fbpx

Susah Fokus, Alasan dan Bagaimana Mengatasinya

3 min read

sulit fokus dan solusinya

Banyak orang bilang, fokus adalah ketrampilan yang langka di jaman ini. Jaman dimana informasi seolah ada di ujung jari. Berbeda dengan jaman dulu, ketika informasi hanya bisa diperoleh dan didapatkan oleh mereka yang memiliki akses khusus saja.

Semua berubah ketika era internet dan smartphone datang. Kini semua orang dapat mengakses informasi apapun yang diinginkan. Namun, ini juga menjadi bencana, karena kita seolah dituntut untuk terus memperhatikan dan memproses aneka informasi yang berbeda.

Susah fokus, penyebab dan solusinya

Wajar jika ada premis yang bilang, “fokus” termasuk kemampuan yang mahal. Pertanyaannya, mengapa kita susah fokus pada pekerjaan yang sedang kita kerjakan?

Fokus bukanlah sesuatu yang bisa dilihat, atau dirasakan. Tidak heran jika kita sering merasa sudah menghabiskan waktu bekerja seharian, tapi tidak ada satupun deadline yang terpenuhi.

Banyak dari kita yang memiliki kesulitan untuk mengukur penggunaan waktu kita dengan tepat. Notifikasi, reminders, pesan yang masuk, mudah sekali mengalihkan fokus kita. Sedihnya, kita butuh waktu 23 menit untuk kembali fokus pada pekerjaan yang ada di depan kita.

Pada dasarnya, sebagian besar dari kita tidak pernah benar-benar ada dalam kondisi fokus. Sebaliknya, kita hanya berpindah dari satu tugas ke tugas berikutnya.

Jadi penting bagi kita, tahu apa penyebab kita gagal fokus dan bagaimana mengatasi si Pengganggu produktivitas ini

Penyebab susah fokus #1. Smartphone

Benda kesayangan kita ini, memang sumber semua informasi. Dalam perangkat kecil ini pula, kita bisa menyimpan semua tools produktivitas. Sayangnya, smartphone juga bisa menjadi penyebab utama kesulitan fokus. kita

Dari smartphone kita bisa mendengarkan podcast self development, tapi dari kotak kecil ini pula, kita punya 100 alasan untuk main game, scrolling di media sosial, atau sekedar membalas pesan yang masuk.

Solusi:

  1. Gunakan smartphone sebagai salah satu sarana bekerja. Artinya installah aplikasi yang memang teman-teman butuhkan untuk bekerja.
  2. Matikan semua notifikasi, atau tekan tombol “jangan ganggu” selama waktu yang teman-teman butuhkan untuk fokus.

Penyebab susah fokus #2. Kurang motivasi

Motivasi biasanya dikaitkan dengan ingin/ tidak ingin melakukan sesuatu. Kadang disebut juga sebagai “The Why” dari setiap action yang kita lakukan.

Kabar tidak enaknya, mempertahankan motivasi selama 7 hari 24 jam adalah hal yang mustahil. Kondisi fisik, kejadian yang terjadi di luar kendali kita, sangat mempengaruhi motivasi dalam diri kita.

Solusi:

  1. Tetap lakukan to-do yang telah teman-teman jadwalkan, meski hanya dalam waktu sebentar. Keberhasilan menyelesaikan, baik kecil atau pun besar akan membantu teman-teman memperbaiki mood dan lebih termotivasi menyelesaikan tugas.
  2. Terkadang kita juga perlu sedikit “memaksa” fokus kita. Jika otak kita hanya kita latih untuk melakukan apa yang nyaman, akan sangat sulit bagi kita membiasakan diri dengan “discomfort zone“. Bagaimanapun, belajar menjadi tangguh dan mampu menyelesaikan pekerjaan apapun kondisinya, akan sangat membantu kita “tetap termotivasi, meski kita merasa tidak sedang termotivasi”. 😄
  3. Bayangkan hasilnya. Coba ingat seperti apa perasaan teman-teman saat selesai berolahraga, meski awalnya tidak ingin melakukannya? Bahagia bukan? Nah, lakukan hal yang sama pada pekerjaan yang sedang teman-teman hadapi sekarang .

Penyebab susah fokus #3. Multitasking

Kita sering berpikir, jika melakukan dua pekerjaan dalam waktu bersamaan akan membuat pekerjaan lebih cepat selesai. Apalagi ketika pekerjaan di depan mata terasa sulit untuk dikerjakan. Godaan untuk berpindah pekerjaan atau melakukan pekerjaan yang lebih mudah sering kali tidak dapat dielakkan.

Tidak masalah jika pekerjaan yang sulit, tenggat waktunya masih lama. Atau memang “jatah waktu” mengerjakan pekerjaan tersebut sudah habis. Namun berpindah pekerjaan untuk tugas yang harus selesai, hanya meninggalkan dua pekerjaan yang selesai separuh.

Akan lebih baik mengerjakan lebih sedikit namun, pekerjaan tersebut selesai dengan sempurna.

Solusi: Tahan godaan untuk multitasking. Prioritas pekerjaan tetap yang utama, sulit atau tidak. Lebih baik, berisitrahat sejenak dan keluar dari ruang bekerja untuk mendapatkan penyegaran.

Penyebab susah fokus #4. Kurang tidur

Kita masih sering menganggap tidur bukan merupakan bagian dari aktivitas produktif.

Padahal yang terjadi sebaliknya; menjaga kecukupan kebutuhan tidur termasuk aktivitas penting dalam produktivitas. Ketidakseimbangan kimiawi, stres, cemas, termasuk sulit fokus, sering disebabkan oleh kurangnya waktu dan kualitas tidur.

Kurang tidur bisa menyebabkan otak kita lelah, meningkatkan kemungkinan eror, dan membuat pekerjaan selesai lebih lama.

Solusi: Jadikan waktu dan kualitas tidur sebagai bagian dari aktivitas produktif teman-teman. Atur waktu dan prioritas sebaik mungkin agar dapat memenuhi kebutuhan tidur.

Jika memang harus lembur karena pekerjaan, usahakan menggantinya dengan tidur di waktu siang hari.

Penyebab susah fokus #5. Screen time

Kita memang hidup di jaman informasi, hampir setiap detik kita membuka layar gadget, baik untuk belajar, bekerja, hingga bersosialisasi. Kebanyakan dari kita menghabiskan waktu 8-9 jam sehari di depan layar handphone, komputer, termasuk TV.

Terlalu lama menatap layar gadget dan TV bisa menyebabkan terganggunya kesehatan, computer vision syndrome misalnya. Gejala yang populer biasanya berupa mata kering, terasa tegang, penglihatan kabur, dan sakit kepala.

Solusi: Gunakan strategi 20-20-20, artinya setiap menatap layar 20 menit, cobalah melihat kejauhan (ada yang menyarankan pepohonan) sejauh 20 meter, selama 20 detik.

Penyebab susah fokus #6. Media sosial

Media sosial sering disebut sebagai “Time and Energy Vampires“, media yang mudah sekali menyedot energi dan waktu kita. Dan tanpa bukti ilmiah pun, kita paham akibat buruk dari media sosial.

Tapi bagaimana jika pekerjaan menuntut kita terlibat lebih banyak di media sosial?

Solusi: Seperti poin nomer satu, gunakan media sosial dengan profesional. Jika perlu, tuliskan apa saja yang ingin teman-teman kerjakan saat membuka platform media sosial tertentu. Dan ketika daftar tersebut terpenuhi, segera tutup media sosial yang teman-teman gunakan.

Tidak ada salahnya juga menggunakan timer atau alarm sebagai pengingat, jika waktu teman-teman untuk menggunakan media sosial sudah habis.

Penyebab susah fokus #7. Terlalu banyak ide

Tidak ada yang salah dengan punya banyak ide. Yang menjadi masalah adalah, ketika ide baru tersebut mengganggu pekerjaan yang sedang teman-teman lakukan.

Solusi: Buat “Bucket Ideas“. Letakkan selembar ketas di dekat meja kerja, gunakan beberapa detik untuk menuliskan ide, dan segera kembali ke pekerjaan semula.

Jangan lupa, lakukan review setiap akhir minggu untuk menentukan apakah ide baru tersebut pantas dieksekusi atau tidak.

Bottom line:

Setiap pilihan kita setiap hari, menentukan bagaimana hasil yang akan kita peroleh di masa depan.

Jika menginginkan hasil yang baik , penting untuk mulai melatih fokus pada hal yang penting untuk teman-teman.

Temukan cara terbaik untuk melatih fokus dan membuat keputusan yang tepat dalam kelas “27 Hari Mengubah Hidup“.

Dalam kelas ini, teman-teman akan belajar bagaimana menentukan tujuan jangka panjang, dan kemudian memecahnya mejadi tujuan jangkan pendek.

Teman-teman juga akan belajar, bagaimana menguatkan willpower dan self efficacy agar lebih mudah fokus pada tujuan yang telah teman-teman pilih.

Semoga 8 tips di atas membantu teman-teman mengatasi susah fokus, dan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik. Sampai jumpa di kelas “27 HMH”, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *