fbpx

Pengertian Produktif Menurut Islam Yang Wajib Anda Tahu

1 min read

produktif dalam membaca

Produktif adalah suatu kegiatan yang menghasilkan suatu yang menguntungkan atau bermanfaat bagi dirinya atau kegiatan yang di penuhi dengan hal-hal yang bermanfaat.

Inilah Pengertian Produktif Menurut Islam

Pengertian produktif menurut islam dapat disimpulkan bahwa Anda harus bekerja karena Allah dimana kegiatan produktif tersebut akan diganjar dengan riski dan juga pahala. Di sini sudah jelas bahwa Allah menyuruh kita untuk bekerja karena bekerja dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku akan bermanfaat bagi Anda yang melakukannya baik secara materi maupun non materi.

Menurut Ibnu Umar r.a dari Rasulullah, ia berkata “Sesungguhnya Allah mencintai orang yang beriman yang berkarya.” (HR Thabrani dalam Al Kabir) maksud di sini adalah produktif yang menghasilkan berbagai kebaikan.

Contoh Hal Produktif Dalam Islam

1. Produktif dalam membaca

Surah yang pertama kali diturunkan kepada Rasulullah yaitu surah Al-alaq yang ayat pertama menerangkan tentang bacalah. Membaca merupakan jendela ilmu dengan kita membaca maka pengetahuan kita akan semakin luas.

produktif dalam membaca

Membaca di sini berarti membaca hal-hal yang bermanfaat seperti membaca al-quran, membaca sejarah tentang islam, membaca ilmu pengetahuan umum, membaca tafsir quran, membaca hadist, dan yang lainnya yang mengandung banyak kebaikan untuk kita.

2. Produktif dalam mencatat

produktif dalam mencatatProduktif disini yaitu mencatat yang bermanfaat untuk kita seperti mencatat kajian-kajian tentang islam, mencatat ilmu pengetahuan umum, dan mencatat hal yang baik untuk kita. Mencatat juga membuat kita mudah untuk menemukan ilmu kembali, karena ketika kita lupa akan ilmu itu, kita bisa membuka catatan itu kembali dan mengingatnya kembali seperti itulah manfaatnya mencatat.

3. Produktif berlomba-lomba dalam kebaikan

Islam mengajarkan bahkan menyuruh kita untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, selama hidup di dunia kita harus terus berlomba-lomba dalam mengerjakan kebaikan, entah itu sekecil apapun kebaikan yang kita kerjakan, kita harus tetap mengerjakannya karena kebaikan itu akan kembali kepada diri kita sendiri.

Baca juga: Pengertian Produktivitas Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

4. Produktif dalam menolong orang lain

produktif dalam menolong orang lainHal yang paling berguna yaitu bermanfaat bagi orang banyak, meskipun sekecil apapun manfaat bagi orang lain, maka lakukanlah karena mungkin saja untuk orang lain itu berguna banyak atau sangat penting. Tolong menolong juga diajarkan di dalam
Islam, tolong menolong tidak hanya sekedar materi saja tetapi bisa dengan hal lain.

5. Produktif dalam hal menghapal

Pengertian produktif menurut islam selanjutnya adalah menghapal. Menghapal harus terus menerus dilakukan karena jika tidak, kita akan mudah melupakannya. Selain di baca dan dicatat, kita juga harus menghapalnya agar materi yang kita dapatkan tidak mudah untuk dilupakan begitu saja.

6. Produktif memanfaatkan usia di masa tua

pengertian produktif menurut islamDi masa tua, kita harus memanfaatkan waktu semanfaat mungkin, karena jika kita sudah menginjakan usia 60 tahun, kita dianjurkan untuk terus memikirkan akhirat semaksimal mungkin, karena kita tidak tahu sampai kapan usia kita.

Kita harus memproduktifkan waktu kita seperti membaca al-quran, mengisi waktu dengan datang ke majelis ta’lim, serta yang lainnya yang dapat membawa kita kepada akhirat yang indah.

Berdasarkan pengertian produktif menurut islam, islam mengajarkan kita banyak sekali termasuk kegiatan produktif karena produktif akan menghasilkan manfaat yang banyak bagi kita.

Islam juga menerangkan bagaimana agar kita tetap produktif dalam hidup di dunia ini. Islam mengajarkan memanfaatkan waktu semanfaat mungkin karena itu akan kembali kepada diri kita sendiri. Semoga bermanfaat bagi kita semua.