fbpx

8 Ide Kebiasaan Baik yang Bermanfaat untuk Mengubah Hidup

2 min read

olahraga salah satu Kebiasaan baik untuk mengubah hidup

Tidak semua hal dapat kita jadikan atau bangun menjadi kebiasaan baik. Seperti pada post lalu, kita perlu memilah kebiasaan mana yang dapat membantu kita untuk mencapai goals di setiap kategori hidup kita.

Kriteria lainnya, habit atau kebiasaan itu disebut okay, jika dapat meningkatkan kulaitas hidup kita.

Tapi kebiasaan apa saja yang bisa kita adopsi? Berikut 8 ide kebiasaan baik, yang dapat membantu teman-teman meningkatkan kualitas hidup, dan atau menjadi pendukung dalam mencapai tujuan hidup.

8 Ide kebiasaan baik

#1. Olahraga

Kita semua tentu setuju jika olahraga baik untuk tubuh kita. Entah itu latihan pembentukan otot, streching, atau hanya sekedar cardio ringan, semua bermanfaat untuk menguatkan tubuh, menaikkan level energi, dan mencegah datangnya penyakit.

Membangun kebiasaan baik berolahraga, tidak harus selamanya ke sanggar olahraga. Ingat, salah satu syarat membangun kebiasaan baik adalah lakukan yang termudah. Tiga puluh menit jalan kaki di lingkungan rumah juga okay.

#2. Membuat prioritas harian

Salah satu strategi terbaik dari hidup yang produktif adalah menentukan prioritas. Strategi lainnya adalah fokus. Tanpa fokus, kita tak akan pernah menyelesaikan apapun.

Dan membuat prioritas membantu kita untuk fokus pada satu kegiatan di satu waktu.

Jadi, tentukan dengan pasti apa yang ingin capai setiap bulan, minggu, dan tentu saja, setiap hari.

#3. Membaca

Kegiatan ini sepele, sangat ringan, dan sangat mudah. Namun sungguh, membaca bukan kegiatan yang mudah untuk dibangun. Entah karena kesibukan, atau sekedar tidak suka membaca.

Padahal membaca tidak hanya membantu kita memiliki punya banyak solusi saat menghadapai masalah, tapi juga membantu kita menjadi seorang yang mampu berpikir lebih baik dan terorganisasi.

“Tapi aku tetap nggak suka baca, pusing.” Tidak apa, tidak masalah. Coba adopsi cara berpikir ini, agar kita mau bergerak membaca.

Ada banyak hal di dunia ini yang tidak kita sukai, tapi kita tetap melakukannya. Jadi, kenapa tidak memasukkan saja membaca kepada kategori tersebut. Lalu pelan-pelan coba nikmati. Dan rasakan keajaibannya suatu hari nanti.

#4. Tidur cukup

Sudah banyak penelitian tentang manfaat tidur untuk meningkatkan kualitas hidup kita.

Mulai dari lebih sehat, lebih mudah fokus, kreatif, menjaga emosi, dan menjaga level energi yang terus tinggi.

Beberapa orang mungkin cukup dengan tidur 5 jam sehari, tapi kebanyakan dari kita butuh 6-8 jam sehari agar dapat terus produktif sepanjang hari.

#5. Bersyukur

Tidak ada yang dapat membuat kita lebih bahagia selain bersyukur. Sayangnya, kebiasaan ini termasuk hal yang paling mudah untuk diabaikan.

Padahal bersyukur dapat menjaga emosi kita tetap positif, sehingga kita dapat memiliki performa baik sepanjang hari.

Setiap pagi, cobalah mulai praktek membuat jurnal bersyukur . Tidak perlu yang terlalu rumit, mulailah bersyukur dari hal-hal yang kecil, seperti cerahnya pagi, udara yang sejuk, atau malah berterima kasihlah karena kita masih dapat bangun di pagi hari ini. Karena satu hari baru, sama arti kesempatan baru.

#6. Meditasi

Kesibukan kita sehari-hari, sering membuat kita lupa untuk menikamti momen saat ini, detik ini. Dan kita hanya bisa merasa bahagia jika kita telah mencapai goals tertentu.

Mulai hari ini, cobalah untuk hening sejenak. Nikmati saat ini, momen detik ini, dan bersyukurlah.

#7. Mencatat pengeluaran

Apakah gajian teman-teman adalah gaji persepuluhan, “tiap tanggal 10 gaji sudah tidak ada di tangan”? Nah, itu tandanya, sudah tiba masanya teman-teman mulai mencatat pengeluaran.

#8. Menulis

Sering merasa pusing karena kepala penuh dengan pikiran ini dan itu? Cobalah adaptasi kebiasaan menulis setiap hari.

Menulis membantu kita berpikir lebih runut, melatih disiplin, termasuk kemampuan persuasi.

Ingin lebih banyak mendapatkan ide kebiasaan baik yang sesuai dengan goals kita? Cobalah bergabung dengan dengan kelas 27 Hari Mengubah Hidup dari ruangtraining.com.

Selama 27 hari, teman-teman akan belajar mengubah mindset, membuat goal setting, serta menemukan bakat dan kemudian menggunakannya untuk mencapai tujuan hidup teman-teman.