fbpx

Manajemen Produktivitas Dalam Pekerjaan Itu Penting, Simak Disini!!

1 min read

mengevaluasi dan memberikan reward kepada pekerja

Dua hal yang saling berkaitan dengan manusia yaitu manajemen dan produktivitas. Mungkin sebagian orang mengetahui tentang pengertian manajemen, tapi apakah mereka tahu tentang produktivitas? Berikut kami berikan ulasan apa itu manajemen produktivitas.

Pengertian Manajemen Produktivitas

manajemen produktivitasManajemen produktivitas adalah hasil yang telah didapatkan selama proses produksi dengan menggunakan satu atau lebih faktor produksi, dan dapat dihitung sebagai rasio input (masuk) atau output (keluar).

Jadi, produktivitas itu sendiri merupakan ukuran baik atau buruknya sumber daya yang diatur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Tujuan Manajemen Produktivitas

tujuan manajemen produktivitasSebuah produksi apapun pasti memiliki tujuan untuk produksi itu sendiri. Tujuan manajemen produktivitas itu adalah untuk mengefesienkan ukuran dari sumber-sumber daya yang digunakan untuk menghasilkan output yang baik dan mengefektifkan sumberdaya seminimal mungkin untuk derajat pencapaian output yang baik.

fungsi-fungsi manajemen produktivitasFungsi-fungsi Dari Manajemen Produktivitas

  1. Perencanaan dalam jumlah karyawan atau pekerja
  2. Perencanaan kualitas dan kuantitas pekerja
  3. Perencanaan jumlah, ukuran, waktu, dan kualitas produksi itu sendiri
  4. Perencanaan waktu untuk bekerja
  5. Pengawasan pada proses produksi
  6. Pengarahan untuk pekerja sebelum pekerjaan itu dimulai
  7. Memberikan koordinasi disetiap bagian
  8. Mengevaluasi pekerja setelah pekerjaan selesai

Upaya Peningkatan Manajemen Produktivitas

Dalam meningkatkan produktivitas yang tinggi, dibutuhkan beberapa usaha untuk mencapainya, upaya-upaya tersebut adalah:

1. Anda harus mempunyai kesadaran akan meningkatkan produksi

Apapun itu yang dilakukan, Anda dan semua pihak yang terlibat dalam pekerjaan harus mempunyai kesadaran yang tinggi untuk meningkatkan produksi. Dan ketika orang tersebut sadar dan perhatian terhadap produksinya maka itu akan tercipta seperti ketika sudah selesai melakukan pekerjaan, Anda harus mengecek ulang, membersihkan tempat pekerjaan, dan melihat sekitar apakah ada yang rusak atau tidak.

2. Membuat program

Di dalam suatu perusahaan produksi, Anda membutuhkan program untuk melanjutkan produksi tersebut, mau dibawa kemana produksi tersebut, tujuan dibuatnya program untuk mencapai tujuan yang diinginkan bersama. Seperti program meningkatkan kualitas SDM dengan mengadakan pelatihan khusus untuk pekerja, atau memotivasi pekerja.

3. Menganalisis

Sebelum melakukan pekerjaan, Anda harus menganalisis situasi di dalam pekerjaan tersebut, sebelum mengambil keputusan, dan juga harus menganalisis isi sekitar Anda agar tindakan yang Anda putuskan benar-benar adil dan pas dengan kondisinya. Seperti jika produksi tersebut sedang menurun, maka Anda tidak perlu menambah pekerja.

4. Mengevaluasi dan memberikan reward kepada pekerja

mengevaluasi dan memberikan reward kepada pekerjaMengevalusi pekerjaan itu sangat penting, jika tidak dilakukan evaluasi kita tidak akan mengetahui kesalahan-kesalahan yang telah terjadi, atau hambatan yang terjadi di dalam pekerjaan. Evaluasi juga dilakukan untuk mengetahui hasil akhir yang di dapatkan. Selain evaluasi, memberikan hadiah kepada pekerja itu sangat baik karena mereka sudah melakukan yang terbaik bagi pekerjaan yang mereka kerjakan.

Baca juga: Pengertian Produktivitas Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

Cara Menghitung Manajemen Produktivitas Dalam Pekerjaan

cara menghitung manajemen produktivitas dalam pekerjaan1. Rumus untuk menghitungnya hasil perbandingan output dan input adalah :

Produktivitas = output / input

Input = sumber-sumber daya yang digunakan seperti pekerja, waktu, dll

Output = pengeluaran di dalam pekerjaan tersebut

2. Rumus menghitung produktivitas kerja dalam produksi

Produktivitas = (output x standar waktu untuk bekerja) / (jumlah tenaga kerja x waktu kerja) x 100%

Satuan untuk rumus diatas :

Output = pcs

Standar waktu untuk bekerja = menit

Jumlah tenaga kerja = orang

Waktu kerja = menit

Berdasarkan kalimat di atas dapat disimpulkan bahwa peningkatan manajemen produktivitas diperlukan untuk menaikan jumlah output dengan cara-cara yang telah diberikan.