fbpx

Ingin Mengubah Hidup? Bangunlah Sistem, Tidak Sekedar Goals atau Kebiasaan Baik

1 min read

membangun sistem yang mengubah hidup

Sering merasa kurang waktu produktif? Sudah susah payah membangun kebiasaan baik, tapi hidup tidak berubah? Coba bangunlah sistem yang dapat memperbaiki kualitas hidup teman-teman.

Membangun sistem yang tepat, sering disebut lebih besar dan lebih baik dibanding self improvement. Sistem merupakan tools atau alat yang membuat kita berubah. Ia adalah sekumpulan action yang konsisten kita lakukan. Sebuah sistem kerja yang akan membuat pekerjaan kita menjadi semakin mudah dan lebih dapat di prediksi hasilnya.

Contoh mudahnya, jika setiap minggu kita membuat jadwal membersihkan rumah, hasilnya rumah akan bersih. Tapi ini hanya sementara saja, sampai nanti berantakan lagi, karena kita memang tidak biasa meletakkan kembali barang ketempatnya, atau lebih menumpuk sampah dimana-mana.

Tujuan dari membangun sistem ini adalah membuat cara yang membantu kita untuk membangun habit yang permanen, dan tercapainya goals dengan lebih mudah.

Dengan membangun sistem, kita akan terhindar dari jebakan, “Aku akan merasa sukses dan hepi kalau sudah menyelesaikan tugas A, B, C”; yang jika tidak tercapai, bisa saja berpotensi membuat kita stres, bahkan kehilangan kepercayaan diri.

Mereka yang terbiasa dengan waktu yang produktif dan efisien, juga membangun sistem yang bermanfaat dan sesuai dengan gaya hidup mereka.

Karena itu sistem sifatnya memang sangat personal. Tidak sama antara satu dengan yang lain. Meski kemungkinan mirip sudah pasti ada.

Jadi, cobalah untuk mencari sistem seperti apa yang cocok dengan gaya hidup teman-teman. Dan berikut ini 6 langkah untuk membangun sistem yang mengubah hidup.

Cara membangun sistem untuk mengubah hidup

1. Tentukan goals yang ingin dicapai

Contoh goals: subscriber channel tambah 100 orang.

Tentukan berapa waktu yang bisa teman-teman gunakan dalam project ini. Jangan lupa pertimbangkan hal lain yang mempengaruhi alokasi waktu teman-teman. Misalkan jam pulang-pergi kuliah atau ngantor, ngobrol dengan keluarga, olahraga, dan lain sebagainya. Semakin detil teman-teman mengatur penggunaan waktu, akan semakin mudah menentukan alokasi waktu.

2. Tentukan tugas mana yang paling penting

Daftarkan semua hal yang teman-teman rasa akan mendatangkan subscriber 100 orang dalam sebulan. Pilih dari daftar tersebut 2-3 hal yang perlu dilakukan dan ada dalam kendali teman-teman.

3. Buatlah rencana bulanan dengan rapi

Teman-teman bisa gunakan aplikasi perencanaan seperti Notion, Trello, Tick tick, Nimbus, Google Calendar, dan masih banyak lagi.

Tetapkan kapan waktu teman-teman mencari ide, mengumpulkan referensi, recording video, editing, termasuk juga promoting channel.

4. Tentukan 3 tugas terpenting setiap hari dan lakukan sesuai alokasi waktu yang sudah teman-teman rencanakan.

Jangan lupa lakukan juga evaluasi progress dari action tersebut. Apa gangguan yang muncul, apa keberhasilan yang dicapai, dan seterusnya.

Bila uraian diatas masih terasa membingungkan, -terutama masih bingung untuk memilih tujuan ataupun cara membangun sistem yang tepat,- bergabunglah dengan kelas 27 Hari Mengubah Hidup batch kedua.

Ada banyak materi yang akan teman-teman peroleh; mulai dari mengubah mindset, menemukan Ikigai, membangun habit, goal settings, hingga willpower management.

Sudah banyak yang merasakan manfaat di kelas ini. Dan sebagian besar telah merasakan perubahan hidup yang signifikan.

Penasaran? Segera kunjungi halaman ruangtraining.com, dan dapatkan kelas 27 Hari Mengubah Hidup dengan harga terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *