fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Sukses adalah Akumulasi

2 min read

Beberapa waktu yang lalu saya membaca ulang buku The Compound Effect karya Darren Hardy. Membaca buku untuk yang kedua kalinya memang seringkali memberi perspektif yang berbeda. Seperti buku The Compound Effect yang saya baca ulang ini, saya mendapatkan isi buku ini terasa lebih dalam dibandingkan saat saya membacanya pertama kali dulu.

Buku ini diawali dengan bahasan bahwa setiap hasil yang kita dapatkan saat ini: dalam karier, bisnis, maupun kehidupan berkeluarga adalah akumulasi dari serangkaian pilihan kecil dalam hidup kita. Pilihan-pilihan yang kita anggap sepele, kita anggap tidak “ngefek” dalam kehidupan kita.

Darren Hardy memberikan argumentasi bahwa pilihan (atau tindakan) yang kita ambil, sekecil apapun, bila dilakukan berulang-ulang dalam jangka panjang akan memberikan efek “majemuk.” Efek dari setiap pilihan kecil tersebut berlipatganda, sehingga akhirnya semakin besar dari waktu ke waktu.

Hardy mencontohkan, seseorang yang secara sadar mengurangi konsumsi hariannya 125 kal/hari (sekitar 1 gelas Cappucino) maka dalam 31 bulan berat badannya akan turun sekitar 15 kg.

Ilustrasi lainnya, bila kita menghemat Rp.10.000 per hari, kemudian menginvestasikannya ke reksadana saham setiap hari selama 30 tahun. Maka pada tahun ke-30 total investasi kita terakumulasi sekitar Rp. 2 Milyar.

Bila kita membaca buku 10 halaman sehari (membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk melakukannya), maka dalam tiga tahun kita sudah membaca 10.000 halaman buku. Itu setara dengan 50 buku. Jika Anda membaca setidaknya 50 buku terkait bidang Anda, Anda akan masuk dalam 20% praktisi top di bidang Anda.

Perhatikan, semuanya hanya tindakan sederhana. Namun, kita konsisten mempertahankannya dalam jangka panjang. Maka, di satu titik kita akan mengalami apa yang orang katakan sebagai “sukses dalam semalam.” Padahal yang terjadi tidaklah demikian. Kita melakukan sebuah tindakan berulang-ulang dalam jangka panjang.

Saya menerapkan prinsip ini dalam menulis buku. Apa yang saya lakukan hanyalah menulis 300 kata setiap hari. Namun, saya usahakan melakukannya setiap hari. Dalam satu tahun saya menghasilkan 100.000 kata. Ini setara dengan dua buku non fiksi. Sederhana. Hanya membutuhkan konsistensi dalam jangka panjang.

Namun, tidak banyak orang yang sabar dengan proses panjang semacam ini. Karena hasilnya tidak akan langsung nampak. Persis seperti kita melatih otot. Otot tidak akan langsung nampak terbentuk ketika kita baru nge-gym 1-2 bulan. Namun, banyak orang yang putus asa lalu memutuskan berhenti. Demikian juga berinvestasi di reksadana saham. Dalam 3-4 tahun hasilnya tidak akan nampak secara signifikan. Mengurangi kalori harian pun sama.

Wajar, bila banyak orang yang kemudian frustasi. Menganggap cara tersebut tidak cocok atau tidak masuk akal. Kemudian berganti cara. Sayangnya, mereka berganti-ganti cara setiap waktu. Tidak pernah mencoba untuk konsisten di satu cara dalam jangka panjang. Apa yang kemudian terjadi? Hasil yang diharapkan tidak pernah datang kepada mereka.

Hari ini mencoba peruntungan di properti, besok di asuransi, minggu depan di multi-level marketing, bulan berikutnya trading saham demikian seterusnya. Hari ini coba-coba cari cuan dari Google Adsense, besoknya tergoda bisnis dropship, tak lama kemudian tertarik jadi affiliate produk digital. Hari ini mencoba teknik Facebook Advertising ala mastah A, besoknya coba pakai teknik ala mastah B, besoknya lagi coba pakai teknik ala mastah C. Hari ini merintis untuk membangun audiens di blog, besoknya pindah ke Linkedin, besoknya Youtube, besoknya lagi blog. Apakah bisa sukses dengan cara semacam ini? Saya sangsi.

Mendapatkan hasil-hasil dalam hidup membutuhkan waktu, disiplin dan kesabaran. Kita perlu pilih satu cara, satu bisnis, satu media dan konsisten di sana dalam jangka waktu yang panjang. Tidak ada yang namanya “cara cepat,” “rumus ajaib,” atau “formula rahasia” dalam mencapai sukses. Tidak ada cara untuk turun berat badan 15 kg dalam seminggu, menjadi milyuner dalam 3 bulan, mendapatkan penghasilan ribuan dolar hanya dengan meluangkan 1 jam sehari di internet, dan berbagai bujukan menarik lainnya. Untuk sukses di bidang apapun, rumusnya sama dan sederhana: lakukan tindakan yang sama berulang-ulang dalam jangka waktu yang cukup panjang. Lakukan setiap hari sampai hasil yang diharapkan muncul.

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.