fbpx

7 Quotes Motivasi, Inspirasi dari Buku Atomic Habits

2 min read

inspirasi motivasi dari buku atomic habits

Teman-teman salah satu penggemar buku Atomic Habits? Karya best seller James Clear ini, tidak hanya berisi tips praktis membangun kebiasaan baik, tapi banyak juga quotes motivasi yang dapat kita jadikan reminder saat sedang berusaha membangun habits.

Berikut ini, 7 quotes motivasi yang ada dalam buku Atomic Habits.

Quotes motivasi inspirasi ringan dari buku Atomic Habits

#1. All big things come from small beginnings. The seed of every habits is a single, tiny decision.

Jika bicara tentang kesuksesan, kita sering berfokus pada hasil, atau tujuan akhir, bukan proses. Bahkan kadang kita merasa jika keputusan atau perubahan besar akan memperceapat hasil.

Padahal seperti kata pepatah di negeri kita “tidak akan ada seribu langkah, tanpa ada satu langkah pertama”.

Jadi, jika memnag punya goals besar, penting sekali untuk memecahnya menjaid goals kecil, dan lakukan action

Misalkan saat ingin terbiasa membaca Al-Qur’an seusai sholat; mulailah dari membaca setengah halaman, jika masih terlalu panjang dan membuat kita lelah, baca saja 10 ayat dulu. Bila sudah terbiasa, baru tingkatkan jumlahnya atau rentang waktunya.

#2. The task of breaking a bad habits is like uprooting a powerful oak within us.

Jika membangun kebiasaan baik perlu dimulai dengan membuat kebiasaan semudah mungkin, maka mengurangi kebiasaan buruk dapat dimulai dengan menjadikan pelaksanaannya tidak praktis atau sulit.

Ingin mengurangi minum kopi instan? Jangan sediakan kopi instan di rumah. Buat diri teman-teman harus berjalan ke warung terlebih dahulu jika ingin minum kopi instan.

Ingin mengurangi scrolling di beranda media sosial? Jangan instal aplikasinya. Buat akses media sosial dari aplikasi peramban, plus jangan pilih simpan password otomatis. 😀

Artikel terkait: Punya kebiasaan buruk yang ingin diubah? Coba ikuti 3 langkah berikut ini.

#3. The task of building a good habit is like cultivating a delicate flower, one day at a time .

“Kebiasaan adalah bunga majemuk dalam perbaikan diri,” begitu James menulis dalam bukunya.

Maksud dari quotes motivasi ini, ketika kita membuat perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari, hasilnya mungikin tidak banyak memberikan manfaat, tapi akan membantu mendapatkan hasil yang membanggakan suatu hari nanti.

#4. Goals are good for setting a direction, but systems are best for making progress.

-James Clear-

Sistem Konmari beberapa waktu lalu sangat populer, dan membuat banyak kaum ibu tergerak untuk merapikan rumahnya.

Namun, hal ini akan percuma jika tidak diikuti dengan kedisiplinan membeli barang hanya sesuai kebutuham, atau mengikuti sistem beli satu barang, keluar satu barang misalnya.

Fokus pada meraih sasaran hanya akan mengubah hidup sesaat; dan hal ini berkebalikan dengan tujuan perbaikan.

Kita mengira yang perlu diubah adalah hasil, padahal yang perlu dperbaiki adalah cara atau sistem yang membuat kita meraih hasil tersebut.

#5. Good habit can make rational senses, but if they are conflict with your identity, you will fail to put them into action.

Pernah mengamati (atau mungkin mengalami) saat berkomitmen mengurangi karbohhidrat, kentang goremg, singkong goreng, atau ketan hitam malah terlihat lebih lezat?

Ini karena yang sdan kita usahakan ubahadalah hasil dari sikap tersebut (ingin langsing misalnya). Beda ketika aktivitas mengurangi karbohidrat merupakan salah satu pola makan identitas orang-orang yang bergaya hidup sehat.

Aktivitas yang tidak sejalan dengan identitas kita, akan terasa sulit untuk dijalankan, karena dasarnya otak kita memang tidak menyukai ketidaknyamanan?

Jadi, jika ingin mengubah hidup atau membangun kebiasaan baru, tanyakan pada diri, apakah aktivitas tersebut selaras dengan identitas kita.

Jika identitas tersebut belum dimiliki, maka jadikan identitas tersebut sebagai tujuan perubahan.

#6. Some people spend their entire lives waiting for the time to be right to make an improvement.

Sebagain besar dari kita merasa, penyebab utama rencana perubahan tidak segera terlaksana, karena kita kurang motivasi.

Padahal, solusinya sederhana saja; kita hanya perlu menambahkan dua hal saja pada rencana yang dibuat, kapan dan dimana rencana tersebut akan dilaksanakan.

Cukup lengkapi rancangan pelaksanaan dengan, “Aku akan (aksi yang ingin dilakukan) pada (waktu) di (lokasi).

Contoh action dari quotes motivasi di atas

  • “Aku akan sit up 5 kali setiap angun tidur, dikasur”
  • “Aku akan olahraga 30 menit setelah suami berangkat kerja, di ruang tamu.”
  • “Aku akan membaca 2 halaman buku Self-Coaching, sesusai membaca Qur’an, ranpa berdiri dari tempat aku sholat.”

#7. The greatest threat to success is not failure but boredom. We get bored wih habits because they stop delighting us. The outcome become expected. And as our habits become ordinary, we start derailing our prgress to seek novelty.

Saat kebiasaan sudah terbentuk, sangat mungkin kita menjadi bosan, dan gairah untuk mempertahankan kebiasaan tersebut memudar.

m-Namun kemapuan untuk terus berusaha melakukannya, meski kebiasaan tersebut tidak menarik lagi-, adalah cara yang membuat kita berbeda.

Seperti yang James tulis pada bab 19 akhir, “Profesional bertahan pada jadwal, amatir mencari alasan untuk menghindarinya“.

So, just hang in there, Kawan.