fbpx

Ide Aplikasi Materi 27 HMH untuk Ramadhan yang Lebih Baik

2 min read

27 HMH untuk Ramadhan yang lebih baik

Setiap akhir Ramadhan kita sering “dihujani” dengan nasehat dan doa, semoga Ramadhan yang kita lalui penuh berkah, dan membawa perubahan baik. Tapi sayangnya, semangat ini biasanya tak bertahan lama. Setelah Ramadhan berlalu beberapa minggu, kita pun kembali kepada rutinitas dan kebiasaan beribadah yang seperti sebelum Ramadhan.

Karena itu, mulai tahun ini, mari kita ubah hal tersebut. Mari jadikan Ramadhan tahun ini lebih bermakna, dengan menjadikannya sebagai bulan latihan untuk membangun kebiasaan spiritualitas baruPerubahan .

Menggunakan materi 27 HMH untuk membangun dan mempertahankan kebiasaan baik selama Ramadhan

Teman-teman yang sudah belajar di kelas 27 Hari Mengubah Hidup, bisa lho, menggunakan materi dalam kelas tersebut untuk membangun kebiasaan spritualitas yang permanen.

Kita dapat menjadikan bulan Ramadhan tahun ini sebagai ajang latihan membangun konsistensi dan kebiasaan spiritualitas.

Seperti yang telah teman-teman ketahui, prinsip perubahan dalam kelas 27 HMH menggunakan prinsip dari Gregory Bateson yang terdiri dari tiga level perubahan; yaitu change, learn, and grow.

Perubahan level 1. Change

Pada tahap ini kita perlu memetakan perubahan yang diinginkan. Bandingkan kondisi teman-teman saat ini dengan kondisi yang ingin diharapkan seusai Ramadhan

Misalkan perilaku seperti apa yang ingin teman-teman ubah, level spiritualitas seperti apa yang ingin teman-teman peroleh?

Gunakan materi CHANGE yang teman-teman peroleh di hari 4-9 untuk mendapatkan gambaran perubahan yang tepat.

Kebiasaan spiritualitas apa saja yang sudah teman-teman bangun selama ini, mana yang perlu ditingkatkan atau diubah. Agar lebih mudah, gunakan saja form “Memetakan Posisi” yang sudah dibagikan pada hari ke-4.

Ikuti dengan memetakan kondisi yang diinginkan untuk menetapkan prioritas perubahan (materi hari kelima)

Beberapa ide di bawah ini mungkin membantu:

  • Sholat tepat waktu
  • Rutin sholat rawatib
  • Membaca Al Matsurat pagi dan petang
  • Bersiwak dan mengenakan pakaian rapi setiap kali melakukan sholat
  • Meluangkan waktu membaca dan mentadaburi Al Qur’an 1 jam setiap hari
  • Mengubah sifat buruk yang mudah berprasangka atau iri pada orang lain.

Teman-teman tentu telah paham, jika perubahan perlu dilakukan dengan bertahap dan fokus. Materi hari ke-6 dan ke-7 akan sangat membantu teman-teman menentukan prioritas perubahan mana yang akan dibuat.

Perubahan tahap II. Learn

Sekedar mengingatkan, pada tahap kedua ini kita mulai belajar bagaimana perubahan tersebut akan kita lakukan.

Perubahan tahap II ini dimulai dari mengenali kemampuan, kemudian membuat struktur kebiasaan, tracking dari kegiatan yang dilakukan, sekaligus menganalisa hambatan yang mungkin muncul.

Misalkan jika teman-teman menetapkan hendak membiasakan diri untuk sholat tepat waktu. Kemampuan management waktu, shifting task, tentu akan sangat membantu teman-teman mewujudkan kebiasaan baru ini.

Sementara untuk struktur kebiasaan teman-teman mungkin dapat menetapkan seperti berikut ini

  • Pemicu: Mendengar alarm peringatan menghentikan kegiatas 10 menit sebelum Adzan
  • Rutinitas: Bersiap untuk jeda kegiatan/ pekerjaan untuk melakukan sholat
  • Imbalan: Merasa bahagia dan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan ibadah sunah

Jangan lupa siapkan tracker untuk melacak rutinitas baru ini.

Perubahan level III. Grow

Di hari ke-20 kelas 27 Hari Mengubah Hidup, teman-teman telah belajar jika perubahan kadang sulit dilakukan, meski semua metode telah dicoba.

Setiap perubahan memang membutuhkan identitas atau konsep diri yang baru.

Karena itu, jangan lupa menentukan konsep diri seperti apa yang ingin teman-teman ciptakan (tentu konsep diri yang terkait dengan spiritualitas, ya).

Penentuan dan latihan membentuk konsep diri yang baru tentu lebih mudah teman-teman lakukan saat ini. Bukankah kemarin telah berlatih di dalam kelas bagaimana membentuk konsep diri yang mendukung tercapainya tujuan bukan?

Sedikit saran, akan lebih baik jika perencanaan dan mapping kebiasaan baru ini teman-teman lakukan sedari sekarang. Tujuannya, ketika Ramadhan tiba nanti, teman-teman telah siap melatih diri membantuk kebiasaan spiritualitas baru.

Semoga ide aplikasi materi kelas 27 HMH di atas membantu teman-teman untuk mempersiapkan Ramadhan dengan lebih baik.

Bagi teman-teman yang penasaran dengan kelas 27 Hari Mengubah Hidup, monggo klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan informasi lengkap dan gambaran kelasnya.

BACA INFO LENGKAP

PS. Yuk, jadikan ramadhan sekarang sebagai momen perubahan hidup kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *