fbpx

Pengelolaan Waktu Secara Produktif Berikut Tujuannya

2 min read

Pengelolaan Waktu Secara Produktif

Berbicara mengenai pengelolaan waktu secara produktif, tanpa kita sadari waktu yang berjalan saat ini sangatlah cepat. Namun, apakah kita sudah memanfaatkan waktu yang kita gunakan dengan baik? Pengelolaan waktu secara produktivitas juga membutuhkan analisis dan perencanaan yang matang dari diri kita.

Nah, untuk mengetahui, memahami, serta menerapkan prinsip pengelolaan waktu kita harus mengetahui cara untuk memanfaatkan waktu dan masalah yang kita hadapi dalam memanfaatkan waktu tersebut. Dengan kita memahami hal tersebut, maka kita dapat menerapkan cara meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu sehingga waktu yang kita miliki akan menjadi lebih produktif.

Waktu menjadi salah satu sumber daya untuk kerja, dimana saat kita mengerjakan suatu pekerjaan yang dapat diselesaikan satu jam dengan kita memanajemen waktu diupayakan pekerjaan tersebut selesai kurang dari satu jam. Sehingga sisa waktu yang tersedia dapat kita manfaatkan untuk kepentingan yang lain.

Sebagai seorang pekerja, setiap harinya kita pasti akan berhadapan dengan tugas atau pekerjaan yang diberikan oleh atasan. Lalu bagaimana cara kita untuk dapat memanfaatkan fungsi pengelolaan waktu secara produktif?

Fungsi Pengelolaan Waktu Secara Produktif

Pengelolaan Waktu Secara ProduktifYang pertama kita harus tetap merencanakan, maksudnya yaitu setiap hari saat bangun tidur kita harus memiliki sebuah rencana akan melakukan apa saja untuk hari ini. Bagi kita sebagai seorang pekerja, jika terdapat pekerjaan kemarin yang mungkin masih belum selesai maka kita harus mengutamakan pekerjaan yang belum selesai agar tidak menghambat pekerjaan yang lain.

Setelah itu kita selesaikan pekerjaan yang baru. Namun, alangkah baiknya jika pekerjaan yang diberikan pada hari itu kita juga harus dapat menyelesaikannya tepat pada hari itu juga. Karena pekerjaan yang tertunda pasti akan menambah beban pikiran kita.

Yang kedua yaitu tetap mengorganisasikan, selain kita harus memiliki rencana harian kita juga rencana untuk menyelesaikan pekerjaan namun kita justru malas-malasan dan tidak dapat mengorganisasikan waktu yang ada.

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja KaryawanYang ketiga adalah kita tetap menggerakan orang-orang disekitar kita untuk dapat terbawa pemikiran yang positif untuk diri kita masing-masing. Meskipun kita harus dapat berkonsentrasi dalam menyelesaikan tugas yang diberikan namun tidak ada salahnya kita menjadi sumber positif untuk rekan-rekan di kantor untuk tetap bergerak dengan cepat agar waktu yang kita miliki tidak terbuang sia-sia.

Yang keempat yaitu tetap melakukan pengawasan, pengawasan yang kita lakukan disini berarti kita harus selalu memantau setiap pekerjaan baru yang masuk. Karena jika kita ingin mengelola waktu secara produktif kita akan mencari pekerjaan yang lebih mudah terlebih dahulu untuk dikerjakan baru pekerjaan yang dirasa sulit.

Pengelolaan waktu secara produktif sebenarnya ada pada diri kita bagaimana kita dapat membuat waktu yang kita miliki menjadi menyenangkan meskipun pekerjaan banyak yang menumpuk.

Dalam memanfaatkan pengelolaan waktu secara produktif pasti terdapat tujuan bukan? Tentu saja, lalu apa saja tujuan dari kita dapat mengelola waktu sebaik mungkin. Berikut ini terdapat beberapa tujuan pengelolaan waktu secara produktif.

  1. Dapat membantu kita untuk bekerja lebih efektif dengan skala prioritas. Seperti yang udah dijelaskan di atas bahwa kita harus mampu memprioritaskan pekerjaan manakah yang lebih mudah dan lebih penting untuk kita kerjakan, sehingga waktu yang kita miliki tidak terbuang sia-sia.
  2. Menjauhkan kita dari stress dan dapat mengontrol setiap tugas dengan baik. Apabila kita dapat mengelola waktu dengan baik maka jika terdapat pekerjaan yang serumit apapun pasti akan teratasi, karena kita masih memiliki waktu yang banyak sehingga kita tidak perlu stress.
  3. Menghindari perasaan bersalah karena semua telah dijadwalkan. Kita harus siap kapan pun atasan kita akan mengadakan rapat, bukan berarti saat kita rapat waktu akan terbuang sia-sia dan menjadikan kita menjadi tidak dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu ya.
  4. Mengurangi kecenderungan untuk menunda pekerjaan. Tentu saja menunda pekerjaan adalah hal yang menyianyiakan waktu yang ada, karena akan percuma jika kita bekerja dengan tidak memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Baca juga : Produktivitas Kerja Anda Rendah? Ini Cara Mengatasinya

Itulah beberapa tujuan dalam pengelolaan waktu secara produktif pengelolaan waktu secara produktif, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan ya.