fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Willpower: Kunci Pencapaian Tujuan

1 min read

Willpower adalah salah satu elemen yg diperlukan dalam mewujudkan tujuan kita. Apapun tujuannya. Entah menurunkan berat badan, mengurangi waktu utk fesbuk-an, sampai membaca Qur’an 1 juz per hari.

Menurut Roy Baumeister, PhD untuk sukses mencapai tujuan kita memerlukan tiga elemen:

  1. Membangun motivasi dan menetapkan tujuan yg jelas.
  2. Memonitor perilaku untuk mencapai tujuan.
  3. Willpower

Lemah dan kurangnya willpower yg seringkali membuat tujuan tidak tercapai.

Kita menyebut willpower dengan istilah kemauan, tekad, disiplin diri, atau kendali diri. Dalam ilmu psikologi kita mendefinisikan willpower sebagai:

  • kemampuan menunda kesenangan, menolak godaan jangka pendek untuk mencapai tujuan jangka panjang.
  • kemampuan mengesampingkan pikiran, perasaan dan impuls yg tidak diinginkan.
  • kemampuan mendahulukan akal (cognitive system) daripada nafsu (emotional system).
  • kemampuan pengelolaan diri secara sadar.

Tiga Aturan Willpower

Willpower kita terbatas

Banyak orang mengira, kapasitas willpower kita tidak terbatas. Menganggap kita bisa disiplin kapanpun kita mau. Asal mau, maka kita akan mampu. Ternyata tidak demikian. Willpower kita terbatas. Mirip seperti data internet, ada kuotanya. Setiap kali kita menggunakannya, kuota willpower kita berkurang. Willpower kita berkurang setiap kali kita menggunakannya utk berpikir atau memutuskan sesuatu (bahkan untuk hal yg sederhana spt: hari ini pakai baju apa?). Tak heran bila kuota willpower kita berada pada puncaknya di pagi hari dan melemah di sore (atau malam) hari.

Maka, kita perlu mengelola willpower kita dengan bijak. Gunakan waktu pagi utk melakukan hal-hal yg penting dan berdampak besar pada hidup kita. Jangan sia-siakan waktu pagi utk melakukan hal-hal yg tidak penting dan tidak berdampak.

Willpower seperti Otot

Willpower juga seperti otot. Bisa kuat, bisa juga lemah. Tergantung apakah kita melatihnya atau tidak. Seperti otot, jika kita tidak pernah melatih willpower kita, maka willpower kita akan lemah. Kita mudah tergoda dengan godaan-godaan jangka pendek sehingga kita pun melupakan tujuan jangka panjang kita.

Willpower dapat Dihemat

Caranya adalah dengan mengatur lingkungan kita. Mau mengurangi waktu fesbuk-an? Daripada berjuang melawan diri sendiri, hapus saja aplikasi Facebook dari handphone Anda. Ini akan menghemat willpower Anda.

Cara lainnya adalah dengan menciptakan kebiasaan. Saat kebiasaan terbentuk, kebutuhan akan willpower menjadi hilang. Luangkan waktu 33-66 hari untuk membentuk kebiasaan, dan setelahnya Anda dapat melakukan kebiasaan tersebut tanpa susah payah (baca: tanpa willpower).

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

One Reply to “Willpower: Kunci Pencapaian Tujuan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *