fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach. Penulis 7 buku laris: Kitab Anti Penundaan, Self-Coaching, Mindful Life, Productivity Hack, Life by Design, Hypnoselling, dan Hypnowriting. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Rutinitas Pagi: Dua Jam Terbaik dalam Hari Kita

1 min read

Setiap pagi, kita punya jendela waktu dimana otak kita berada di kapasitas puncaknya. Pada jendela waktu ini kita memiliki potensi untuk sangat produktif dan kemampuan untuk menuntaskan hal-hal penting dalam hidup kita. Hal ini disampaikan oleh Dan Ariely, seorang profesor psikologi dari Duke University. Secara umum, jendela waktu ini kita miliki pada dua jam pertama setelah kita bangun tidur. Apa yang disampaikan oleh Dan Ariely ini selaras dengan yang disampaikan oleh ahli dalam bidang willpower Roy Baumeister. Baumeister mengatakan: “Pagi hari adalah saat kita paling disiplin. Semakin lama orang terjaga, semakin banyak masalah pengendalian diri yang terjadi. Banyak hal menjadi buruk di malam hari. Diet rusak saat camilan malam bukan saat sarapan…”

Pertanyaannya, apa yang biasa kita lakukan pada dua jam pertama setelah bangun tidur di pagi hari? Apakah kita gunakan untuk hal-hal sepele atau mengerjakan hal-hal yang berdampak besar dalam hidup kita? Kebanyakan orang, menggunakan dua jam pertama ini untuk kegiatan yang bernilai rendah. Rebahan, leyeh-leyeh, menonton berita pagi, membaca koran atau berita online di internet, berselancar di media sosial dan sebagainya. Ini adalah sebuah bentuk nyata penyia-nyiaan potensi. Dan Ariely menuliskan: “Salah satu kesalahan paling menyedihkan dalam manajemen waktu adalah kecenderungan orang untuk menghabiskan dua jam paling produktif hari mereka untuk hal-hal yang tidak memerlukan kapasitas kognitif tinggi (seperti media sosial). Jika kita bisa menyelamatkan jam-jam berharga itu, sebagian besar kita akan jauh lebih berhasil dalam mencapai apa yang benar-benar kita inginkan.”

Sebaiknya, gunakan dua jam pertama ini untuk menuntaskan tugas-tugas terpenting kita. Mengerjakan hal-hal penting yang berdampak besar bagi kehidupan kita. Melakukan kegiatan yang membantu kita mewujudkan visi kita. Sebagai penulis, saya gunakan dua jam pertama ini salah satunya untuk riset dan menulis. Ini adalah penggunaan terbaik yang akan membantu saya mewujudkan visi saya di masa depan. Inilah pentingnya secara sadar merancang rutinitas pagi kita. Agar dua jam terbaik yang kita miliki tergunakan dengan baik. Agar pagi kita mendukung kita untuk mencapai visi hidup kita, alih-alih melawannya.

Nah, pertanyaannya, akan Anda gunakan untuk apa dua jam terbaik dalam hari Anda ini?

PS. Belajar bareng dengan saya? Ikutan Program 27 Hari Mengubah Hidup yuk. Klik di sini untuk info lengkapnya.

Darmawan Aji Productivity Coach. Penulis 7 buku laris: Kitab Anti Penundaan, Self-Coaching, Mindful Life, Productivity Hack, Life by Design, Hypnoselling, dan Hypnowriting. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *