fbpx

Tahapan Pengembangan Diri

2 min read

tingkatan self-development

Jika berdiskusi tentang self-development atau pengembangan diri, artinya kita bicara satu topik yang bisa ditanggapi berbeda oleh setiap orang.

Perbedaan tersebut ada karena makna self-development sendiri sudah menggambarkan adanya “tahapan perkembangan diri“; jadi wajar, jika tanggapan setiap orang bisa berbeda satu dengan yang lainnya.

4 Tahapan self-development

Ada 4 tahapan yang biasanya kita lalui dalam proses bertumbuh. Menyadari 4 tahap ini akan membantu kita mengetahui, sudah sejauh mana perjalanan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Tahap self-development #1. Pencarian (discovery)

Pernahkah merenung, mengapa kita memilih mengatur menu makan setiap hari, menulis jurnal, membuat planning, trial manajemen waktu,- apapun itu,- yang kita anggap bisa menjadikan kita lebih baik dari hari ke hari?

Jika mau jujur, biasanya awal dari semua hal tersebut adalah sebuah kegagalan, masa-masa sulit yang membuat kita tidak bahagia.

Kita mau bersusah payah mengatur waktu, bisa jadi karena kita pernah merasa stres, sibuk dengan pekerjaan yang tidak ada habisnya.

Alasan kita bersedia bangun pagi, menahan diri dari mengkonsumsi makanan favorit, karena kita tahu betapa sedihnya kehilangan keluarga karena menderita penyakit tertentu.

Begitulah, tanpa alasan yang tepat, biasanya kita memang susah memulai sebuah perubahan.

Setiap orang pernah mengalami masa sulit, dan pada masa inilah, biasanya kita akan tergerak untuk menemukan jawaban; “kenapa aku“, “bagaimana aku harus mengatasi hal ini“, “apa cara terbaik untuk tetap bertahan“, dan seterusnya.

Pada fase inilah kita mulai menyadari jika ilmu self-development bisa membantu kita menemukan jawaban-jawaban atas apa yang sedang terjadi pada diri kita.

Tahap self-development #2. Konsumsi

Begitu menemukan self-development adalah jawaban dari hal-hal yang kita pertanyakan, kita mulai merasa ada harapan.

Kita pun mulai membaca buku, blog, mendengarkan podcast, mengikuti akun para motivator dan mulai menyimak video pembelajaran mereka, mendaftar pada kelas-kelas pengembangan diri, dan masih banyak lagi.

Rekomendasi kelas pengembangan diri di ruangtraining.com

Rasa ingin tahu akan pengetahuan ini rasanya tak terbatas; satu jawaban mendorong pada satu pertanyaan, menghasilkan jawaban baru, pertanyaan baru, dan seterusnya.

Tahap self-development #3. Aplikasi

Berapa buku pengembangan diri yang teman-teman baca dalam sebulan terakhir? Sudah berapa kelas self-development yang teman-teman ikuti?

Belum pernah ikut kelas self-development? Coba cek situs mindshare.id

Ada masa dimana kita ingin membaca semua buku yang disarankan oleh para Coach, mengikuti kelas-kelas yang mereka tawarkan; dan kemudian mulai tergerak untuk mengaplikasikan apa yang sudah kita pelajari.

Satu dua perubahan pun mulai terlihat dalam hidup, dan hal tersebut membuat kita ingin bergerak ke tahap self-development selanjutanya.

Tahap self-development #4. Teaching

Biasanya, ketika kita menemukan pengetahuan baru, dan kemudian telah merasakan manfaatnya, kita pun ingin membaginya kepada keluarga, teman, dan masyarakat secara luas.

Begitulah, ketika kita merasa pengetahuan yang kita pelajari telah sanggup mengubah hidup kita, biasanya kita pun berharap agar pengalaman ini dapat menjadi inspirasi bagi orang lain.

Klik disini untuk rekomendasi buku-buku mengubah hidup

Tidak berarti harus menjadi seorang mentor, karena toh menginspirasi orang lain atau berbagi pengetahuan bisa dilakukan melalui tulisan, video, podcast, dan masih banyak lagi.

Keempat tahapan diatas akan terus berulang, bahkan bisa menjadi siklus dengan semakin banyaknya hambatan yang kita hadapi, berubahnya tujuan hidup, dan keinginan kita untuk terus tumbuh.

Tahapan perkembangan diatas juga tidak selalu berjalan linear pada setiap kategori hidup kita. Bisa saja, kategori karir kita mungkin ada tahap pertama, sementara untuk kesehatan bisa jadi ada di tahap 3.

Begitulah, perjalanan mengembangkan diri kita memang tak akan pernah berhenti. Namun seiring dengan perjalanan tersebut, kita juga akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Jadi, ada pada tahap berapa pengembangan diri teman-teman saat ini?