fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Agar Tetap Semangat…

1 min read

Setiap orang tentu pernah mengalami naik turun semangat. Beberapa orang menyebutnya moody. Yang merepotkan adalah jika pada saat itu kita membutuhkan mood semangat, namun yang muncul justru mood malas, tentu sangat merugikan, kan?

Katakanlah, Anda memiliki tugas untuk membuat setumpuk laporan. Baru memikirkannya saja sudah terasa malasnya, bukankah ini merugikan Anda?

Pertanyaannya, bagaimana cara mengatur semangat atau mood ini?

Dalam NLP, istilah mood dapat dipadankan dengan istilah state of mind: keadaan pikiran & perasaan tertentu. Sedangkan strategi mengatur mood disebut state management.

Secara simpel, bagaimana kita melakukan state management?

Pertama, ubah pertanyaan yang kita ajukan pada diri kita. Alih-alih kita bertanya “kenapa saya malas?” “kok banyak banget laporan yang harus dibuat?” lebih baik jika bertanya: “Apa yang bisa membuat saya semangat?” “Bagaimana caranya agar sekarang saya semangat?” “Bagaimana caranya saya menyelesaikan laporan ini dengan cepat dan mudah?” Pertanyaan yang tepat akan mengantarkan Anda pada jawaban yang tepat.

Kedua, ubah fokus pikiran. Mengubah pertanyaan seperti yang Anda lakukan di atas sebenarnya akan mengubah fokus pikiran Anda. Cara lain untuk mengubah fokus pikiran adalah dengan mengatur ulang film dalam pikiran kita.

  • Saat Anda membayangkan betapa ruwetnya mengerjakan laporan (atau pekerjaan apapun yang membuat Anda malas), amati film dalam pikiran Anda. Lalu, buat film itu menjadi hitam putih dan kabur. Anda juga boleh membuatnya mengecil. Bayangkan saja seakan-akan Anda memiliki komputer tablet dalam pikiran Anda dan Anda bisa mengotak-atik isinya dengan mudah.
  • Lalu, Anda ganti film-nya. Ganti dengan film betapa menyenangkannya saat laporan (atau tugas apapun) itu selesai. Lihat bagaimana Anda dengan mudah mengerjakannya sedikit-demi sedikit. Mungkin di awal, gambarnya agak buram. Anda boleh membuatnya lebih jelas, lebih terang, dan lebih berwarna.
  • Lakukan beberapa kali sampai mood Anda berubah. Di awal, mungkin latihan ini agak sedikit menantang. Setelah Anda melakukannya beberapa kali, temukan betapa mudahnya mengganti film dalam pikiran Anda. Jika Anda masih bingung, Anda boleh mendaftar kelas Essential NLP: Quantum Self-Transformation terdekat.. he he..

Ketiga, ubah gerakan. Mengubah gerakan fisik akan mengatur ulang mood Anda. Berpindah tempat, mengatur ulang ruangan kantor, maupun olahraga ringan akan memperbaiki mood Anda.

Terakhir, agar Anda tetap semangat, Anda perlu memiliki HUGGs* dalam hidup. HUGGs ini ibarat magnet yang menarik Anda untuk bekerja lebih semangat, bekerja lebih keras, bekerja lebih cerdas. Kita akan membahas HUGGs di artikel-artikel mendatang. Selamat berlatih!

*HUGGs = Huge, Unbeliveable Great Goals

 

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

2 Replies to “Agar Tetap Semangat…”

  1. Hebat mas…. kapan ya… kasih aku coaching lagi… he..he..he.. Bagus tuh kemarin Life coach-nya…. , tapi baru sebagian diisi…., dan karena agak lama keselip…, nanti sekalian bongkar lagi yang harus diisinya…. salam…

    1. waduh, sudah telat nih saya. baru tahu info ini?.. skaerang tanggal 13-11-2011?.Apa masih bisa mendapat diskon nih?.???Maklum dana terbatas, namun semangat belajar tinggi? he..he..he?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *