fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Visi atau Misi Dulu?

1 min read

Visi atau misi dulu? Ini perdebatan sepanjang zaman. Penyebabnya adalah perbedaan definisi tentang “misi.” Mereka yang mendefinisikan “misi” sebagai cara mencapai visi akan meletakkan misi setelah visi. Sementara mereka yang mendefinisikan misi sebagai alasan keberadaan, akan meletakkan misi sebelum visi.

Saya pakai yang mana? Saya menggunakan definisi kedua, misi adalah alasan keberadaan kita. Sehingga saya meletakkan misi sebelum visi. Setidaknya, ini selaras dengan apa yang diajarkan oleh guru saya, Abah Rama Royani. Sementara untuk cara mencapai visi, saya menggunakan istilah strategi.

Konsep ini juga selaras dengan apa yang diajarkan oleh pak Simon Sinek di buku Start with Why. Menurut pak Sinek:

  • WHY – misi; alasan keberadaan kita.
  • HOW – kekuatan/keunikan kita; apa yang membedakan kita dengan orang lain.
  • WHAT – apa yang kita lakukan dan wujudkan.

Why mendahului how dan what. Kalau why sudah ditemukan, maka what akan lebih mudah untuk ditemukan pula. Sayangnya, banyak orang yang fokus pada what saja: apa yang perlu dilakukan untuk mencapai sesuatu. Mereka melupakan why-nya: mengapa mereka melakukannya.

Tidak heran bila buku dan training pengembangan diri yang bersifat praktis (how to) menjadi laku. Namun buku dan training yang agak filosofis kurang disukai. Kita mengejar cara cepat, perbaikan instan (quick-fix). Padahal hal-hal yang semacam ini bersifat sementara – tidak bertahan lama. Wajar, bila setelah ikut seminar, training, atau baca buku motivasi naik kemudian turun perlahan-lahan hingga hilang sama sekali. Ini terjadi karena kita tidak menyentuh hal yang esensial dalam hidup kita: WHY kita.

Kita ngerti konsep BIG WHY, START WITH WHY, dsb. Pertanyaannya, sudahkah kita jelas dengan WHY kita dalam hidup? Sudahkah kita memiliki pernyataan misi hidup yang menginspirasi dan memotivasi kita setiap hari? Jika belum, jangan salahkan bila motivasi kita naik turun. Bila kita menunda-nunda. Bila kita mudah terpecah fokus akibat pilihan-pilihan baru yang lebih menarik.

Inilah sebabnya di kelas MENDESAIN HIDUP kita akan mulai dengan mengenali apa WHY kita. Apa misi hidup kita, apa alasan keberadaan kita. Saya merancang beberapa latihan yang sistematis untuk menemukan apa MISI hidup kita. Setelah pelatihan, insyaallah teman-teman akan semakin jelas dengan apa WHY-nya.

Bila teman-teman tertarik untuk bergabung dengan kelas ini, silakan hubungi kang Indra di wa.me/62816995148

PS. Bagi alumni kelas saya, boleh hubungi mas Chusni di wa.me/62816990270 untuk mendapatkan harga spesial.

#mendesainhidup #produktivitas

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.