fbpx

Tips Sukses dari 5 Orang Berpengaruh di Dunia

2 min read

tips sukses dari oprah winfrey

Kira-kira, apa ya, tips sukses Oprah Winfrey, Elon Musk, atau Richard Branson? Apa rahasia mereka sehingga mereka layak dijadikan panutan oleh banyak orang?

Setiap orang memang punya arti suksesnya masing-masing. Jalur kita menuju kesuksesan itupun berbeda-beda.

Kabar baiknya, di luar sana, sudah banyak orang yang melalui jalur tersebut, dan sukses.

Kabar baik yang kedua, orang-orang yang telah mendapatkan kesuksesan tersebut ternyata tidak pelit ilmu, mereka suka sekali membagikan tips sukses, sekaligus pelajaran yang mereka ambil saat mewujudkan cita-cita mereka.

Berikut ini 5 tips sukses yang bisa kita jadikan inspirasi.

5 Tips sukses dari para pesohor dunia

#1. Terbukalah dengan semua kemungkinan

When you come to a point in your life when you see difficult things, don’t look in the other direction; move toward it. That’s the moment when you can affect change.”

Melinda Gates

Mengapa orang suka dengan ramalan?

Kenapa saat ingin berinvestasi, kita lebih suka bertanya emiten mana yang menguntungkan dibanding belajar dulu dan praktek?

Jawabannya hanya satu, karena menginginkan kepastian.

Kita menunda bergerak, membuat perubahan, karena biasanya perubahan akan membawa banyak masalah. Menjadikan semua yang “baik-baik saja” menjadi tidak pasti.

Padahal justru dari ketidakpastian perubahan, kesulitan; kita dapat mengambil pelajaran. Lupa, jika sesuatu yang terasa sulit, seringkali membawa perubahan besar dan kebahagiaan.

#2. Selalu buat tantangan baru

Do the one thing you think you cannot do. Fail at it. Try again. Do better the second time. The only people who never tumble are those who never mount the high wire. This is your moment. Own it.”

Oprah Winfrey

Jika kita melihat kesuksesan Oprah Winfrey saat ini, kita mungkin berpikir, apakah dia punya tangan midas, yang setiap menyentuh apapun akan berubah menjadi emas (sukses)?

Kenyataannya, Oprah pun sudah membayar kesuksesanya saat ini dengan kegagalan. Namun ia terus menantang dirinya dan belajar dari kegagalan juga kesalahan yang ia buat.

Sikap pantang menyerah, tidak takut seperti ini yang bisanya dimiliki oleh para penggerak dan mereka yang terkenal karena pengaruhnya.

#3. Put Yourself Out there

To be successful you have to be out there, you have to hit the ground running.”

Richard Branson

Pendiri Majalah “Virgin” ini tidak meminta kita untuk beraktivitas di luar rumah agar sukses (meskipun relaks dan beraktivitas di luar rumah juga oke). Yang dimaksud adalah “taking action“.

KIta boleh punya rencana yang keren, rapi (dan sepertinya “do-able”). tapi jika tanpa action rencana tersebut tidak akan pernah ada artinya.

Rencana tanpa action hanyalah mimpi. Ambil kesempatan dan lakukan apa yang teman-teman sudah rencanakan.

#4. Miliki standar tinggi

Be a yardstick of quality. Some people aren’t used to an environment where excellence is expected.”

Steve Jobs

Kita sering iri, betapa beruntungnya seseorang yang mudah mendapatkan pekerjaan, project baru, launching produk langsung laris, dan masih banyak lagi.

Tapi ada satu hal yang sering kita lupa; mereka telah menyiapkan diri untuk pencapaian tersebut cukup lama. Mereka belajar, terus mencoba, hingga mencapai hasil dengan kualitas yang mereka impikan.

Membangun value(s) yang penting bagi kita dan bertahan dengan value tersebut, sama arti dengan menunjukkan integritas. Sifat seperti ini, jika digabungkan dengan kerja keras, seringkali membuahkan kesuksesan seumur hidup.

#5. Persistent

Persistence is very important. You should not give up unless you are forced to give up.”

Elon Musk

Apapun tujuan yang kita pilih, kritik dan hambatan akan selalu ada. Dan hanya mereka yang gigih dalam semangat dan tidak mau terhalang oleh kegagalan, yang akan memiliki peluang mencapai sukses.

Caranya? Kenali potensi, bangun dan pupuk self efficacy, agar tidak mudah menyerah.

Ingin belajar lebih banyak tentang self efficacy? Coba baca pada artikel “Self Efficacy dan Goal Settings“.

Masih ada banyak tips sukses yang bisa kita pelajari dari para tokoh sukses, tapi hari ini kita bahas lima dulu, ya. Insya Allah lain kali Mindshare unggah lagi, agar dapat dijadikan pelajaran dalam membuat perubahan hidup. Sampai jumpa di artikel inspirasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *