fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Kriteria Pekerjaan Hebat untuk Karier yang Hebat

1 min read

“When You are Young, Work for Learn, not for Earn” ~Robert T. Kiyosaki

Tulisan ini saya dedikasikan kepada teman-teman yang masih dalam pencarian. Bimbang akan pilihan kariernya. Bingung dengan fokus yang akan dipilihnya.

Memiliki karier yang hebat adalah dambaan setiap orang. Anda menyukai pekerjaannya, bekerja dengan mereka yang Anda sukai dan mendapat bayaran yang setimpal. Sangat menarik bukan? Saya tidak akan berdebat apakah Anda harus bekerja untuk orang lain, bekerja untuk diri sendiri atau membuka bisnis sendiri. Setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing. Jangan mudah terpengaruh apa kata orang. Manapun jalan yang kita pilih, jalannya sama-sama panjang. Anda perlu 10-20 tahun untuk luar biasa sukses di setiap jalan.

Kriteria Pekerjaan Hebat untuk Karier yang Hebat

Jangan tergiur dengan mereka yang sukses muda. Mereka hanyalah pencilan dari statistik pada umumnya. Anda boleh menjadikan mereka model, namun Anda pun perlu realistis memperkirakan berapa banyak waktu yang diperlukan untuk mencapai sukses di bidang tersebut. Jika Anda ingin sukses lebih muda daripada rata-rata, Anda perlu memulai lebih dini.

Secara umum, orang-orang mencapai puncak suksesnya di pertengahan umur. Secara rata-rata di 40 tahun. Perhatikan statistik berikut[1]:

darmawan-aji-karier-hebat

Statistik ini selaras dengan riset Anders Ericsson terkait expert-level performance. Diperlukan 10.000 jam latihan terencana untuk mencapai performance di level ahli. Maka, karier yang hebat berbanding lurus dengan keahlian kita. Inilah sebabnya, kita perlu bijak memutuskan pekerjaan seperti apa yang perlu kita ambil agar nanti kita dapat mengumpulkan modal karier untuk menjalani karier yang hebat.

Oke, jadi apa saja kriteria pekerjaan yang hebat? Setidaknya ada empat kriteria.

  • Pertama, pekerjaan yang memberi kesempatan kepada Anda untuk mengembangkan keahlian yang relevan, langka dan berharga. Bukan sekadar pekerjaan yang bersifat rutinitas. Pekerjaan yang bisa digantikan oleh mesin atau robot kapan saja.
  • Kedua, pekerjaan yang memberi kesempatan Anda untuk berpikir, berkreasi, dan berkarya. Sehingga Anda berkesempatan menciptakan sesuatu yang baru. Entah berupa produk, jasa, program atau apapun.
  • Ketiga, pekerjaan yang memberi kesempatan kepada Anda untuk bertemu dengan orang-orang yang relevan dengan keahlian Anda. Bisa berupa jejaring mereka yang terkait dengan bidang Anda, atau para High-Performer di bidang Anda. Dengan demikian, Anda berkesempatan melakukan melakukan benchmarking, modeling dan belajar banyak hal dari mereka.
  • Keempat, pekerjaan yang memberi kesempatan Anda untuk menciptakan dampak positif pada orang lain. Sehingga Anda menyadari, bahwa Anda dibayar karena memberi nilai pada orang lain. Bahwa uang hanyalah manifestasi dari nilai yang Anda miliki. Bahwa pekerjaan Anda punya makna bagi orang di sekeliling Anda.

Kesimpulan

Maka, secara umum pilihlah pekerjaan yang memungkinkan Anda untuk mengumpulkan modal karier yang relevan dengan karier yang ingin Anda jalani. Seperti kata Cal Newport, modal karier paling utama adalah keahlian yang langka dan berharga. Kuasai atau ciptakan sesuatu yang langka dan berharga. Maka orang akan mencari Anda. Ini adalah hukum dasar ekonomi: persediaan dan permintaan. Saat permintaan besar sementara persediaan sedikit maka harga akan menjadi mahal. Jadilah seseorang yang begitu hebatnya sehingga Anda terlalu berharga untuk diabaikan.

“The best investment you can make is an investment in yourself. The more you learn, the more you’ll earn.” ~Warren Buffet

Disclaimer: tulisan ini hanya merupakan pendapat saya. Anggap sebagai sebuah hipotesis yang perlu diuji. Jangan jadikan tulisan saya ini sebagai satu-satunya referensi. Pelajari referensi lain juga dan ambillah keputusan Anda dengan bijak.
[1] Ref: https://80000hours.org/career-guide/career-capital/
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.