fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Atur Waktu, Wujudkan Impian

1 min read

Untuk mewujudkan sebuah impian, kita perlu menginvestasikan waktu, tenaga, dan pikiran kita. Kita perlu memastikan bahwa aktivitas harian kita memang mengarah ke sana. Sangatlah mustahil sebuah impian diwujudkan bila kita tidak pernah meluangkan waktu untuk melakukan tindakan yang diperlukannya.

Modal waktu kita sama, 24 jam, yang membedakan adalah cara kita menggunakannya. Orang-orang yang berhasil mewujudkan impiannya meluangkan 1-2 jam bahkan beberapa 3-4 jam melakukan aktivitas harian terkait dengan impiannya. Mereka yang ingin menghasilkan buku, meluangkan waktu untuk menulis. Mereka yang ingin sukses bisnisnya, meluangkan waktu untuk melakukan membangun database konsumen. Mereka yang ingin lulus kuliah, meluangkan waktu untuk belajar. Mereka memiliki prioritas tentang apa yang perlu dilakukan dalam 24 jam ini. Sebaliknya, mereka yang “gagal” mewujudkan impiannya tidak meluangkan waktu khusus untuk proses perwujudannya. Mereka lebih suka menghabiskan 1-2 jam untuk berselancar di sosial media daripada untuk melakukan proses perwujudan impiannya.

Laura Vanderkam dalam salah satu bukunya menyarankan langkah-langkah berikut untuk mengatur waktu – agar impian terwujud. Berikut langkah-langkahnya yang sudah sedikit saya modifikasi.

Langkah pertama, catat waktu Anda. Kita tidak akan bisa mengatur waktu jika tidak tahu waktu kita habis untuk melakukan apa. Untuk dua pekan ke depan, luangkan waktu untuk mencatat, untuk apa saja waktu kita digunakan.

Langkah kedua, analisis waktu Anda. Berdasarkan catatan yang Anda buat, lakukan analisis. Kelompokkan aktivitas Anda. Berapa jam Anda bekerja? Berapa jam Anda tidur? Berapa jam Anda menonton TV/iflix/Youtube (dan yang semacamnya)? Berapa jam Anda berselancar di sosial media? Berapa jam Anda bercengkerama dengan anak-anak atau pasangan? Buat kategori dari aktivitas Anda. Tanyakan ke diri sendiri: apa yang sudah bagus? Apa yang perlu diubah?

Langkah ketiga, ambil keputusan. Ambil keputusan untuk memperbaiki penggunaan waktu Anda. Bersikap realistislah. Dari catatan dan analisis waktu Anda, Anda akan tahu, bahwa Anda tidak melakukan hal-hal penting untuk mewujudkan impian Anda bukan karena Anda tidak punya waktu. Namun karena Anda tidak menganggapnya penting, Anda tidak memprioritaskannya! Jadi, ambil keputusan untuk memperbaiki penggunaan waktu Anda sekarang juga.

Langkah keempat, bermimpi besar. Susun 100 impian terbesar Anda. Pilih tiga sasaran utama yang ingin Anda capai. Tetapkan batas waktu yang realistis untuk setiap sasaran yang ingin Anda capai.

Langkah kelima, uraikan. Uraikan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mencapainya. Lalu, ambil langkah pertama. Bagaimana jika Anda tidak tahu apa yang perlu dilakukan? Maka, langkah pertama Anda adalah melakukan riset – cari tahu tentang apa yang perlu dilakukan untuk mencapainya. Googling, baca buku, tanya teman, temukan orang yang sudah mencapai apa yang Anda inginkan – wawancarai.

Langkah keenam, rencanakan untuk menyusun rencana. Luangkan waktu untuk melakukan perencanaan dan evaluai pekanan. Ini akan mempertahankan momentum Anda dengan baik.

Langkah ketujuh, bertanggungjawablah. Bentuk sistem untuk mempertahankan akuntabilitas Anda. Cari orang (partner atau coach), gunakan aplikasi, umumkan ke publik – apapun yang perlu Anda lakukan untuk memastikan Anda bertanggungjawab terhadap apa yang sudah Anda rencanakan.

Sekarang, ambil secarik kertas dan mulailah langkah pertama!

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.