fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Tanya Jawab seputar NLP

1 min read

Apa itu NLP? Bagaimana NLP dapat membantu dalam kehidupan kita? Berikut adalah kutipan hasil wawancara dengan DR. William Horton, Ph.D – beliau adalah founder dari National Federation of NLP (NFNLP) yang berpusat di Florida, USA. NFNLP adalah salah satu lembaga resmi yang berhak mengeluarkan sertifikasi praktisi NLP di dunia.

Sumber: http://www.flickr.com/photos/cblue98/
Sumber: http://www.flickr.com/photos/cblue98/

T: Apa itu NLP?

J: NLP adalah model yang unik tentang bagaimana manusia belajar, memotivasi dirinya, dan mengubah perilakunya untuk mencapai keunggulan dalam berbagai bidang.

T: Darimana istilah NLP berasal?

J: Istilah Neuro-Linguistic Programming dikenalkan oleh  Alfred Korzybski. NLP adalah integrasi dari beberapa disiplin seperti neurologi, psikologi, linguistik, sibernetik, dan teori sistem. Kata-kata penyusun istilah Neuro-linguistic Programming mendeskripsikan hal ini dengan baik. NEURO karena semua pengalaman kita, sadar maupun tidak, berasal melalui dan dari indera kita dan sistem syaraf kita. LINGUISTIC karena proses mental kita dikodifikasi, diorganisassi, dimaknai melalui bahasa. PROGRAMMING karena manusia berinteraksi sebagai senuah sistem dimana pengalaman dan komunikasi disusun dari serangkaian urutasn pola atau “program.”

Di NFNLP, saat ini kita menggunakan istilah PSYCHOLOGY dibandingkan Programming. Kami melakukannya karena kata Psikologi berasal dari kata “psyche” yang berarti “jiwa” dan “ology”, “studi dari sistem (pengetahuan).”

 T: Apa yang bisa dilakukan oleh NLP?

J: NLP membuat Anda mampu memodel atau menduplikasi keunggulan (ekselensi) manusia dalam berbagai bentuknya. Dengan NLP, Anda dapat mengidentifikasi apa yang membuat seseorang menjadi sangat ahli dalam sebuah keterampilan, dan mendapatkan keterampilan itu untuk diri Anda sendiri atau mengajarkannya pada orang lain. NLP dapat membantu Anda untuk melakukan apapun yang penting buat Anda, entah itu berarti bersikap lebih baik pada keluarga Anda dan anak buah Anda atau menjadi lebih efektif pada pekerjaan Anda.

T: Dimanakah NLP bisa bermanfaat?

J:NLP bernilai dimanapun saat keterampilan komunikasi manusia dapat meningkatkan hasil – dalam konsultasi bisnis, manajemen, negosiasi, pendidikan, konseling, terapi, hubungan, parenting, keperawatan, public speaking, performa olahraga, dan bidang-bidang lainnya.

T: Hasil seperti apa yang bisa saya dapatkan dengan NLP?

J: NLP membuat terapis bisa mengubah dampak kejadian masa lalu pada seorang klien, guru mengubah pengeja yang buruk menjadi pengeja yang baik, pengusaha membangun kepercayaan secara non-verbal dan menyelenggarakan rapat secara efektif, atlet bisa meningkatkan konsentrasinya, dan banyak lagi.

T: Apakah NLP adalah sebuah metode terapi?

J: Meskipun NLP bisa digunakan sebagai metode terapi, aplikasinya jauh lebih luas. Bahkan, ketiga digunakan sebagai terapi, pada dasarnya adalah proses mengajari seseorang bagaimana menggunakan otaknya. Sebagian besar terapi bersifat mengkoreksi; maka arahnya adalah memecahkan masalah di masa lalu. NLP bergerak lebih lanjut dengan mempelajari kehebatan dan mengajarkan keterampilan yang mempromosikan perubahan positif yang memunculkan kemungkinan dan peluang baru.

 

Sumber; NFNLP Manual, diterjemahkan oleh @darmawanaji (salah satu trainer resmi NFNLP di Indonesia)

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.