fbpx

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan Yang Rendah

2 min read

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara mengatasi masalah produktivitas kerja yang rendah, nah sekarang yang akan kita bahas adalah cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Jika Anda adalah seorang karyawan yang bekerja dalam sebuah perusahaan baik itu besar maupun kecil, terkadang merasa bingung kan untuk mencari cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan agar Anda terlihat sebagai orang yang berkualitas. Baiklah, sekarang kami akan berbagi cara yang tentunya dapat Anda lakukan, simak baik-baik ulasan berikut ini.

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Produktivitas KerjaSeorang karyawan adalah salah satu sumber daya yang sangat penting bagi perusahaan dalam mencapai tujuan yang lebih baik. Tentunya akan berbeda dengan sumber-sumber daya yang lainnya ya.

Karena karyawan adalah sumber daya yang sangat spesifik yang memiliki perilaku dan juga perasaan, serta akal dan tujuan pribadi maka pengelolaan sumber daya manusia atau karyawan ini menjadi suatu hal yang sangat penting dalam menjalankan operasional untuk perusahaannya.

Sudah sangat banyak teori-teori tentang motivasi yang kita ketahui. Sekarang saatnya kita praktekkan secara langsung teori tentang motivasi di tempat kita bekerja. Hal ini sangat penting untuk Anda yang berperan sebagai seorang pemimpin di suatu departemen baik itu perusahaan kecil maupun besar.

  • Jangan berhemat dalam memberikan mesin dan peralatan kerja.
    Berikanlah karyawan mesin atau peralatan kerja yang tepat sesuai dengan bidang pekerjaannya. Tujuannya adalah agar karyawan kita dapat dengan mudah dan cepat mengerjakan tugas yang diberikan oleh Anda.
  • Berikanlah pelatihan yang cukup pada karyawan.
    Karyawan baru pasti masih bingung untuk menyelesaikan pekerjaan yang ia peroleh, tanpa bimbingan tentu pekerjaan akan tidak selesai-selesai.
    Oleh karena itu sebaiknya Anda memberikan pelatihan atau training yang akan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan karyawan kita dalam bekerja. Dengan pengetahuan yang ia miliki akan membuat karyawan dapat melakukan pekerjaan secara profesional dan semangat dalam melakukan pekerjaannya.
  • Anda perlu meyakinkan kepada karyawan bahwa mereka mampu melakukan pekerjaan dengan baik.

    Jika karyawan kita merasa kesulitan dalam pekerjaan maka Anda dapat memberikan dorongan kepada mereka untuk mereka dapat mencari solusi sendiri terlebih dahulu.Namun, jika benar-benar karyawan memerlukan bantuan maka Anda dapat memberikan bantuan kepada mereka dalam menyelesaikan masalah. Dan berikanlah mereka tantangan serta ruang gerak yang lebih besar dalam bekerja.

  • Tentukan tujuan dan target yang jelas pada karyawan.
    Maksudnya adalah Anda perlu memberitahukan kepada karyawan apa saja yang Anda inginkan dari mereka. Dengan seperti itu, maka kepuasan kerja yang dilakukan karyawan akan timbul pada saat tujuan maupun target yang diberikan dapat tercapai.
  • Anda yakinkan kepada karyawan bahwa Anda selalu mendukung mereka dalam melakukan pekerjaan.

    Terkadang ada karyawan yang merasa minder atau bahkan tidak merasa bahwa atasannya mendukung apa mereka kerjakan, maka meyakinkan mereka bahwa mereka tidak bekerja sendirian, dan Anda akan selalu ada di belakang mereka, serta siap dalam memerikan arahan yang tepat kepada mereka itu juga hal yang penting yang harus karyawan Anda ketahui.

  • Dengarkan karyawan
    Menjadi atasan lantas bukan menjadikan kita tidak memikirkan pendapat yang dikeluarkan karyawan, oleh karena itu Anda perlu melakukan pertemuan singkat minimal setiap seminggu sekali, dengan karyawan untuk bertukar pikiran Anda dengan karyawan.

    Dengan demikian Anda dapat mengetahui apa yang mereka pikirkan serta apa yang mereka harapkan dari perusahaan Anda. Dan mungkin Anda juga bisa mendapatkan ide-ide baru yang luar biasa dari pertemuan singkat tersebut.

  • Berikan pujian untuk karyawan
    Memberikan pujian kepada karyawan memang terlihat sangat mudah, namun ada beberapa atasan yang gengsi untuk hanya sekedar memuji karyawan dengan keberhasilan yang telah ia lakukan dalam pekerjaan.

    Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja KaryawanJadilah atasan yang menyenangkan, hanya sekedar pujian melalui kata-kata atau memberikan tepuk tangan akan membuat karyawan merasa dihargai oleh Anda sebagai atasan.

Itukah tadi Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan yang bisa Anda coba, semoga bermanfaat dan bisa menjadi karyawan yang lebih produktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *