fbpx

Pengertian Produktivitas Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

3 min read

Kemampuan

Pengertian Produktivitas – Setiap orang pasti ingin produktif dalam memanfaatkan waktu. Karena pada dasarnya waktu itu merupakan sesuatu yang sangat penting yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Dengan demikian maka manajemen waktu harus dilakukan dengan baik. Produktivitas waktu yang dimiliki merupakan hal yang harus dijaga, supaya bisa meningkatkan kualitas hidup.

Pengertian Produktivitas

Pengertian produktivitas adalah ukuran yang ditentukan untuk mengetahui seberapa baik kualitas sumber daya yang dimiliki, serta dimanfaatkan guna mendapatkan hasil yang optimal. Biasanya istilah produktivitas ini digunakan dalam hal Produksi Industri atau diberlakukan pada para pegawai dan karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan. Hal ini digunakan untuk membandingkan input dan output dari sumber daya yang ada. Dalam kegiatan sehari-hari produktivitas ini harus diperhatikan dengan baik.

Pengertian Produktivitas Dalam Beberapa Hal

Meski pada dasarnya istilah produktivitas ini sering digunakan dalam aktivitas pekerjaan dan juga kegiatan produksi, tetapi hal ini juga sangat berkaitan dengan aktivitas sehari-hari.

Produktivitas bisa diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki untuk bisa menghasilkan suatu daya dalam berproduksi. Pengertian produktivitas menurut Sinungan yaitu merupakan relasi antara hasil fisik maupun hasil nyata yang berupa barang atau jasa, dengan mendapatkan masukan yang sesungguhnya.

Sementara menurut Brown dan Ghiselli, produktivitas itu jika dilihat dari dua segi ada output dan hilangnya waktu. Jika dilihat dari output maka produktivitas ini memiliki dua aspek yakni kualitas dan jumlah, sementara jika dipandang dari segi hilangnya waktu maka produktivitas ini sebagai alat untuk mengukur produktivitas kerja.

Dalam hal peningkatkan kualitas diri, pengertian produktivitas memiliki maksud yang berbeda. Produktivitas bisa diartikan sebagai sikap mental yang mempunyai semangat tinggi dengan tujuan melakukan sebuah perubahan atas sesuatu, sehingga bisa mempengaruhi pandangan.

Yang dimaksud pandangan dalam hal ini yakni mengenai peningkatan kualitas diri yang mana hari ini tentu harus jauh lebih baik dibandingkan hari kemarin. Begitupun dengan hari esok yang harus jauh lebih baik dibandingkan hari ini.

Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan produktivitas seseorang. Dengan demikian maka setiap orang bisa mendapatkan apa yang diharapkan sesuai dengan kemampuan sumber daya orang tersebut.

Jika ingin kehidupan lebih produktif tentu tidak terjadi begitu saja sesuai dengan angan-angan. Perlu diketahui bahwa untuk memperoleh sesuatu, maka harus mengorbankan sesuatu. Apabila ingin hidup lebih produktif maka perlu membiasakan hal-hal yang sekiranya tidak biasa menjadi biasa.

Namun hal ini harus bersifat positif sehingga bisa meningkatkan kualitas diri. Dan perlu diketahui bahwa membentuk pola kebiasaan itu tidak membutuhkan waktu yang singkat. Untuk itu yang perlu dilakukan adalah dengan terus melakukan hal-hal positif dan tidak pernah bosan untuk tetap melakukannya. Bahkan banyak orang yang harus memaksakan diri sehingga bisa membentuk pola kebiasaan yang baik.

Faktor-Faktor Penentu Pengertian Produktivitas

Pada dasarnya apabila ingin memiliki waktu yang produktif maka ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhi produktivitas kerja dan waktu seseorang. Berikut ini yang merupakan beberapa faktor yang dijadikan sebagai penentu produktivitas seseorang.

– Pengetahuan

PengetahuanPengetahuan ini merupakan hasil dari rasa keingintahuan yang didapatkan dari proses pendidikan. Sementara proses pendidikan itu bisa didapatkan secara formal ataupun non formal dimana hal ini bisa memberi masukan bagi setiap orang ketika berusaha memecahkan masalah dalam menyelesaikan pekerjaan.

Pengetahuan yang dimiliki oleh setiap orang tentu sangat berbeda-beda. Semakin tinggi pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang, maka semakin tinggi pula produktivitas kerja dan waktunya.

– Kemampuan

KemampuanKemampuan ini bisa dibentuk melalui kompetensi yang ada, serta bisa sebagai pendukung keterampilan dan juga pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang. Pada dasarnya kemampuan seseorang bisa didapatkan secara alamiah dan juga bisa karena keinginan dari orang tersebut.

Contohnya apabila seseorang memiliki kemampuan dalam hal membuat kendaraan, maka dengan demikian mereka berarti mempunyai pengetahuan dalam hal pembuatan mobil. meskipun sebenarnya kemampuan ini terjadi secara alami, akan tetapi tetap bisa diusahakan.

– Keterampilan

KeterampilanSetiap orang pasti memiliki keterampilan di bidang masing-masing yang dikuasainya. Hal ini sangat berkaitan erat dengan kemampuan yang dimiliki. Perlu diketahui bahwa keterampilan itu lebih bersifat teknis dalam penyelesaian pekerjaan.

Meskipun pada dasarnya kemampuan dan keterampilan itu sama, akan tetapi keterampilan ini bisa didapatkan dengan mencoba berbagai hal yang berkaitan dengan inovasi sehingga akan lebih terasah dengan baik.

Hal ini tentu membuat produktivitas semakin meningkat pula. Karena dari inovasi Itulah orang-orang bisa mendapatkan skill atau keterampilan dengan sangat efektif.

– Kebiasaan

KebiasaanKebiasaan merupakan sesuatu yang sudah terpola dan selalu rutin dilakukan oleh seseorang, sehingga mempunyai nilai positif yang dikandungnya. Kebiasaan ini merupakan salah satu hal yang bisa digunakan untuk menilai produktivitas seseorang.

Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda dimana ada nilai positif tersendiri di dalam segala sesuatu yang dilakukannya. Perlu diketahui bahwa produktivitas seseorang itu akan muncul ketika mempunyai kebiasaan yang digunakan untuk melakukan perbaikan diri serta lingkungan. Hal tersebut perlu dilakukan secara terus menerus dengan berharap menjadi lebih baik.

Untuk menjalani hidup yang produktif tentu tidak serta merta bisa berjalan dengan lancar. Ada berbagai hambatan dan rintangan yang menghadang sehingga harus selalu antisipasi atas segala sesuatu yang mungkin terjadi. Adapun beberapa hambatan yang sering terjadi adalah sebagai berikut.

Pertama yakni mengalami stress. Stres merupakan kondisi dimana pikiran dalam keadaan tertekan karena ada berbagai hal yang dipikirkan dan tidak cepat terselesaikan. Meskipun pada dasarnya penyebab stres ini sangatlah, gimana penyebab antara satu orang dengan orang yang lainnya bisa berbeda-beda. Bahkan stres ini bisa berujung pada putus asa sehingga tidak ada lagi semangat untuk menjalani hal-hal yang positif.

Hambatan lainnya yang cukup serius yakni terjadi penumpukan pekerjaan atau aktivitas. Biasanya apabila aktivitas sangat padat tetapi kesempatan untuk mengucapkan atau tidak begitu besar, maka hal ini menjadi hambatan yang sangat besar.

Meskipun pekerjaan bisa meningkatkan produktivitas, akan tetapi jika terlalu banyak dan berlebihan, maka bisa jadi terbengkalai dan berdampak buruk. Dengan demikian maka usahakan agar pekerjaannya dimiliki tidak begitu berlebihan. Dengan demikian maka bisa mengerjakan hal tersebut dengan optimal. Karena sebenarnya pekerjaan yang banyak tidak menjamin peningkatan produktivitas seseorang.

Hitunglah beberapa hal terkait pengertian produktivitas Kerja dan lain sebagainya. Produktivitas ini bisa dilatih sedikit demi sedikit sehingga bisa memberikan manfaat untuk setiap orang. Dengan meningkatnya produktivitas maka akan membantu dalam meningkatkan kesejahteraan bagi setiap orang.

Selain itu juga bisa memperoleh peluang yang besar untuk berkarir. Perlu diketahui bahwasanya orang-orang yang memiliki produktivitas baik tentu akan mempunyai nilai jual yang tinggi untuk berkarir. Jika produktivitas semakin meningkat maka melakukan segala hal akan terasa ringan karena bisa mengaturnya dengan baik.

Setelah mengetahui Pengertian Produktivitas, dengan demikian maka apabila mendapatkan tugas atau pekerjaan sebaiknya langsung diselesaikan. Jalan hari ini berarti harus mengutamakan tanggung jawab di atas segalanya. Jangan lupa pula untuk membuat list atau daftar agenda sehingga aktivitas yang dilakukan lebih tertata.