fbpx

Prokrastinasi, Mengapa Kita Melakukannya, dan Apa Solusinya

1 min read

tips mengatasi penundaan

Apa musuh terbesar dari produktivitas? Bagi saya, jawabannya adalah prokrastinasi, alias kebiasaan menunda.

Fokus, manajemen waktu bisa diusahakan (copy time table teman misalnya), tapi kebiasaan menunda akan membuat dua hal tersebut tidak ada guna.

Prokrastinasi, dan alasan kita melakukannya

Piers Steel, penulis buku The procrastination Equation; Hot to Stop Putting Things Off and Start getting Stuff Done mendefinisikan prokrastiansi sebagai

Menunda dengan sukarela kegiatan yang ingin dilakukan meskipun tahu akibat buruk dari penundaan tersebut

Dengan kata lain, prokrastinasi adalah melakukan kegiatan yang lebih menyenangkan dibanding kegiatan yang kurang menyenangkan, meskipun hal tersebut penting.

Kegiatan penundaan ini biasanya terjadi karena merasa pekerjaan yang harus dilakukan terasa sulit, berat, menuntut tanggung jawab lebih, atau malah merasa takut membuat kesalahan.

Alasan orang menunda atau prokrastinating

Kita sering melabeli diri kita sebagai seorang pemalas saat melakukan penundaan. Lucunya, penelitian terbaru menyebutkan jika kebiasaan menunda tidak ada hubungannya dengan “kemalasan”.

Penyebab orang suka menunda berbeda-beda, bisa karena emosi (yang mempengaruhi kurangnya motivasi), ketidakmampuan untuk fokus dan mengatasi hal-hal yang ditakuti.

Apapun alasannya, prokrastinasi tetaplah buruk, bisa membuat kita kehilangan waktu dan juga kesempatan.

Sayangnya, prokrastinasi bukan hal yang mudah untuk diatasi. Terutama karena penundaan ini sangat terkait dengan pengendalian diri.

Menurut Dr. Roy Baumeister, psikolog dari Universitas Negeri Florida, pengendalian diri pada manusia sangatlah terbatas, sifatnya seperti otot tubuh yang kekuatannya bisa “menurun” dan mudah lelah.

Nah, saat self-control menurun, atau malah habis, otomatis kita pun akan lebih memilih melakukan pekerjaan yang lebih menyenangkan. Prokrastinasi atau menunda pekerjaan, menjadi strategi “melarikan diri” dan mencari kenyamanan.

Sifat alami dari pengendalian diri ini pula yang menjadi alasan mengapa prokrastinasi sulit dikalahkan; kita bertarung dengan musuh yang sudah kita bawa sejak lahir.

Jadi, apa solusinya, ataukah kita biarkan saja? Tentu saja tidak.

Solusi mengatasi penundaan

Untuk mengatasi penundaan atau prokrastinasi, hal pertama yang perlu teman-teman lakukan adalah mengetahui apa penyebab utama dari sikap prokrastinasi yang teman-teman lakukan. Kemudian bangunlah sistem atau cara bekerja, berdasar penyebab utama tersebut.

Jika penundaan terjadi karena banyaknya pekerjaan, cobalah buat daftar kembali pekerjaan mana yang bisa didelegasikan dan mana yang perlu dikerjakan sendiri.

Jika sulit menyelesaikan pekerjaan karena ide kreatif lebih sering muncul mendekati deadline; coba buat timeline terkait dengan pekerjaan tersebut, dan buat deadline kecilnya.

“Tapi saya tidak bisa menemukan masalah awal dari prokrastinasi ini. Pokoknya merasa nggak punya semangat saja?”

Nah, jika ini masalahnya, berarti teman-teman perlu bergabung di kelas Anti Penundaan pada tanggal 15-20 Maret 2021 ini.

Dalam kelas ini teman-teman akan diajak untuk:

  • Menemukan apa sebenarnya akar dari penundaan dan apa solusinya
  • Mengatasi kebiasaan menunda yang sudah melekat bertahun-tahun
  • Mengatur ulang mood dan motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan
  • Belajar trik mengerjakan tugas yang membosankan
  • Mengatasi godaan mencari kesenagan sesaat
  • Teknik praktis mengatasi penundaan dalam hitungan menit
  • Melatih sensivitas terhadap waktu

Oya, kelas kali ini spesial lho, karena akan dimentori juga oleh seorang psikolog yang akan membantu menemukan apa sebetulnya yang membuat teman-teman melakukan penundaan (rasa takut gagal, khawatir pekerjaan tidak sempurna, lelah emosi, dan lain sebagainya).

Ingat, akar masalahnya bukan di yang terlihat, akar masalahnya selalu di yang tak terlihat.

-Darmawan Aji-

Silahkan ikuti tautan berikut untuk mendaftar di Kelas Anti Penundaan: https://ruangtraining.com/kelas-anti-penundaan/

Bottom line:

Prokrastinasi muncul karena banyak alasan dan hanya kita sendirilah yang tahu apa yang menjadi penyebabnya.

Mengerti dan tahu apa yang menjadi sumber dari prokrastinasi akan membantu teman-teman mengatasi rasa bersalah, mengubah mindset, dan menemukan momen produktif teman-teman kembali.

Sampai jumpa di kelas, ya. 😊