fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Perlukah Business Owner Menguasai Training Skill?

1 min read

Kinerja bisnis tergantung dari kinerja timnya. Bila kinerja tim melempem, kinerja bisnis pun sama. Sebagai business owner, boleh saja kita menetapkan target bisnis seambisius mungkin. Namun, jika tim kita tidak bergerak ke arah sana, maka target hanya akan menjadi penghias di rapat-rapat saja.

Pertanyaannya, bagaimana agar tim bergerak dan memiliki kinerja yang diharapkan oleh business owner? Dengan kerangka yang paling sederhana, setidaknya ada tiga prasyarat agar tim berkinerja sesuai yang diharapkan.

Pertama, TAHU. Tim perlu tahu dengan jelas apa kinerja yang diharapkan dari dirinya. Apa target bisnis organisasi dan bagaimana target tersebut terhubung dengan dirinya. Kemudian, apakah kita sebagai owner atau manager sudah memberikan umpan balik yang teratur atas kinerja mereka? Dalam survei Gallup, faktor yang sederhana ini ternyata menjadi faktor utama yang memengaruhi kinerja seorang karyawan.

Kedua, MAU. Tim perlu termotivasi untuk melakukan kinerja yang diharapkan. Di sinilah motivasi intrinsik maupun ekstrinsik berperan. Kita sebagai business owner perlu terampil menyusun sistem yang memotivasi tim baik secara intrinsik maupun ekstrinsik.

Ketiga, MAMPU. Jika tim sudah tahu apa yang diharapkan darinya, juga sudah termotivasi untuk mencapainya, maka faktor terakhir yang memengaruhi kinerja adalah kemampuannya. Sudahkah tim kita memiliki keterampilan untuk melakukan kinerja yang diharapkan? Apakah kita juga sudah menyediakan pelatihan, peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan agar mereka mampu melakukan tugasnya?

Atas semua hal ini lah, pelatihan yang terstruktur menjadi penting. Sebagai business owner/manager kita perlu menguasai keterampilan merancang pelatihan yang terstruktur dan berdampak pada tim kita. Tujuannya agar pelatihan tidak hanya menjadi “ceramah” yang tak berbekas, namun menjadi ikhtiar dalam meningkatkan kinerja mereka.

Sabtu depan insyaallah saya akan mengadakan webinar TRAINING FOR PERFORMANCE secara GRATIS. Webinar ini saya persembahkan khusus bagi business owner, manager dan internal trainer untuk menghadapi situasi WFH seperti saat ini.

Lakukan pendaftaran di tautan berikut ini: https://forms.gle/F4qLmXPWFHHJfit76

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *