fbpx

Bagaimana Menentukan Prioritas sebagai Seorang Entrepreneur

1 min read

bagaimana membuat prioritas

Akhir tahun mulai menjelang. Sudah sampai manakah perkembangan bisnis yang teman-teman jalankan? Atau malah, masih sering bingung membagi waktu antara operasional, mengembangkan bisnis, dan belajar?

Menentukan prioritas atau memilih task mana yang perlu kita dahulukan memang bukan hal yang mudah. Semua seolah terlihat penting, dan harus selesai hari ini juga. Padahal waktu kita akan selalu sama, 24 jam.

Tips memilah prioritas

Sukses jaman sekarang tidak ditandai dengan panjangnya waktu kerja. Sebaliknya, bagaimana kita memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang penting adalah tanda kita sukses menyeimbangkan hidup kita.

Berikut tips agar teman-teman lebih mudah menetukan prioritas untuk to-do list yang teman-teman miliki.

#1. Daftarkan jenis pekerjaan dan buat urutan prioritas

Menjadi lebih produktif artinya kita memanfaatkan waktu pada hal-hal yang tepat. Dan langkah pertamanya adalah planning.

Pilih to-do untuk dikerjakan berdasarkan prioritas tanggung jawab teman-teman.

Untuk prioritas A, cobalah pilih dengan menjawab pertanyaan “Seandainya besok tidak ada hal lain yang harus dikerjakan (tidak ada meeting, tidak ada janji menghubungi seseorang), maka to-do mana yang akan mempengaruhi bisnis dalam jangka waktu panjang?”

Apakah membuat rancangan bisnis untuk cabang baru?

Wawancara dengan calon asisten baru?

Membuat proposal untuk proyek baru?

Tetapkan waktu untuk prioritas utama ini antara 20-30 persen waktu yang teman-teman miliki.

Untuk prioritas B, adalah jenis pekerjaan yang memang harus selesai hari ini. Misalnya, menjawab orderan, memasukkan data pelanggan, mengoreksi kerja tim, dan lain sebagainya.

Oya, buat alokasi waktu di bagian ini sekitar 30-40 persen saja. Dan lakukan setelah teman-teman mengerjakan prioritas pertama.

Prioritas C adalah alokasi waktu untuk hal-hal yang tidak bisa teman-teman rencanakan, atau bukan aspek tertulis dari job deskripsi teman-teman.

Misalkan nih, waktu untuk meeting bersama komunitas, membuat laporan keuangan, membaca informasi terbaru, dan lain sebagainya.

Alokasikan waktu untuk prioritas ketiga ini antara 20-25%.

Sementara prioritas D, untuk semua jenis pekerjaan yang bisa didelegasikan, dihapus, atau malah dibatalkan.

Misalkan browsing tanpa tujuan pasti, membaca newsletter, cek email terbaru, dan lain sebagainya.

Kita perlu berhati-hati dalam menggunakan waktu micellanous ini. Usahakan waktu tersebut tidak lebih dari 5% waktu bekerja teman-teman selama seminggu.

tips menentukan prioritas agar tidak melewatkan hal penting

#2. Buat rencana mingguan

Menurut Mark Ellwood, penulis buku “The Poetic Path to Getting More Done”, membuat rencana mingguan sebaiknya tidak lebih dari 2,5 jam per minggu.

Agar proses membuat rencana mingguan ini efektif, susun daftar pekerjan sesuai prioritas diatas, dan langsung masukkan ke dalam time planner teman-teman.

Cara ini akan lebih cepat dibandingkan membuat semua daftar, dan baru menentukan prioritasnya kemudian.

Tips agar lebih efektif dalam membuat rencana mingguan

  • Buat rencana setiap pekerjaan dengan spesifik. Misalkan ingin membuat budget keuangan, maka pastikan budget apa yang hendak teman-teman.
  • Gunakan teknik block time untuk mengerjakan prioritas A. Pilih waktu yang paling sedikit gangguannya atau saat energi teman-teman paling tinggi. Untuk yang bisnisnya tergantung pada koneksi internet, pertimbangkan juga memilih waktu saat koneksi internet ada pada kecepatan yang stabil.
  • Belajarlah mendelegasikan pekerjaan. Jika selalu merasa hanya teman-teman yang dapat mengerjakan tugas tertentu, cobalah buat standar pekerjaan yang didinginkan, dan mulailah delegasikan.
  • Selalu ingat bahwa waktu kita berharga, bahkan lebih berharga dari uang.

Paham bagaimana menentukan prioritas pekerjaan tidak hanya akan membantu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Tapi memastikan jika hal penting tidak akan pernah teman-teman lewatkan.

One Reply to “Bagaimana Menentukan Prioritas sebagai Seorang Entrepreneur”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *