fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Renungan Akhir Tahun

1 min read

Akhir tahun, momen yang tepat untuk merenung sejenak. Mari sejenak berhenti dari rutinitas. Mari sedikit mengambil jarak dengan diri kita, agar kita dapat melihat kehidupan kita dengan perspektif yang lebih luas. Lalu, mari kita jawab pertanyaan berikut ini satu demi satu… dan tuliskan jawabannya di buku catatan Anda.

Apa yang Anda syukuri tahun ini? Momen-momen apa saja yang akan Anda jadikan abadi? Peristiwa apa saja yang akan Anda kenang? Hal-hal apa saja yang Anda syukuri kehadirannya? Dalam hidup selalu ada hal yang dapat Anda syukuri bukan?

Apa saja pencapaian yang berhasil Anda raih tahun ini? Apa saja yang berjalan dengan baik? Apa rencana-rencana yang berhasil Anda wujudkan? Tuliskan. Jangan pedulikan besar kecilnya, tuliskan dulu saja. Mungkin bisnis Anda meningkat, atau Anda meraih gelar tertentu, atau Anda berhasil membaca sekian banyak buku. Tuliskan pencapaian yang sudah Anda capai tahun ini.

Apa tantangan terbesar Anda tahun ini? Apa yang menjadi “batu sandungan” Anda di tahun ini? Bagaimana Anda berhasil melewatinya? Apa masalah terbesar Anda tahun ini? Tantangan sebenarnya bukanlah “batu sandungan,” ia adalah “papan loncat” yang akan melontarkan Anda ke level yang lebih tinggi.

Apa saja pembelajaran yang Anda dapatkan tahun ini? Apa yang berjalan kurang baik tahun ini? Apa “kegagalan” yang Anda alami? Ingat, tidak ada kegagalan, hanya ada pembelajaran. Ketika Anda gagal mencapai sesuatu, itu adalah umpan balik bagi Anda. Apa pembelajaran yang Anda dapatkan dari sana?

Pikirkan orang-orang di sekitar Anda. Adakah hak-hak mereka yang belum Anda tunaikan? Dan hak apakah itu? Pikirkan pasangan Anda, anak-anak Anda, orangtua Anda, keluarga Anda, tetangga Anda, teman Anda, tim atau karyawan Anda, rekan kerja Anda, atasan atau suplier Anda. Adakah hak-hak mereka yang belum Anda tunaikan?

Setelah Anda menuliskan semua jawaban dari pertanyaan di atas, jika menggunakan skor 1-10, dimana 1 berarti sangat tidak puas dan 10 artinya sangat puas, seberapa puas kah Anda dengan kehidupan Anda setahun ke belakang?

Sekarang, apa komitmen Anda untuk tahun depan? Apa yang akan Anda ubah? Apa yang akan Anda perbaiki? Apa yang akan Anda kurangi atau hilangkan? Apa yang akan Anda tingkatkan? Apa yang akan Anda fokuskan?

Terakhir, bagaimana cara Anda untuk memastikan semua komitmen Anda di tahun depan akan dijalankan? Bagaimana cara Anda memonitornya? Bagaimana cara Anda mengingatkan diri Anda?

“Akhir bukanlah akhir, akhir adalah awal dari sesuatu yang baru”

PS. Mau kirim ucapan tahun baru dengan desain yang cantik untuk temanmu? Klik link berikut ini https://www.canva.com/id_id/kutipan/ucapan-selamat-tahun-baru/

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.