fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Tiga Rahasia Orang-Orang Paling Sukses dan Produktif di Muka Bumi

1 min read

Apa yang membedakan antara orang-orang paling sukses di muka bumi ini dengan orang-orang selainnya? Kevin Kruse memberikan jawabannya bagi Anda. Dia mewawancarai 7 milyader, 13 atlet Olimpiade, 29 mahasiswa dengan nilai A, dan 239 entrepreneur. Hasilnya, ia menemukan ada 15 cara kerja yang membedakan mereka dengan orang-orang selainnya.

Dalam artikel ini, saya akan bagikan tiga rahasia terpenting menurut saya. Mari kita simak.

Pertama, menjadwalkan waktu khusus untuk hal-hal terpenting dalam hidup Anda.

Istilahnya time blocking atau time boxing, semacam waktu khusus yang Anda alokasikan untuk hal-hal yang Anda anggap penting dalam hidup Anda.

Apa yang Anda anggap penting? Misalnya:

  • Saya menganggap kesehatan penting, maka saya alokasikan 30 menit di pagi hari untuk berolahraga.
  • Saya menganggap menulis penting, maka saya alokasikan 1 jam di pagi hari untuk menulis.
  • Saya menganggap penyelarasan tim penting, maka saya alokasikan 1 jam online meeting setiap pekan bersama mereka.
  • Saya menganggap hubungan dengan anak-anak penting, maka saya alokasikan 30 menit di sore hari untuk bermain dengan mereka tanpa gangguan.

Perlakukan waktu yang sudah Anda jadwalkan ini sebagai jadwal yang tidak dapat diganggu gugat.

Kedua, mengidentifikasi tugas-tugas terpenting di pagi hari.

Setelah bangun tidur dan membersihkan diri, tetapkan 1-3 tugas yang ingin Anda capai hari ini. Apa satu hal terpenting yang harus saya kerjakan hari ini yang akan mendekatkan saya ke tujuan saya? Ini adalah The Most Important Task. Prioritas utama Anda hari ini. Ini akan memberi arah bagi Anda di hari tersebut. Tanpa arah yang jelas, Anda akan bergerak terombang-ambing tanpa tujuan.

Ketiga, mengerjakan tugas-tugas terpenting di awal hari dengan fokus tanpa distraksi.

Ada banyak orang yang membutuhkan kita. Jika kita tidak tegas dengan prioritas kita maka orang lain Anda “memaksakan” prioritas mereka kepada kita. Cara untuk menanganinya adalah menjadikan prioritas kita benar-benar sebagai prioritas. Caranya? Kerjakan prioritas kita di awal hari sebelum kita mengerjakan hal-hal rutin lainnya.

Dua jam di pagi hari setelah Anda bangun tidur adalah waktu yang sangat berharga. Dan Ariely, profesor psikologi dari Duke University menyatakan bahwa manusia berada dalam kondisi sangat prima (produktif dan fungsi kognitif berada di level tertinggi) dua jam setelah mereka benar-benar bangun dari tidurnya. Manfaatkan dua jam ini untuk mengerjakan hal terpenting dalam hidup Anda. Jangan sia-siakan untuk scrolling sosial media atau aktivitas kurang penting lainnya.

Nathan Blecharczyk, co-founder Airbnb: “Saya berusaha untuk menghabiskan waktu pagi untuk mengerjakan ‘real work.’ Saya menemukan bahwa saya lebih fokus di pagi hari. Sangat sulit fokus setelah Anda dibombardir oleh berbagai meeting. Maka, saya selalu berusaha menjadwalkan meeting di siang hari.”

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *