fbpx

Ciri ciri Orang yang Produktif: Perbedaan Orang Sibuk dan Orang Produktif

1 min read

Ciri ciri Orang Yang Produktif

Istilah produktif secara sederhana dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk banyak menghasilkan sesuatu. Selama ini orang cenderung menganggap produktif identik dengan sibuk. Padahal sesungguhnya ciri ciri orang yang produktif dengan ciri ciri orang yang sibuk berbeda.

Perlu dipahami bahwa tidak semua sibuk merupakan sibuk yang produktivitas kerja. Ada kalanya seseorang terlihat sibuk  hanya karena ketidakmampuannya untuk mengatur waktu dengan baik. Sebagaimana seorang bijak pernah mengatakan bahwa tidak ada orang sibuk, yang ada hanyalah orang yang gagal mengatur waktu. Agar lebih mudah memahaminya, mari kita bandingkan ciri orang sibuk dengan ciri ciri orang yang produktif.

Ini Dia Ciri Ciri Orang Yang Produktif dan Orang Yang Sibuk

Ciri Ciri Orang Sibuk

  • Target yang Tidak Terukur

orang malas yang tidak memiliki target terukurOrang sibuk kerap kali mengabaikan pentingnya target. Mereka hanya menginginkan pekerjaan yang ada lekas terselesaikan. Padahal seharusnya dibuat target kualitas macam apa yang ingin ditelurkan dari hasil kerjanya.

  • Tidak Adanya Skala Prioritas

Jika seseorang mampu menyusun skala prioritas, tentu ia akan terhindar dari kesibukan yang menyulitkan. Dengan adanya skala prioritas yang akan tahu pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu berdasarkan urgensi dan tenggat waktu yang diberikan.

  • Kebiasaan Menunda Nunda Pekerjaan

Seperti yang telah disebutkan di awal, orang sibuk adalah orang yang gagal mengatur waktu. Orang sibuk juga biasanya adalah mereka yang senang menunda pekerjaan. Pekerjaan baru dikerjakan jika sudah dekat dengan deadline, sehingga mereka merasa dijerat oleh pekerjaan yang terlalu menumpuk.

  • Mudah Terdistraksi

Orang sibuk cenderung tidak bisa menjaga diri dari merespon hal-hal di sekitarnya, tidak peduli hal tersebut penting atau tidak. Kondisi ini membuat orang-orang sibuk mudah terganggu konsentrasi dan pola kerjanya.

  • Kurang Mempertimbangkan Resiko

Ketika ditawari pekerjaan, terutama dengan nominal bayaran yang menggiurkan, orang sibuk biasanya langsung mengiyakan. Ia kurang mempertimbangkan resiko dari pekerjaan itu sendiri. Ia juga seringkali lalai mempertimbangkan apakah ia akan mampu menyelesaikan pekerjaan itu dengan sempurna atau tidak.

Ciri Ciri Orang yang Produktif

  • Memiliki Target yang Terukur

Ciri ciri Orang Yang ProduktifOrang produktif selalu merancang target di awal sebelum memulai pekerjaan. Adanya target yang terukur membuat orang-orang produktif tahu langkah kerja seperti apa yang harus mereka ambil guna mencapai hasil yang diinginkan. Ini menjadikan orang-orang produktif selalu menghasilkan sesuatu yang berkualitas. Ingin menjadi orang yang lebih produktif? Pastikan membaca artikel ciri ciri orang yang produktif seperti ini ya.

  • Adanya Skala Prioritas

Orang produktif tentu memahami pentingnya keberadaan skala prioritas. Skala ini yang akan membantu mereka menentukan pekerjaan mana yang pertama-tama harus diselesaikan. Skala prioritas menghindarkan orang-orang produktif dari mengerjakan banyak hal secara tergesa-gesa.

  • Mengerjakan Pekerjaan Hingga Tuntas

Orang produktif pantang menunda-nunda pekerjaan. Mereka berprinsip untuk mengerjakan apa yang bisa dikerjakan saat ini. Karena bagi mereka menunda pekerjaan sama saja membuang-buang waktu, dan pada akhirnya diri mereka sendiri yang akan didera kesulitan karena hal itu.

  • Selalu Fokus

Ketika sedang bekerja, orang-orang produktif akan selalu berupaya untuk fokus. Mereka akan mengesampingkan dahulu hal-hal yang kurang penting dan bersifat distraktif. Orang produktif memahami akan ada saatnya merespon hal-hal kurang penting, dan hal seperti itu tidak perlu diberi porsi waktu terlalu banyak.

  • Penuh Pertimbangan

Sebelum menerima tawaran pekerjaan, orang produktif akan mempertimbangkan resikonya masak-masak. Mereka juga akan mengukur kemampuan diri, berpikir realistis apakah mereka akan mampu mengerjakan hal tersebut dengan sempurna tepat pada waktunya tanpa mengganggu pekerjaan-pekerjaan lain yang telah ada sebelumnya.

Sudah tahukan ciri ciri orang yang produktif? Dan bisa membedakan orang yang sibuk dengan orang yang produktif. Semoga artikel ini bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *