fbpx

Manajeman Waktu untuk Ibu Bekerja dari Rumah

2 min read

mengatur waktu untuk ibu rumah tangga

Manajemen waktu adalah ketrampilan. Karena itu seperti ketrampilan lainnya, manajeman waktu perlu dilatih; tidak untuk mencari kesempurnaan, namun sistem yang sesuai dan tepat untuk kita.

Bagi ibu yang bekerja dari rumah, manajemen waktu adalah tantangan yang palng sulit untuk dikalahkan. Ketika satu hambatan terselesaikan, gangguan lain pun datang.

Namun, bukan seorang ibu namanya jika mudah menyerah. Tips berikut semoga membantu ibu untuk lebih produktif bekerja dan mengatasi masalah manajeman waktu sebelum semua ambyar, dan tidak ada pekerjaan yang dapat diselesaikan.

Tips manajemen waktu untuk ibu yang bekerja dari rumah

#1. Buat jadwal

Aturan pertama dari manajemen waktu tidak berubah, planning atau membuat jadwal.

Jika mungkin, tentukan jam kerja ibu sebelumnya, agar keluarga di rumah tahu kapan ibu akan mengerjakan pekerjaan profesional ibu. Jika sudah mendapatkan waktu yang tepat, barulah buat daftar to-do dari pekerjaan yang harus ibu selesaikan di hari berjalan.

Nasehat orang tua jaman dulu untuk mengerjakan tugas ibu setiap anak tidur siang, mungkin bisa dilakukan. Sayangnya, waktu tidur siang anak seringkali berubah, dan biasanya ini malah akan menjadi tantangan baru untuk ibu. Saat anak tak kunjung tidur, ibu akan bisa stres dan hilang kesabaran.

Jadi, cobalah buat jadwal yang tetap kapan ibu akan bekerja, dan ijinkan anak untuk membiasakan diri dengan kegiatan ibu.

#2. Multitasking dengan cerdas

Ya, semua ahli produktivitas memang berkata, multitasking itu melelahkan! Sayangnya, dunia nyata mengajarkan jika ibu memang harus multitasking.

Karena itu multitasking lah dengan cara yang cerdas. Cobalah kombinasikan pekerjaan fisik dengan pekerjaan mental. Tiga contoh di bawah ini mungkin bisa jadi inspirasi

  • Menyimak podcast sambil melipat baju
  • Membaca referensi pekerjaan sambil antri di depan kasir
  • Memikirkan strategi membangun jaringan reseler sambil jalan-jalan sore

#3. Bangun rutinitas, tapi tetaplah fleksibel

Rutinitas membantu aktivitas keluarga berjalan lebih baik, membantu anak-anak merasa lebih nyaman, bahkan membantu mereka memahami peralihan peran ibu sebagai seorang pekerja profesional.

Coba biasakan melakukan pekerjaan profesional ibu di waktu yang sama (mengecek email, menelpon klien, mengadakan meeting). Cara ini akan membantu anak-anak paham kapan ibu melakukan pekerjaan profesional, kapan ibu akan hadir penuh untuk mereka.

Oya, jangan lupa, ada banyak hal yang berubah di sekitar kita. Klien baru yang memaksa ibu harus mengubah jam kerja, sekolah anak yang tiba-tiba menjadi PJJ, perubahan shift kerja suami, dan banyak lagi.

Jadi jangan lupa, siapkan diri untuk mengubah rutinitas kapan saja.

#4. Pahami diri sendiri (dan keluarga)

Tidak ada manajeman waktu yang berlaku untuk semua orang. Setiap individu dan keluarga memiliki kebiasaan, kesibukan, kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Termasuk dalam hal mengatur waktu.

Sebagian dari kita mungkin sedang belajar mengalahlan prokrastinasi, sebagian lain sedang berjuang menghilangkan distraksi.

Jadi, mengenali bagaiaman kebiasaan ibu terhadap pekerjaan; apa kelebihan dan kelemahan ibu (termasuk anggota keluarga), adalah aturan pertama yang harus ibu lakukan agar ibu dapat membangun sistem manajeman waktu yang tepat.

Artikel terkait: 6 Sistem Produktivitas, Mana yang Tepat untuk Ibu?

#5. Gunakan perlengkapan kerja dengan efektif

Internet, komputer, handphone adalah perlengkapan yang tidak dapat dipisahkan dari ibu yang bekerja dari rumah.

Tapi ketiga hal tersebut juga berpotensi mengalihkan perhatian ibu dari pekerjaan. Asik scrolling Facebook padahal hanya ingin riset pasar; cuci mata di e-commerce hanya karena ada notifikasi flash sale muncul, asik berbalas pesan dengan teman, padahal ngakunya hanya konsultasi.

Jadi jangan lupa gunakan semua fasilitas bekerja ibu dengan bijak. Jika perlu lacak penggunaan waktu ibu sehari-hari. Biasanya menyadari bagaimana kita menggunakan waktu, membuat ibu aware seberapa baik manajemen waktu ibu.

Selamat mencoba, semoga 5 tips manajemen waktu di atas dapat membantu ibu bekerja dari rumah dengan lebih baik.