fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Mengenal Self-Coaching

1 min read

Dalam dunia yang penuh dengan tantangan kompleks, coaching menjadi pilihan bagi para profesional untuk mengembangkan dirinya. Tak heran, bila mereka kemudian menyewa personal coach (apapun namanya: life coach, business coach, executive coach) untuk mengaktualisasikan potensi dirinya. Survey membuktikan bahwa menyewa seorang coach adalah pilihan yang tepat. Dalam sebuah survey, ICF (International Coaching Federation) merilis data sebagai berikut:

  • 99% puas dengan pengalaman selama coaching.
  • 96% bersedia melakukan coaching lagi.
  • 70% mengaku coaching membantu peningkatan kinerja.

Artinya apa? Coaching benar-benar nyata manfaatnya bila dilakukan oleh coach yang kompeten.

Sayangnya, tidak semua orang mampu menyewa seorang coach. Bagi sebagian orang, menyewa seorang coach dianggap mahal. Untuk itulah keterampilan Self-Coaching menjadi bermanfaat.

Tentu saja, self-coaching tidak menggantikan sesi coaching dengan seorang profesional coach. Ini hanya sebuah alternatif bagi mereka yang belum mampu menyewa seorang coach bagi dirinya sendiri.

Apa yang dimaksud dengan Self-Coaching? Saya mendefinisikan Self-Coaching sebagai aktivitas mandiri yang memungkinkan seseorang untuk bergerak menuju tujuan yang ia inginkan dan menemukan solusi atas tantangan yang ia hadapi. Intinya Self-Coaching adalah tentang mengcoaching diri sendiri untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Self-coaching diawali dengan premis: tidak ada orang yang tahu lebih dalam tentang diri kita kecuali diri kita sendiri. Setiap kita adalah ahli dalam kehidupan dan pekerjaan kita. Setiap kita pada dasarnya kreatif dan berdaya untuk menyelesaikan tantangan apapun yang kita hadapi. Setiap kita pada dasarnya memiliki potensi untuk menjalani kehidupan yang lebih produktif dan bermakna.

Dengan teknik dan alat bantu yang tepat, kita akan mampu mengeluarkan sumberdaya internal yang kita miliki. Kita akan mampu menemukan solusi atas permasalahan kita sendiri. Maka, belajar Self-Coaching pada dasarnya sama dengan belajar mengelola pikiran dan perilaku kita sendiri. Ini adalah keterampilan berharga yang perlu dimiliki oleh setiap orang yang ingin hidup melampaui prestasinya sendiri.

Insyaallah saya akan ajarkan secara persis langkah-langkah melakukan Self-Coaching. Ada dua kelas yang saya tawarkan:

  • Kelas Online via WA tanggal 10-12 Desember 2019. Ini cocok bagi yang ingin berkenalan dengan metode Self-Coaching. Hubungi WA 0816995281 untuk info lebih lanjut (bocoran: ada harga spesial untuk yang berlangganan email dari saya).
  • Kelas offline di Hotel Sensa Bandung tanggal 27-29 Desember 2019. Ini cocok bagi Anda yang ingin langsung belajar metode Self-Coaching secara komprehensif. Hubungi WA 081224078322 untuk informasi detailnya.

Sampai jumpa di kelas!

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

2 Replies to “Mengenal Self-Coaching”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *