fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Mencari Kejelasan: Kebiasaan Nomor 1 Para High-Performer

1 min read

Apa rahasia agar kita bisa menjadi seorang high-performer? Nasihat lama mengatakan: bekerja keraslah, temukan hasratmu, fokus pada kekuatan, berlatihlah dengan giat dan berbagai nasihat klasik lainnya. Baguskah nasihat tersebut? Bagus, namun belum memadai. Nasihat-nasihat tersebut belum menjawab pertanyaan: apa persisnya yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang high-performer?

Sebelum kita masuk ke apa yang perlu dilakukan, mari sepakati dulu apa yang dimaksud dengan high-performer. Saya akan menggunakan definisi dari Brendon Burchad di buku fenomenalnya: High Performance Habits. Menurut Burchad high-performer adalah orang yang berhasil melampaui berhasil melampaui norma-norma standar, secara konsisten dalam jangka panjang.

Menurut Burchad, untuk menjadi seorang high-performer kita memerlukan serangkaian kebiasaan yang tepat. Kebiasaan yang membedakan antara seorang high-performer dengan selainnya. Nasihat-nasihat klasik seperti disebutkan di atas tidak memadai lagi untuk membuat kita menonjol di antara yang lainnya. Kita akan berakhir menjadi orang rata-rata.

Bersyukur, saya bertemu dengan buku High-Performance Habits-nya Burchad ini. Di buku ini, saya menemukan enam kebiasaan para high-performer yang dibahas secara mendetail dilengkapi dengan latihan-latihannya. Dalam artikel kali ini, saya akan membahas kebiasaan pertama high-performer yang direkomendasikan oleh Brendon Burchad: Seek Clarity – mencari kejelasan.

Seorang high-performer selalu mencari kejelasan tentang dirinya dan apa yang dilakukannya. Mereka mampu menjawab tiga pertanyaan utama berikut ini:

  • Siapa saya? Apa nilai yang saya anggap penting? Apa kekuatan dan kelemahan diri saya?
  • Kemana saya ingin menuju? Apa tujuan saya? Apa yang benar-benar ingin saya wujudkan?
  • Apa rencana saya? Bagaimana saya bergerak dari posisi saat ini ke posisi yang saya inginkan?

Untuk menjawab tiga pertanyaan utama tersebut Burchad merekomendasikan sebuah latihan yang ia namakan Envision The Future Four – Merancang Empat Masa Depan: Self, Social, Skills, Service.

Self  (Diri)

High-performer mengenali diri mereka, namun mereka tidak berhenti di sana. Mereka memiliki jawaban atas pertanyaan: “Seandainya Anda dapat mendeskripsikan diri ideal Anda di masa depan – seseorang yang benar-benar Anda inginkan – bagaimana Anda akan mendeskripsikan diri Anda?” Para high-performer meniatkan diri mereka untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menguasahakannya setiap hari.

Social (Sosial)

High-performer memiliki intensi yang jelas tentang bagaimana mereka ingin berinterkasi dan memperlakukan orang lain. Mereka memiliki kesadaran terhadap situasi dan orang-orang di sekitarnya yang membantu mereka untuk berhasil dan memimpin. Mereka selalu memikirkan jawaban dari pertanyaan: “Bagaimana saya ingin orang lain mengingat saya di masa depan?”

Skills (Keahlian)

High-performer memiliki kejelasan tentang keahlian apa yang perlu mereka kuasai untuk menang di masa depan. Mereka tidak nge-blank ketika ditanya: “Apa tiga keahlian yang sedang Anda bangun sehingga Anda akan menjadi lebih sukses di masa depan?” Para high-performer memiliki kurikulum bagi diri mereka sendiri dan terlibat aktif dalam belajar dan berlatih untuk menguasai keahlian yang ingin mereka kuasai.

Service (Pelayanan)

High-performer memiliki kejelasan tentang perbedaan yang ingin mereka ciptakan di atas bumi ini. Mereka tahu ingin berkontribusi dalam hal apa. Mereka mampu menjawab pertanyaan: “Bagaimana saya dapat melayani orang lain dengan keunggulan dan menciptakan kontribusi luar biasa untuk dunia?”

“When someone becomes disconnected from the future and their contribution to it, they underperform.” – Brendon Burchad

Sudahkah kita selalu mencari kejelasan tentan diri kita dan masa depan kita? No goals, no growth. No clarity, no change.

 

PS. Sudah tahu kalau saya merancang sebuah planner yang akan membantu Anda untuk lebih sukses dan produktif di masa depan? Baca info detailnya di sini: jurnalproduktivitas.com

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *