fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Rutinitas Pagi: Tuntaskan Tugas yang Bermakna & Signifikan di Awal Hari

1 min read

Pekerjaan yang Anda pertama lakukan di pagi hari haruslah sesuatu yang bermakna dan signifikan, pekerjaan yang membutuhkan fokus dan determinasi yang kuat untuk menyelesaikannya. Alasannya sederhana: willpower kita terbatas.

Willpower adalah bahan bakar mental di otak kita yang memungkinkan kita untuk fokus dan mengendalikan diri. Menurut penelitian Roy Baumeister, willpower kita terbatas, ia akan berkurang seiring pemakaian. Bayangkan ia seperti otot yang menjadi lelah setelah digunakan. Semakin lama kita terjaga, semakin berkurang kadar willpower kita. Kadar willpower kita berkurang setiap kali kita mengerjakan sesuatu secara fisik maupun mental (berpikir, menyelesaikan masalah, mengambil keputusan, dsb). Saat willpower berkurang, kendali diri kita melemah – kita menjadi lebih mudah tergoda, tersinggung, dan menyerah. Kita pun mengalami kesulitan untuk fokus dan berpikir secara jernih. Secara umum, hasil kerja dan keputusan yang kita ambil saat willpower lemah lebih buruk daripada saat willpower kita sedang kuat. Ringkasnya, kita membutuhkan kadar willpower yang tinggi untuk menuntaskan sebuah tugas penting.

Kadar willpower tertinggi ada di pagi hari. Ini sebabnya, bila kita perlu menyelesaikan sebuah tugas yang penting, kerjakanlah di pagi hari. Baumeister mengatakan: “Pagi hari adalah saat kita paling disiplin. Semakin lama orang terjaga, semakin banyak masalah pengendalian diri yang terjadi. Banyak hal menjadi buruk di malam hari. Diet rusak saat camilan malam bukan saat sarapan…”

Masuk akallah apa yang disampaikan oleh Mark Twain ratusan tahun lalu: “Makanlah katak hidup saat mengawali pagi, maka tidak ada yang lebih buruk yang akan terjadi pada Anda sepanjang hari.” Katak hidup maksudnya adalah tugas yang paling berat, paling tidak menyenangkan – namun penting untuk dilakukan. Ingat, penting berbeda dengan urgen. Penting itu terkait seberapa bermakna dan seberapa signifikan tugas tersebut, bukan seberapa mendesak. Tugas yang bermakna artinya tugas yang membuat Anda merasa selaras dengan diri dan tujuan Anda. Sementara tugas yang signifikan artinya adalah tugas yang bila dikerjakan akan berdampak dampak besar pada kehidupan atau pencapaian tujuan Anda.

“Makanlah katak hidup saat mengawali pagi, maka tidak ada yang lebih buruk yang akan terjadi pada Anda sepanjang hari.”

Mark Twain

Maka, penting bagi kita mengawali pagi dengan kesadaran penuh tentang apa yang penting, bermakna, dan signifikan dalam hidup kita. Salah satu caranya adalah dengan mengajukan pertanyaan penting di pagi hari. Seperti yang dilakukan Steve Jobs dan Benjamin Franklin. Jobs dalam ceramahnya di Stanford mengatakan:

“Selama 33 tahun terakhir, saya telah melihat ke cermin setiap pagi dan bertanya pada diri sendiri: ‘Jika hari ini adalah hari terakhir dalam hidup saya, apakah saya ingin melakukan apa yang akan saya lakukan hari ini?’ Dan setiap kali jawabannya tidak selama beberapa hari berturut-turut, saya tahu saya perlu mengubah sesuatu.”

Bila Steve Jobs menggunakan pertanyaan tertutup yang jawabannya adalah ya dan tidak, Franklin berbeda. Ia menggunakan pertanyaan terbuka. Setiap pagi ia akan bertanya: “Kebaikan apa yang harus saya lakukan hari ini?”

Saya sendiri suka mengajukan pertanyaan “The One Thing” di pagi hari: “Apa satu hal yang bisa saya lakukan hari ini yang dengan melakukannya maka segala sesuatu menjadi lebih mudah atau bahkan tidak diperlukan?” Pertanyaan ini membantu saya untuk berfokus sehingga tidak tergelincir pada hal yang remeh temeh di pagi hari.

Nah, sekarang, pilih atau buat pertanyaan Anda sendiri. Tanyakan setiap pagi, pastikan pekerjaan yang Anda lakukan saat mengawali pagi adalah pekerjaan yang bermakna dan signifikan bagi Anda.

Belajar dengan saya? Ikutan Program 27 Hari Mengubah Hidup yuk. Klik di sini untuk info detailnya.

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *