fbpx

Kegiatan Produktif di Rumah untuk Anak

1 min read

mengerjakan tugas

Salah satu hal yang diinginkan setiap orang adalah melakukan kegiatan produktif. Dalam hal ini, produktif adalah sesuatu yang menghasilkan hal yang lebih besar atau keuntungan yang banyak. Jadi kegiatan yang produktif itu kegiatan yang menghasilkan sesuatu lebih besar atau memberikan manfaat berupa keuntungan.

Istilah Produktif Menurut Para Ahli

Menurut KBBI, produktif adalah bersifat atau mampu menghasilkan (dalam jumlah besar), mendatangkan (memberi hasil, manfaat, dan sebagainya), menguntungkan. Sedangkan menurut Bambang Tri Cahyono, 1996:283 mengatakan bahwa produktif adalah sikap yang berkonsep pada hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik daripada hari ini.

Inilah Kegiatan Produktif Di Rumah Yang Bisa Anda Lakukan

Jika saat hari libur Anda hanya berdiam diri di rumah atau tidak memiliki pekerjaan berarti. Ada baiknya Anda melakukan kegiatan produktif seperti dibawah ini

1. Membantu ibu membereskan rumah/kamar

kegiatan produktif membantu ibu membersihkan rumahAnda bisa membantu orang tua untuk membereskan rumah agar rumah Anda tidak terlihat kusam ketika dilihat orang. Apalagi kebersihan juga akan membuat rumah bersih dan terhindar dari penyakit. Tentu saja, hal tersebut membuat Anda nyaman dirumah.

2. Membuat desain dari barang bekas

membuat kerajinan dari barang bekasAnda bisa membuat sesuatu desain misalnya dari kertas lipat dijadikan gantungan untuk di depan pintu kamar, atau Anda bisa membuat pas bunga dari botol minum yang sudah tidak terpakai. Bahkan Anda bisa membuat sesuatu yang lain yang bisa menghasilkan uang.

3. Belajar masak

belajar memasakJika Anda seorang perempuan, Anda bisa belajar masak dari Youtube atau sosial media yang lain. Belajar masak bagi perempuan itu penting karena jika nanti anda sudah berumah tangga Anda harus memasak untuk suami dan anak-anak Anda agar rumah tangga anda menjadi hangat.

4. Belajar desain pamphlet, brosur, dll

belajar desainBelajar desain seperti pamphlet, dll itu juga penting karena sekarang jamannya internet dan jamannya desain poster dimana-mana. Jika Anda sudah mahir dalam membuat desain seperti itu tentunya Anda bisa mengikuti lomba desain atau Anda bisa menjadikan desain sebagai pekerjaan sampingan.

Baca juga: Pengertian Produktivitas Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

5. Menggambar

menggambarMenggambar sesuatu yang Anda suka itu menyenangkan. Anda bisa menggambar sesuatu di buku gambar atau di tembok kamar. Anda bisa melihat contoh gambar-gambarnya di internet, itu juga akan melatih Anda untuk terus berkarya.

Beberapa Kegiatan Produktif Sebelum Tidur

Anda juga bisa melakukan kegiatan produktif sebelum tidur. Kegiatan apa sajakah itu?

1. Membaca Buku

membaca bukuKegiatan sebelum tidur salah satunya membaca buku. Jika Anda mempunyai kesulitan untuk tidur Anda bisa mencobanya. Membaca buku dimulai dari buku sejarah, novel, atau komik, Anda bisa membacanya agar tidur Anda pulas.

2. Mengerjakan tugas

mengerjakan tugasTugas bisa anda kerjakan sebelum tidur dimana anda harus menyelesaikan tugas anda sebelum tidur agar anda tidak perlu khawatir dikemudian hari karena tugas Anda sudah selesai. Jika tugas itu sulit, maka Anda harus berusaha untuk mengerjakannya.

3. Mempersiapkan peralatan untuk besok

Jika besok anda harus pergi kesekolah, Anda bisa mempersiapkannya dari sebelum tidur agar besok Anda tidak terburu-buru mempersiapkan sesuatu dan meminimalisir ketinggalan barang.

4. Menulis cerita Anda di buku diary

Anda bisa menulis cerita keseharian Anda di buku diary agar ketika Anda besar nanti, Anda bisa membacanya dan mengingat masa-masa lalu yang pernah Anda alami. Menulis buku diary membuat Anda mengerti akan kehidupan yang sedang anda jalani.

5. Menulis puisi atau kata-kata motivasi

menulis puisiKegiatan produktif yang bisa Anda lakukan sebelum tidur adalah Anda bisa menulis kata-kata indah, itu juga akan melatih Anda untuk terus berkarya.