fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Mengevaluasi Produktivitas Ramadhan Kita

2 min read

Sudah sepekan kita menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini. Tidak terasa bukan? Kini saatnya kita mengevaluasi apa yang sudah kita jalankan sepekan ke belakang. Tanpa evaluasi berkala, kita tidak akan tahu sudah sampai di mana perjalanan kita.

Siapkan selembar kertas dan sebuah pena untuk melakukan proses ini. Luangkan waktu 15-25 menit untuk melakukannya. Pastikan lingkungan Anda tenang sehingga Anda dapat fokus melakukan proses ini.

Mari kita awali dengan pertanyaan pertama berikut ini:Apa saja yang berjalan dengan baik sepekan ke belakang? Silakan Anda tuliskan segala sesuatu yang berjalan dengan baik sepekan ini. Tuliskan semuanya. Ucapkan hamdalah diiringi rasa syukur pada Allah karena Anda berhasil melakukannya.

Pertanyaan berikutnya: Apa saja yang berjalan kurang baik sepekan ke belakang? Silakan tuliskan hal-hal yang tidak sesuai dengan rencana Anda. Tuliskan hal-hal yang terjadi tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk membantu Anda menjawab dua pertanyaan awal di atas, kita bisa ajukan pertanyaan yang lebih mendetail terkait produktivitas di setiap area.

Produktivitas Spiritual

  • Bagaimana hubungan Anda dengan Allah sepekan ke belakang? Apakah Anda sudah menjalankan berbagai ibadah sepenuh hati bukan hanya sepenuh raga? Apakah Anda menghadirkan Allah dalam berbagai aktivitas Anda?
  • Bagaimana puasa Anda? Apakah Anda sudah berpuasa di level mental-spiritual atau baru di level fisik (menahan lapar dan haus) saja?
  • Bagaimana dengan shalat Anda? Sudahkah Anda menegakkannya? Sudahkah Anda mengusahakan khusyu’ di dalamnya? Istiqamahkah Anda dengan shalat berjama’ah di masjid sepekan ini?
  • Bagaimana dengan tilawah Anda? Apakah sudah sesuai dengan apa yang sudah Anda targetkan?
  • Bagaimana dengan tadabbur Qur’an Anda? Seberapa dalam Anda mengkaji ayat demi ayat dari apa yang Anda baca?
  • Bagaimana dengan tarawih Anda? Apakah Anda istiqamah melakukannya?
  • Bagaimana dengan sedekah Anda? Seberapa ringan tangan dan hati Anda mengeluarkan sedekah untuk mereka yang membutuhkan?

Produktivitas Mental-Intelektual

  • Buku apa yang Anda baca sepekan ke belakang? Seberapa rutin Anda membaca? Berapa banyak?
  • Ilmu apa yang Anda pelajari sepekan ke belakang?
  • Keahlian apa yang Anda latih sepekan ke belakang?

Produktivitas Emosional

  • Sikap apa yang Anda latih sepekan ke belakang?
  • Silaturahim dengan siapa yang Anda lakukan sepekan ke belakang?
  • Relasi dengan siapa yang Anda berusaha perbaiki/tingkatkan sepekan ke belakang?
  • Bagaimana dengan pengendalian diri Anda? Sudahkah Anda mampu mengendalikan nafsu marah dan syahwat Anda?

Produktivitas Fisik

  • Bagaimana pola tidur Anda selama Ramadhan ini? Apakah Anda tidur dengan cukup? Terlalu sedikit? Atau justru terlalu banyak?
  • Bagaimana dengan nutrisi Anda? Apakah Anda sudah berusaha menjaga kebutuhan nutrisi Anda sepanjang Ramadhan ini?
  • Bagaimana dengan olahraga Anda? Masihkah Anda menyempatkan diri untuk berolahraga sepekan ini?

Renungkan pertanyaan berikut ini: Apa saja yang menghambat Anda menjalankan rencana Anda sebelumnya?

Sekarang, mari kita pikirkan jawaban dari pertanyaan berikutnya: Apa yang akan Anda lakukan agar Ramadhan sepekan ke depan lebih baik dari pekan sekarang?

Untuk membantu Anda, Anda bisa menjawab empat pertanyaan ini.

  1. Apa yang akan Anda tingkatkan? Aktivitas apa yang sudah Anda lakukan di pekan ini dan ingin Anda tingkatkan (diperbanyak atau dipersering)?
  2. Apa yang akan Anda tambahkan? Aktivitas apa yang belum Anda lakukan dan ingin Anda mulai lakukan pekan ini?
  3. Apa yang akan Anda kurangi? Aktivitas apa yang banyak/sering Anda lakukan sepekan ke belakang dan ingin Anda kurangi (durasi atau frekuensinya)?
  4. Apa yang akan Anda hilangkan? Aktivitas apa yang pernah Anda lakukan sepekan ke belakang dan ingin Anda hilangkan di pekan ini?

Sekarang, saatnya kita mengajukan pertanyaan terakhir: Bagaimana cara Anda memastikan agar rencana Anda berjalan sesuai rencana meskipun mungkin ada hambatan yang muncul? Bagaimana Anda akan mengatasi hambatan-hambatan yang ada?

Mari luangkan sejenak waktu untuk mengevaluasi Ramadhan kita, lalu membuat rencana perbaikan untuk mengembalikan Ramadhan kita ke jalur yang seharusnya.

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.