fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Mengenali Pola Sukses Kita

1 min read

clear light bulb

Membaca buku, ikut seminar, kelas, atau pelatihan adalah tentang mengenali pola suksesnya orang lain. Mereka, para trainer, motivator dan penulis buku menuliskan pengetahuan dan pengalaman mereka agar kita dapat mengambil hikmahnya. Namun, apakah pola yang sukses pada orang lain pasti akan berlaku sama pada diri kita? Jawabnya belum tentu.

Setiap orang memiliki situasi, latar belakang, dan sumber daya yang berbeda-beda. Pendek kata, modal setiap orang berbeda. Meniru “plek” pola suksesnya orang lain, mungkin berguna. Namun, pada satu titik kita tetap perlu mengadaptasinya sesuai dengan kondisi kita masing-masing.

Saya jadi teringat dengan kisah Pak Sera yang belajar Cimande ke Abah Khaer. Pak Sera seperti murid lainnya, belajar jurus yang sama dari Abah Khaer. Namun, Pak Sera tidak bisa menggunakan secara sempurna jurus-jurus yang diajarkan. Mengapa? Karena beliau cacat, kakinya pincang. Setiap kali ia bertanding dengan rekannya menggunakan jurus yang sama, ia kewalahan. Maka ia pun memodifikasi jurus Cimandenya. Ia menyesuaikan gerakannya untuk tubuhnya yang cacat. Hasilnya, ia dapat mengantisipasi gerakan-gerakan Cimande dari kawannya. Jurus hasil adaptasi dari Pak Sera ini kemudian dikenal sebagai Ulin Sera. Nama Ulin Sera memang tidak setenar Cimande. Namun, di dunia persilatan Ulin Sera dikenal sebagai antitesis dari Cimande.

Apa hikmah dari kisah ini? Saat kita mempelajari sebuah konsep dari buku, seminar, atau kelas kita perlu mengadaptasinya agar lebih berguna bagi diri kita. Tentu saja, kita tidak bisa serta merta mengadaptasinya. Kita perlu terapkan apa adanya terlebih dahulu, baru nanti di satu titik kita mengadaptasinya. Saya sering menganalogikan konsep yang saya pelajari dari buku dan kelas itu sebagai hipotesis. Hipotesis ini perlu dibuktikan melalui eksperimentasi. Maka, yang saya lakukan adalah melakukan eksperimentasi terhadap hipotesis ini. Hasilnya bisa menguatkan hipotesis yang ada, atau bisa juga justru mengubah hipotesisnya.

Hikmah lainnya adalah, selain kita perlu mengenal pola sukses orang lain, kita pun perlu mengenali pola sukses kita. Apa yang membuat kita berhasil melewati segala tantangan di masa lalu? Apa yang membuat kita mampu untuk mengatasi segala masalah yang pernah kita alami? Apa yang membuat kita bisa mencapai tujuan-tujuan kita sebelumnya? Mengenali pola sukses kita memudahkan kita untuk menduplikasi, mengulangi, dan memperbesar skala kesuksesannya di masa depan.

Inilah sebabnya di kelas MENDESAIN HIDUP, bahasan awal yang akan dibahas adalah tentang mengenali pola sukses kita. Sehingga kita tahu dengan jelas apa saja yang membuat kita berhasil sampai ke titik dimana kita berdiri saat ini.


Info detail terkait kelas Mendesain Hidup dapat dilihat di: https://ruangtraining.com/kelas-mendesain-hidup/

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *