fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Perhatikan Waktumu Kawan

1 min read

“A man who dares to waste one hour of time has not discovered the value of life.”~Charles Darwin

Kau tentu percaya kawan, kita semua diberi waktu yang sama, 24 jam setiap harinya, 168 jam setiap minggunya, 720 jam setiap bulannya, 8.640 jam setiap tahunnya. Ini bukan waktu yang sedikit kawan.

Pertanyaannya, apa saja yang sudah kau hasilkan dengan waktu sebanyak ini? Kau gunakan untuk apa saja puluhan, ratusan, dan ribuan jam yang kau punya? Manfaat apa saja yang sudah kau ciptakan dalam waktu sebanyak ini?

perhatikan-waktumu-kawan

Kawan, jika kita sibuk dengan hal-hal kecil, maka tidak akan ada waktu untuk mengerjakan hal-hal besar. Jika sebuah toples sudah penuh dengan pasir, kita tidak akan bisa mengisinya dengan batu-batu besar. Kecuali kau masukkan dulu batu besarnya, barulah pasir itu bisa masuk di sela-sela batu besar yang kau masukkan. Pertanyaannya, apa yang kau masukkan lebih dulu? Batu besar dulu atau pasir dulu?
Kau berkata, mau menulis buku. Tapi tak ada satu jam pun dari puluhan jam waktumu yang kau gunakan untuk menulis.

Kau berkata, mau jadi penjual hebat. Tapi tak ada satu jam dari ratusan jam waktumu untuk memikirkan dan mengeksekusi strateginya.

Kau berkata, mau memulai bisnis. Tapi tak ada satu jam pun dari ribuan jam waktumu untuk mulai belajar merintis bisnis.

Kau berkata mau jadi pembicara hebat. Tapi tak ada satu jam pun dari puluhan ribu jam waktumu yang kau gunakan untuk mengasah kemampuannmu.

Jadi sebenarnya apa maumu?

Sementara berjam-jam kau habiskan di depan Facebook, BBM, Line, WhatsApp, dan Telegram, dan kau berkata kau tak punya waktu?

Jika apa yang kau pikirkan, inginkan dan katakan memang penting, mengapa tak ada waktu untuk melakukannya? Jangan-jangan itu memang tidak penting bagimu. Teringat sahabatku berkata, jika sebuah hal benar-benar penting, maka pasti akan kau melakukannya. Kau tidak melakukannya, karena kau tak menganggapnya benar-benar penting. Apakah benar begitu kawan?

Butuh ratusan bahkan ribuan jam untuk mewujudkan impianmu. Dan jika kau tidak meluangkan setidaknya satu jam sehari, bagaimana hal itu akan terwujud? Perhatikan waktumu. Waktu itu laksana pedang, jika kau tak mampu menggunakannya, ia akan memotongmu.

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *