fbpx

Strategi Peningkatan Produktivitas Diri Yang Patut Anda Coba

1 min read

Asah Bakat Diri

Strategi Peningkatan Produktivitas – Pernahkah anda merasa memiliki banyak waktu luang tetapi bingung hendak melakukan apa untuk mengisinya?

Memiliki waktu luang sesungguhnya adalah keistimewaan yang tidak dimiliki banyak orang. Bayangkan mereka yang harus membanting tulang sejak pagi hingga malam hari. Mereka tidak lagi punya kesempatan untuk mengasah potensi diri atau melakukan hal produktif lainnya.

Maka dari itu, untuk anda yang masih memilki banyak waktu luang, sudah saatnya anda mencoba menyusun strategi peningkatan produktivitas diri.

Menyusun Strategi Peningkatan Produktivitas Diri

Berikut adalah hal hal yang bisa coba anda lakukan dalam rangka meningkatkan produktivitas diri:

  1. Susun Goal Jangka Pendek

target jangka pendekBuatlah target jangka pendek yang akan membuat anda terpacu untuk memanfaatkan waktu luang sebaik-baiknya. Misalnya target mendaptkan penghasilan tambahan per bulan dengan nominal tertentu.

Setelah menentukan target jangka pendek, lanjutkan dengan menyiapkan step demi step untuk mencapainya. Jika ingin penghasilan tambahan misalnya, anda bisa mencoba untuk mencari kerja sampingan. Jika tidak memungkinkan, cobalah mencari kegiatan berbasis online yang bersifat fleksibel dan bisa anda kerjakan dimanapun. Contohnya adalah membuka online shop atau menjadi penulis lepas.

  1. Asah Bakat Diri

Asah Bakat DiriPerlu dipahami bahwa kata produktif tidak melulu berkaitan dengan materi. Menambah pengetahuan atau mengasah keterampilan juga dapat dikategorikan sebagai kegiatan produktif. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mengisi waktu luang anda dengan melakukan salah satu dari 2 opsi tersebut.

Ketika sedang memiliki waktu luang, cobalah untuk membaca buku atau sumber pengetahuan lain yang lebih bermanfaat. Hindari menghabiskan waktu terlalu lama melihat hal hal yang kurang penting di media sosial.

Ada baiknya jika anda juga nemiliki hobi yang ditekuni secara serius. Selain membuat waktu luang anda terisi dengan hal positif, bukan tidak mungkin jika suatu saat hobi tersebut berubah jadi sumber penghasilan tersendiri bagi anda.

  1. Bekerjalah dengan Efektif dan Efisien

Bekerja cepat dengan hasil yang tepat akan meningkatkan produktifitasJika memilki pekerjaan, maka lakukanlah pekerjaan tersebut dengan cara efektif dan efisien. Bekerja cepat dengan hasil yang tepat akan meningkatkan produktifitas anda. Hindari kebiasaan menunda-nunda pekerjaan.

  1. Motivasi Diri Sendiri

Motivasi Diri SendiriMeskii tampak sebagai hal yang sepele, nyatanya ketiadaan motivasi dapat menghambat kita dalam upaya menjadi pribadi yang produktif. Motivasi terbaik selalu datang dari sendiri, karena anda selalu bisa mendapatkannya dengan segera kapanpun anda membutuhkannya.

Cara memotivasi dari sendiri antata lain adalah dengan selalu percaya pada kemampuan diri. Selain itu teruslah berpikir positif bahwa apapun yang sedang anda kerjakan akan membuahkan sesuatu yang baik.

  1. Hindari Distraksi

Ada banyak distraksi atau hambatan yang dapat membuat kita menjadi tidak produktif. Misalnya terlalu banyak bermain gadget atau berkumpul bersama teman tanpa tujuan yang jelas. Kedua hal ini memang tidak ada salahnya, hanya saja jika dilakukan berlebihan akan membuat kita menjadi tidak produktivitas kerja.

Guna mengatasinya anda bisa mengatur waktu untuk bermain gadget. Batasi durasi berselancar di dunia maya atau bermain games. Hindari juga berada terlalu lama di lingkungan orang-orang yang tidak supportif terhadap upaya anda menjalankan strategi peningkatan produktivitas.

Dengan menjalankan strategi di atas, perlahan tapi pasti anda akan berubah menjadi pribadi yang lebih produktif. Satu hal yang penting adalah konsistensi. Cobalah juga untuk menularkan semangat produktvitas ke orang orang di sekitar anda. Akan lebih mudah menjadi pribadi yang produktif dengan strategi peningkatan produktivitas di tengah lingkungan yang sama sama produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *