fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Beginilah Cara Warren Buffet Merencanakan Hidup

1 min read

Siapa yang tidak mengenal Warren Buffet? Orang terkaya nomor dua di dunia ini dikenal sebagai pribadi yang sederhana dan rendah hati. Apa rahasia Buffet sehingga ia sukses dalam kehidupannya?

Beruntunglah Scott Dinsmore menyimak percakapan kawannya dengan mantan pilot Warren Buffet. Mantan pilot Buffet, sebut saja Steve, menceritakan sebuah strategi yang dibagikan Buffet kepadanya. Suatu hari, Buffet berkata padanya untuk segera bergerak mewujudkan impiannya dan jangan hanya bekerja sebagai pilot sang milyarder. Steve bertanya, “Apa yang harus saya lakukan?”

Warren-Buffett

Buffet segera mengajukan beberapa strategi. Berikut ini adalah ringkasannya:

 

Pertama, tuliskan 25 hal penting yang ingin Anda wujudkan dalam hidup Anda.

Banyak orang tidak mengetahi apa yang ia inginkan dalam hidup. Menuliskan hal-hal yang ingin diwujudkan dalam hidup adalah langkah pertama untuk mewujudkan impian Anda. Sekarang, silakan tuliskan daftar 25 impian Anda.

Kedua, pilih 5 hal terpenting dari 25 hal yang sudah Anda tuliskan.

Dari keduapuluh lima daftar Anda, mana lima yang terpenting dan benar-benar ingin Anda wujudkan dalam hidup Anda? Langkah kedua ini adalah tentang FOKUS dan PRIORITAS. Anda tidak dapat mewujudkan impian Anda jika Anda tidak memiliki fokus dan prioritas. Lihat daftar Anda kemudian lingkari 5 yang terpenting. Lihat daftar 5 hal terpenting tersebut, “Apakah Anda yakin bahwa ini adalah 5 hal terpenting yang ingin Anda wujudkan dalam hidup Anda?”

Ketiga, buat rencana untuk mewujudkan 5 hal terpenting Anda.

Setelah Anda menetapkan 5 prioritas Anda, sekarang tuliskan rencana Anda untuk mewujudkannya. Tanpa rencana yang masuk akal, apa yang Anda tulis hanya akan menjadi khayalan. Buatlah rencana sehingga Anda bisa segera melakukan langkah pertama untuk mewujudkan impian Anda.

Keempat, lupakan sisa 20 hal yang sudah Anda tulis.

Yup, ekstrim memang. Namun inilah yang dilakukan Buffet. Lupakan 20 hal yang sudah Anda tulis, fokuskan perhatian Anda hanya pada 5 hal terpenting saja. Inilah kekuatan fokus. Tanpa fokus, kita tidak akan menjadi apa-apa.

Bagaimana dengan Anda, apa 5 hal terpenting yang menjadi fokus Anda?

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.