fbpx

Cara Menjadi Orang yang Produktif Dalam Pekerjaan

1 min read

cara menjadi orang produktif memiliki target yang terukur

Perkembangan teknologi telah banyak mengubah pola hidup manusia. Berbagai kemudahan yang ditawarkan di era modern ini seringkali membuat manusia terlena. Tidak hanya menjadi lebih konsumtif dan terbiasa dengan budaya serba instan, manusia juga kini memiliki banyak gangguan. Gangguan yang dimaksud di antaranya adalah macam-macam konten yang ditawarkan di internet dan media sosial. Maka dari itu anda harus tahu cara menjadi orang yang produktif.

Kita semua tentu paham bahwa tidak semua konten yang ada di internet dan dunia maya baik untuk dikonsumsi. Misalnya dengan berjam-jam menyaksikan gosip tentang orang-orang terkenal di media sosial. Jika dibiarkan kebiasaan ini akan membuat kita berkembang jadi pribadi yang hanya membuang-buang waktu.

Dengan segala hiruk pikuk yang ditawarkan dunia modern, menjadi produktif adalah keharusan sekaligus tantangan. Kita harus produktif karena tuntutan hidup juga kian menggila, sementara ada banyak hal juga yang membuat kita tergoda untuk tidak melakukan hal produktif.

Ingin Tahu Cara Menjadi Orang yang Produktif?

Sebenarnya ada banyak cara menjadi orang yang produktif. Berikut ini adalah hal-hal yang paling mendasar yang harus dipahami untuk bisa menjadi orang yang produktif:

  • Buatlah Target yang Terukur

cara menjadi orang yang produktif memiliki target yang terukurBuatlah target jangka pendek. Mulai hari ini anda bisa menentukan apa yang ingin anda raih. Target tersebutlah yang kemudian dapat menjadi panduan anda menyusun hal-hal yang harus dikerjakan hari ini agar target terpenuhi. Buatlah target yang terukur dan realistis, pastikan untuk tidak hanya mengerjakan banyak hal, tapi juga menyelesaikannya dengan kualitas yang memuaskan.

  • Buatlah Skala Prioritas

Jika anda memiliki banyak hal untuk dilakukan, buatlah skala prioritas. Daftarlah serinci mungkin mulai dari hal yang harus dikerjakan paling pertama hingga paling terakhir. Buat juga estimasi waktu berapa lama masing-masing pekerjaan harus diselesaikan. Menyusun skala prioritas sebaiknya berdasarkan tingkat kesulitan dan tenggat waktu pekerjaan tersebut.

  • Jangan Biasakan Menunda Nunda Pekerjaan

Orang produktif adalah orang yang anti membuang-buang waktu. Maka hindarilah menunda nunda pekerjaan karena hal tersebut hanya membuang-buang waktu. Mulailah mengerjakan pekerjaan sesegera mungkin dan upayakan untuk mengerjakan hingga tuntas berdasarkan target harian yang telah ditetapkan. Jika anda bisa melakukan hal ini, itu artinya anda sudah tahu cara menjadi orang yang produktif.

  • Fokus

cara menjadi orang produktif yang fokus pada pekerjaanCobalah untuk selalu fokus dengan apa yang tengah dikerjakan. Hindari gangguan-gangguan yang tidak penting seperti mengecek hp terlalu sering, atau ajakan dari teman-teman anda untuk melakukan hal-hal yang kurang produktif. Hal ini bukan berarti anda tidak boleh memiliki waktu untuk sekedar bersantai bermain hp atau pergi bersama teman-teman. Sediakanlah waktu untuk melakukan me time seperlunya dan jangan melakukannya di sela sela pekerjaan.

  • Berpikirlah Realistis

Berpikir realistis berarti berpikir dengan penuh kesadaran. Berpikir realistis sebelum menerima suatu pekerjaan akan membuat anda mengingat kembali kapasitas diri. Selain itu berpikir realistis akan membimbing anda untuk mempertimbangkan resiko. Ini tentu saja merupakan suatu hal yang penting, karena menjadi produktif tidak berarti menerima semua pekerjaan secara membabi buta. Ingatlah bahwa orang-orang produktif selalu berupaya menghasilkan tidak hanya banyak hal, melainkan juga hal hal yang berkualitas. Pertimbangkan kemampuan diri dan seberapa layak pekerjaan tersebut ditempuh dengan resiko yang besar.

Cara menjadi orang yang produktif di atas hanya akan membuahkan hasil jika anda jalani dengan tekad yang kuat. Bagian terpenting dalam upaya menjadi produktivitas kerja adalah konsistensi dan kedisiplinan. Jangan lupa untuk selalu memotivasi diri sendiri. Katakan pada diri anda bahwa anda mampu, dan apapun yang anda kerjakan akan menghasilkan kebaikan.