fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Dua Kunci Pemicu Tindakan

1 min read

“Vision without execution is hallucination” ~Thomas Alfa Edison

Setelah punya LIFE PLAN, lalu apa? Tentu saja, tahap berikutnya adalah mengambil tindakan. Tidak cukup kita menjadi planner yang baik, kita pun perlu menjadi doer yang baik. Saya melihat, banyak orang “gagal” di tahap ini.

Lalu, bagaimana cara memicu tindakan? Saya melihat semboyan “Take Action Now!” “Just Do It” tidak selalu berhasil memicu tindakan. Setelah menangani berbagai macam klien dalam sesi coaching, saya menemukan setidaknya ada dua hal yang dapat memicu tindakan.

  • Pertama, state.
  • Kedua, struktur.

Yuk kita bahas satu per satu.

dua-kunci-pemicu-tindakan

State

State adalah istilah dalam disiplin ilmu NLP (Neuro-Linguistic Programming). Lengkapnya state of mind keadaan pikiran-perasaan-tubuh tertentu. Dalam konsep NLP, perilaku dan tindakan kita dipengaruhi oleh state kita. State itu bisa berbentuk emosi, mood, atau perasaan tertentu. Marah, sedih, bad mood, percaya diri, khusyu. Itu semua adalah contoh-contoh state. Setiap state tertentu menghasilkan perilaku tertentu. Setiap tindakan tertentu membutuhkan state tertentu. Misalnya, kita punya performance goal menulis satu halaman per hari. Agar goal ini tercapai, tentu saja kita perlu mood (baca: state) yang tepat agar kita terdorong untuk melakukannya. Kita juga perlu tahu bagaimana cara mengakses state tersebut sehingga tindakan menulis satu halaman per hari ini bisa dieksekusi dengan baik. Di kelas NLP Essential Modul 1: Personal Excellence, teman-teman akan belajar banyak hal untuk mengakses state ini. Dalam artikel ini, saya akan sharing salah satu cara, yaitu mengakses state dengan pertanyaan. Kita tanyakan ke diri kita empat pertanyaan berikut:

  • State apa yang saya perlukan agar mampu menulis satu halaman saat ini?
  • Apa yang perlu saya katakan dalam hati agar saya mampu menulis satu halaman saat ini?
  • Apa yang perlu saya pikirkan/bayangkan dalam benak agar saya mampu menulis satu halaman saat ini?
  • Apa yang perlu saya rasakan agar saya mampu menulis satu halaman saat ini?

Lalu, katakan, pikirkan, bayangkan dan rasakan jawaban dari pertanyaan di atas.

Struktur

Struktur adalah segala sesuatu yang mengelilingi kita. Lingkungan yang kita atur secara sadar untuk mendukung kita untuk bertindak. Manusia, pada dasarnya, sangat mudah terpengaruh oleh lingkungannya. Saat lingkungannya tepat, perilaku yang diperlukan pun muncul. Misalnya, untuk melakukan perilaku di atas: menulis satu halaman per hari. Tanyakan: bagaimana cara saya mengatur lingkungan agar mampu menulis satu halaman per hari? Jawabannya bisa saja:

  • Menyediakan waktu khusus di pagi hari, misalnya setiap pk.04.45-05.30. Waktu yang bebas distraksi dari anak-anak dan pekerjaan lainnya.
  • Menyediakan meja khusus untuk menulis. Meja tersebut harus bebas dari distraksi/gangguan.
  • Musik pengiring tertentu yang meningkatkan mood untuk menulis.

Nah, mengatur lingkungan seperti ini akan membantu kita memunculkan state yang diperlukan untuk bertindak.

Maka:

  • Apa tindakan yang perlu Anda lakukan secara rutin untuk mewujudkan tujuan Anda?
  • State apa yang diperlukan untuk memunculkan tindakan tersebut?
  • Bagaimana Anda akan mengatur lingkungan Anda untuk mendukung perilaku tersebut?

Jawab pertanyaan di atas, lalu bertindaklah.

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *