fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Kemana Energi, Waktu dan Fokusmu Kau Arahkan?

56 sec read

Energi, waktu dan fokus kita terbatas. Selama ini, kita arahkan kemana? Selama ini, dihabiskan untuk apakah ketiganya?

Energi, waktu dan fokus kita terbatas. Jika kita menghabiskan energi kita untuk mengerjakan hal-hal yang tidak bermanfaat, maka tidak ada energi yang tersisa untuk mengerjakan hal-hal yang bermanfaat. Jika kita menghabiskan waktu kita untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, maka kita tidak akan punya waktu untuk hal-hal yang bermanfaat. Jika kita terlalu banyak memfokuskan perhatian kita pada hal yang tidak bermanfaat, maka kita tidak akan bisa memberikan fokus yang memadai untuk hal-hal yang bermanfaat.

Energi, waktu dan fokus kita terbatas. Sangatlah sia-sia bila kita tidak memanfaatkannya sebaik-baiknya. Sangatlah sia-sia bila kita menyalurkannya untuk hal-hal yang tidak berguna.

Pilihan dalam hidup sangat jelas. Menghabiskan energi untuk scrolling dan mengomentari semua status yang kita ikuti di sosial media atau membaca satu bab buku? Menghabiskan waktu untuk menggunjing tetangga atau mengikuti kajian ilmu? Memfokuskan perhatian untuk hal-hal yang ada di luar kendali kita: sikap tetangga, kekecewaan di masa lalu, kekhawatiran di masa depan; atau memfokuskan perhatian untuk berkreasi – menciptakan karya yang bermanfaat bagi sesama? Pilihannya jelas.

Jika kita masih punya energi untuk hal-hal yang tidak produktif, itu karena kita kurang banyak melakukan hal-hal yang produktif. Jika kita disibukkan dengan hal-hal negatif, itu karena kita kurang disibukkan dengan hal-hal positif. Jika kita masih punya waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, itu karena kita kurang banyak melakukan hal-hal yang bermanfaat. Sesederhana itu.

Pertanyaannya, apakah kita menyadari bagaimana energi, waktu dan fokus kita digunakan? Atau kita tak peduli dengan penggunaannya sehingga saat energi, waktu dan fokus kita menuju hal yang sia-sia kita pun tak menyadarinya?

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *