fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Bagaimana Jutawan Elon Musk Mengatur Waktu

1 min read

Elon Musk, seorang pebisnis sukses, CEO Tesla dan SpaceX. Ia bermimpi untuk tinggal di planet Mars. Saat ini ia juga sedang merintis tiga perusahaan baru (Neuralink, OpenAI, The Boring Co). Bagaimana cara dia mengatur waktu?

Sumber ilustrasi: ecwid.com
Waktu Kerja

Rata-rata Elon Musk bekerja 80-90 jam per minggu. Minimal ia bekerja 12 jam per hari (bandingkan dengan rata-rata warga Amerika yang hanya bekerja 6 jam per hari). Pembagian waktunya dalam seminggu kurang lebih sebagai berikut:

  • SpaceX 42 jam per minggu.
  • Tesla 40 jam per minggu
  • Neuralink 5 jam per minggu
  • OpenAI 2 jam per minggu
  • The Boring Co. 2 jam per minggu

Musk membagi jadwal harian untuk fokus pada salah satu perusahaannya:

  • Senin bekerja di SpaceX
  • Selasa dan Rabu di Tesla
  • Kamis dan Jumat pagi did SpaceX
  • Jumat siang kembali ke Tesla
  • Akhir pekan waktu keluarga

Selain it, Musk juga menerapkan tiga hal ini:

Pertama, Ia fokus pada kekuatan. Sebagian besar kerjanya di rekayasa & desain. Ia fokus di sini, dan urusan bisnis lainnya diserahkan kepada rekannya.

Kedua, blok waktu. Elon Musk memecah jadwalnya dalam slot waktu 5 menit. Makan siang, misalnya membutuhkan satu slot waktu (5 menit). Memecah waktu ke dalam slot-slot yang kecil seperti ini memungkinkan Musk memaksimalkan waktu kerjanya.

Ketiga, menghindari distraksi. Ia sering mengabaikan dering telepon. Lebih suka berkomunikasi via email. “Saya menyukai email. Ketika memungkinkan, saya mencoba untuk berkomunikasi secara asynchronous (tanpa tatap muka atau waktu yang sama). Saya sangat hebat dalam urusan email.”

Waktu Tidur

Meskipun bekerja keras lebih dari 12 jam per hari, Elon Musk tidak melupakan waktu tidur. Ia memastikan untuk tidur 6-6.5 jam per hari. Ia selalu tidur dan bangun di jam yang sama. Rata-rata, ia tidur jam 1 malam dan bangun di jam 7 pagi. Kata Musk, “Tidur itu penting. Ketika saya kurang tidur, saya jadi cepat marah… banyak hal juga yang tidak tuntas karena ketajaman mental saya terpengaruh”

Waktu Hiburan

Hiburan utama Musk adalah membaca buku dan bermain video game. Kadangkala Musk menghabiskan 10 jam per hari untuk membaca buku. Hiburan lainnya: mendengarkan musik di mobil, menonton film, jalan-jalan dengan anak, bertemu teman, twitter-an dll.

Waktu Keluarga

Elon Musk memiliki 5 anak. Dia mengaku sebagai ayah yang hebat. Ia meluangkan waktu dengan kelima anak setidaknya 4 jam per minggu. Sementara dengan istrinya, ia meluangkan waktu sekitar 10 jam per minggu.

Pentingnya Terus Menerus Memperbaiki Diri

“Focus on signal over noise. Don’t waste time on stuff that doesn’t actually make things better”

Elon Musk mengaku Ia tidak menggunakan teknik manajemen waktu secara khusus. Ia lebih menyukai kerja secara mengalir (nge-flow). Namun ia meluangkan waktu untuk belajar bagaimana bekerja secara lebih efektif secara terus menerus, ia tetap bekerja, dan belajar sambil menjalani prosesnya. Feedback loop (lingkaran umpan balik) itu penting kata Musk.

 “Saya pikir sangat penting untuk memiliki lingkaran umpan balik, di mana Anda terus-menerus memikirkan apa yang telah Anda lakukan dan bagaimana Anda dapat melakukannya dengan lebih baik lagi. Saya pikir itu adalah satu-satunya saran terbaik: terus berpikir tentang bagaimana Anda bisa melakukan hal-hal dengan lebih baik dan mempertanyakan diri Anda sendiri.”

 

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.