fbpx

Self Efficacy, Modal Mencapai Goals Setting

1 min read

cara membuat tim mencapai target

Saat masuk grup bisnis atau para pelaku UMKM, ada satu pertanyaan yang sering ditanyakan, oleh para leader, ketua kelompok reseller, atau malah si owner, yaitu

Bagaimana agar tim tangguh mencapai target?”

Bagi sebagian orang, target, goals setting memang bisa sangat menakutkan, tidak peduli kita memotivasi mereka sampai berbusa-busa, atau diimingi dengan uang puluhan juta.

Motivasi memang bisa menjadi modal, goals setting memang bisa menjadi dorongan, tapi ada satu modal yang masih jarang dibicarakan orang, self efficacy.

Bahasan self efficacy ini dibahas pertama kali oleh Albert Bandura, seorang psikolog yang menfokuskan penelitiannya pada peran modelling, motivasi, pemikiran, dan bagaimana kita mengambil tindakan.

Self efficacy diartikan sebagai keyakinan pada diri sendiri bahwa kita mampu mengambil tindakan (action) yang diperlukan untuk meraih tujuan (goals), menuntaskan pekerjaan, atau menjawab tantangan.

Self efficacy sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti

  • Pengalaman pribadi atas kesuksesan dan kegagalan, serta bagaimana kita menanggapinya
  • Modelling, orang sukses yang kita kenal dan kita ketahui track record kesuksesannya,- entah kita kenal secara langsung atau hanya sekedar membaca buku dan kita dengar ceritanya
  • Kondisi psikologi. Tentu saja jika kita tidak “sedang baik-baik saja” akan sangat sulit untuk mengajak diri kita mencapai goals yang kita inginkan
  • Perhatian orang-orang terdekat. Bentuknya dapat berupa pujian, dorongan semangat, atau penghargaan dalam bentuk lain.
  • Visualisasi masa depan. Menginginkan kehidupan yang lebih baik di masa depan dapat menjadi pemicu dan semangat untuk bergerak dan bangkit saat gagal.

Jadi, jika ingin melihat tim selalu bersemangat mengejar target, cobalah ajak tim untuk meningkatkan self efficacy mereka. Caranya bisa dengan setting target yang lebih realitis, sehingga tidak terlalu menakutkan untuk tim.

Pengalaman keberhasilan ini nantinya dapat kita gunakan untuk meningkatkan self efficacy tim.

Cara lain, cobalah ajak tim untuk bergabung dengan kelas online 27 Hari Mengubah Hidup dari ruangtraning .com.

Dalam kelas ini tim dan teman-teman dapat belajar memupuk self efficacy, yang tidak hanya berguna untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja, namun juga memperbaiki semua aspek kehidupan kita.

Dan jika teman-teman adalah leader itu sendiri, jangan lupa, senantiasa cek self efficacy teman-teman. Jangan-jangan self efficacy teman-teman sebenarnya juga rendah, sehingga nular ke tim yang lain.