan lupa, rencanakan kapan akan melakukan dan bagaimana aktivitas tersebut akan dilakukan.

Bila bangun sebelum subuh bisa memastikan teman-teman mengerjakan aktivitas inti, maka jangan bergadang. Persiapkan tidur dengan baik, agar bisa bangun pagi tepat waktu.

#4. Selalu ingat “the why

Tidak selamanya semua aktivitas kita berjalan sesuai rencana. kadang kala, willpower juga melemah, sehingga kita tidak dapat melakukan aktivitas inti.

Jika hal ini terjadi, jangan terlalu menghakimi diri, terima dulu, beri jeda pada diri sendiri, dan mulailah kembali.

Trik lainnya, tuliskan cita-cita (goals) teman-teman dan letakkan di tempat yang mudah untuk dilihat.

Terbiasa melihat goals memudahkan kita menjauh dari prokrastinasi, dan memilih setiap kegiatan dengan sadar, tidak karena terpaksa.

#5. Visualisasikan golas

Mengubah keinginan menjadi tindakan perlu proses. Kita perlu meresapinya hingga menjadi keyakinan kuat dalam diri kita.

Menvisualisasikan goals kita akan memotivasi bergerak melakukan aktivitas inti dengan penuh kesadaran.

Semoga 5 trik diatas dapat membantu teman-teman memiliki road map baru untuk membangun konsistensi.

Jika masih butuh ide untuk menentukan aktivitas inti dan mengatasi hambatan dalam konsistensi, teman-teman dapat bergabung dalam kelas 27 Hari Mengubah Hidup dari ruangtraining.com

Dalam kelas ini, teman-teman akan belajar mengurai goals besar menjadi goals lebih kecil, kemudian menentukan aktivitas inti yang tepat.

Banyak peserta yang merasa jika kelas ini banyak mengubah cara pandang mereka tentang diri mereka sendiri, termasuk menyadari potensi dan limiting belief yang membuat mereka sulit bergerak maju.

Insya Allah kelas ini akan mulai pada tanggal 25 November nanti. Silahkan ikuti tautan berikut ini, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Kelas 27 Hari Mengubah Hidup dari ruangtraining.com