fbpx

Pengelolaan Waktu Secara Produktif Agar Hidup Lebih Baik

2 min read

pengelolaan waktu secara produktif mengutamakan pekerjaan penting

Setiap orang pasti memiliki aktivitas yang berbeda-beda. Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa sanya ada orang yang terlihat sangat sibuk dan ada pula orang yang melihat begitu santai. Memang perlu diketahui bahwasanya produktivitas seseorang tidak bisa dinilai dari seberapa sibuk Ia melakukan sesuatu.

Justru hal ini akan sangat berkaitan erat dengan seberapa produktif mereka mengerjakan suatu hal sehingga bisa lebih tertata. Biasanya akan timbul pertanyaan yang benar mengenai bagaimana pengelolaan waktu secara produktif, sehingga bisa melakukan segala sesuatu dengan lebih mudah tanpa ada beban.

Ini Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pengelolaan Waktu Secara Produktif Agar Hidup Lebih Baik

Pada dasarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatur waktu supaya lebih produktif. Ini tidaklah sulit untuk dilakukan asalkan memiliki niat yang sungguh-sungguh untuk berusaha menjadi lebih baik.

Diketahui bahwasanya waktu ini sangatlah berharga sehingga harus benar-benar dikelola dengan sebaik mungkin. Orang-orang yang mampu mengelola waktu secara produktif maka akan bisa menjalani berbagai aktivitas dengan baik meskipun aktivitas tersebut sangatlah padat.

Berikut ini merupakan cara yang bisa dilakukan untuk mengelola waktu supaya lebih produktif.

1. Utamakan pekerjaan penting

pengelolaan waktu secara produktif agar hidup lebih baikSetiap orang pasti memiliki aktivitas yang harus dikerjakan. Namun terkadang jika dihadapkan dengan aktivitas yang lainnya maka beberapa orang akan mendapati kebingungan untuk mengerjakannya.

Untuk itu maka diri sendiri harus mengetahui prioritas utama dari beberapa pekerjaan tersebut. Utamakanlah pekerjaan atau tugas yang paling utama dan paling penting terlebih dahulu sehingga tanggung jawab bisa terselesaikan dengan cepat.

Waktu pun akan semakin produktif apabila diri sendiri bisa selalu mengutamakan hal-hal yang memang sebenarnya merupakan hal yang sangat penting. Tentunya harus kembali pada diri sendiri mengenai di mana yang menjadi prioritas utama.

2. Hindari hal-hal tidak penting

hindari hal tidak pentingKebanyakan orang lebih suka untuk menghabiskan waktu dengan melakukan berbagai hal yang menyenangkan bagi dirinya. Padahal belum tentu hal tersebut bisa meningkatkan kualitas diri dan bisa memberikan dampak yang positif.

Misalnya adalah dengan pergi jalan-jalan ke mall, nonton film ke bioskop, main game, dan lain sebagainya. Sementara di sisi lain masih banyak hal-hal penting yang harus dilakukan dan segera diselesaikan. Untuk itu usahakan hindari hal-hal yang sekiranya tidak membuat diri sendiri menjadi maju.

Baca juga: Pengertian Produktivitas Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

Jika melakukan hal-hal yang kurang menjadi prioritas maka waktu akan terbuang sia-sia dan tidak bisa dikelola dengan baik. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik mengenai hal-hal yang sekiranya penting dan apa saja yang sekiranya tidak begitu penting.

Hal-hal tersebut boleh dilakukan apabila semua tanggung jawab sudah terselesaikan. Atau bisa juga mengambil sedikit waktu untuk hiburan tetapi dengan tidak melalaikan tugas dan pekerjaan.

3. Membuat jadwal

membuat jadwalJadwal merupakan hal yang sangat penting yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Apalagi orang-orang yang memiliki aktivitas cukup padat, maka harus membuat jadwal agenda sesuai dengan aktivitas.

Tujuan dari pembuatan jadwal adalah untuk lebih mudah dalam pengelolaan waktu secara produktif sehingga bisa dilakukan dengan baik. Biasanya kebanyakan orang menggunakan buku agenda untuk menuliskan kegiatan dan tugas tugas apa saja yang harus dilakukan.

Di jadwal juga dicantumkan mengenai waktu pelaksanaan atau waktu deadline tugas atau pekerjaan. Biasanya untuk orang-orang yang sudah bekerja dan memiliki kesibukan yang tinggi, mereka memiliki manajer pribadi untuk menata jadwal. Biasanya ada jadwal rutin harian, mingguan, tahunan, dan juga insidental.

4. Ikuti aturan dan konsisten

konsisten pada pekerjaanPeraturan ada untuk menata dan mengatur segala sesuatu sehingga akan lebih tertata dengan baik. Hal ini tentu saja harus ditaati sehingga segala hal bisa berjalan dengan lancar.

Apabila aturan bisa diikuti dengan sepenuh hati tentu Anda sudah masuk dalam pengelolaan waktu secara produktif. Selain itu juga harus selalu konsisten menjalani hal-hal positif.

Hal tersebut harus selalu ditegaskan pada diri sendiri sehingga perlahan-lahan akan membentuk pola kebiasaan yang baik. Jika perlu maka buatlah konsekuensi untuk diri sendiri apabila melanggar peraturan dan tidak konsisten.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan sehingga bisa mengatur waktu dengan baik. Beberapa cara pengelolaan waktu secara produktif tersebut bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari sekarang.

Dengan memiliki waktu yang produktif maka segala hal bisa dilakukan dengan mudah tanpa ada kendala yang berarti. Karena pada dasarnya waktu adalah uang, di mana hal ini berarti waktu merupakan sesuatu yang sangat berharga.

Dengan demikian usahakan untuk selalu berusaha mengatur waktu dengan baik supaya segala pekerjaan atau aktivitas yang dijalani akan lebih terasa ringan dan tertata.