fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

7 Manfaat Planner untuk Produktivitas

1 min read

Menggunakan planner dalam merencanakan aktivitas memiliki segudang manfaat. Berikut ini 7 manfaat planner untuk produktivitas.

Pertama, memetakan prioritas.

Semua orang ingin lebih produktif bukan? entah di tempat kerja maupun di rumah. Planner yang tepat akan membantu Anda untuk menuntaskan prioritas Anda satu per satu sehingga Anda menjadi semakin produktif dari hari ke hari.

Kedua, memfokuskan tindakan.

Keberhasilan hanya bisa dicapai bila kita memiliki fokus yang tepat. Planner akan membantu Anda untuk memprioritaskan tindakan dan fokus Anda sehingga Anda bisa mencapai hal-hal penting dalam hidup Anda dengan efektif.

Ketiga, membantu mengelola waktu.

Merasa tidak punya waktu untuk melakukan sesuatu yang penting? Bisa jadi ini terjadi karena Anda tidak menjadwalkan waktu Anda dengan efektif. Menggunakan planner akan membantu Anda mengelola waktu lebih efektif.

Keempat, melacak kemajuan

Menurut riset dari Dr. Richard Wiseman, salah satu hal yang membantu pencapaian tujuan adalah melacak tindakan yang kita lakukan. Planner yang tepat akan membantu Anda untuk melakukan hal ini.

Kelima, meningkatkan kebahagiaan.

Berhasil menuntaskan apa yang Anda rencanakan akan memicu hormon endorfin. Hormon ini akan menciptakan rasa bahagia dalam diri Anda. Saat Anda menuliskan rencana, melaksanakannya dan “menceklis”-nya dari planner setelah menuntaskannya, akan muncul rasa terpenuhi yang membahagiakan dalam diri Anda.

Keenam, merekam Informasi

Planner bermanfaat untuk merekam berbagai tugas, janji, dan catatan. Tempat menyimpan segala sesuatu informasi sehingga kita dengan mudah memanggilnya saat kita membutuhkannya.

Ketujuh, mengurangi stress dan kecemasan

Stress muncul dalam berbagai bentuk. Salah satu yang paling sering muncul adalah dalam bentuk merasa kewalahan. Entah karena padatnya jadwal, terlalu banyaknya janji atau karena terlalu banyak “makanan” yang kita taruh di piring kita. Menumpahkan isi pikiran dalam kertas sangat membantu Anda dalam mengurangi stress, kecemasan dan kelelahan mental.

Jadi, sudahkah Anda menggunakan planner?

.

.

.

PS. Sudah pernah lihat planner rancangan saya? Cek di: jurnalproduktivitas.com

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.