fbpx

Ide Membangun Kebiasaan Baik, dari Keseharian Nabi Muhammad

2 min read

ide kebiasaan baik untuk lebih produktif dari Nabi Muhammad SAW

Sebagai muslim, kita senantiasa mengaku sebagai pengikut Nabi Muhammad SAW. Kita juga berikrar akan mentaati dan mengikuti semua sunah yang telah Beliau ajarkan.

Namun sayang, sepertinya kita masih sangat sedikit mengikuti kebiasaan Beliau, sehingga kita belum dapat hidup seproduktif Nabi, atau malah hidup dalam versi terbaik hidup kita.

Kebiasaan Nabi Muhammad untuk hidup yang produktif dan lebih bermakna

Dalam buku “100 Tokoh Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah”, Michael H. Hart menulis, jika pilihannya menjadikan Nabi Muhammad SAW pada daftar teratas tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah, bisa jadi akan dipertanyakan oleh banyak orang, termasuk para pembaca bukunya.

Nabi Muhammad memang satu-satunya manusia yang sangat sukses baik untuk urusan dunia, maupun spiritualitasnya.

Namun, hanya Nabi Muhammad juga satu-satunya tokoh, yang setiap menit kehidupan Beliau dicatat dengan detil dan diikuti oleh jutaan orang saat ini.

Dan dari catatan ini kita semua dapat belajar, bagaimana kebiasaan Beliau agar hidup lebih produktif dan lebih bermakna.

Kebiasaan produktif Nabi Muhammad

Kebiasaan kita sehari-hari akan sangat berpengaruh besar pada hidup kita. Dan salah satu hal paling menantang bagi kita adalah memilih kebiasaan mana yang harus kita miliki, agar keinginan kita untuk memiliki hidup yang bermakna tercapai.

Jika kita cermati, kehidupan sehari-hari Nabi Muhammad telah mengajarkan bagaimana seharusnya kita memilih kebiasaan yang baik untuk kita.

Berikut ini daftar kebiasaan Nabi Muhammad di pagi, siang, dan sore hari yang dapat kita jadikan acuan untuk beraktivitas.

Kebiasaan nabi Muhammad di pagi hari

#1. Bangun dini hari.
Hampir sebagian tokoh yang sukses punya satu rahasia yang sama, mereka bangun lebih pagi. Nabi pun juga selalu bangun sebelum subuh, untuk melakukan sholat malam dan dzikir.

Teman-teman tentu sering mendengar hadis siapa saja yang bangun lebih pagi akan mendapatkan lebih banyak berkah dan kebaikan, bukan?

#2. Mindful dan hadir utuh pada kegiatan usai bangun tidur.

Usai bangun tidur, Nabi akan segera membersihkan mulut dengan siwak, juga mandi. Kemudian berdzikir dan duduk tenang menunggu adzan subuh dikumandangkan.

Coba bandingkan dengan kita yang begitu bangun langsung meraih handphone; kira-kira bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi fokus dan mindset kita

Kegiatan utama Nabi di pagi hari adalah melakukan ibadah sholat dan berdoa. Dan kemudian tetap fokus pada apa yang menjadi tujuan hidup Beliau.

#3. Menghabiskan waktu bersama keluarga

Sambil menanti waktu jika jamaah sudah bersiap sholat berjamaah, Nabi sering menggunakan waktu tersebut untuk berbincang bersama keluarga.

#4. Tidak ribut untuk urusan makanan

Jika sepulang dari masjid Beliau mendapati makanan, maka Beliau akan makan. Namun jika tidak, Beliau akan berpuasa.

Coba bandingkan dengan kita, yang harus ada kopi, atau makanan ini tiu untuk sarapan pagi. Dan bahkan dengan bangga berkata, jika kita tidak dapat menjalani hari tanpa pernak-pernik sarapan tersebut.

Dari kebiasaan Nabi di pagi hari ini, kita dapat belajar, jika Nabi mengisi waktu pagi dengan kegiatan yang bermanfaat untuk spiritual. Tidak langsung sibuk dengan urusan dunia.

Kebiasaan nabi Muhammad di siang hari

Kebiasaan Nabi disiang hari, bisa jadi telah kita lihat dan alami. Dan mungkin sedikit sulit untuk meniru dalam keseharian kita. Meskipun begitu, cobalah untuk mempertimbangkan beberapa kebiasaan ini, agar kita dapat mengambil ibrahnya.

#1. Memiliki “jam dan waktu kerja” yang jelas.

Usai dari masjid dan menghabiskan waktu pagi bersama keluarga, Nabi akan kembali ke masjid untuk menunaikan sholat dhuha. Usai sholat, para Sahabat biasanya akan berkumpul untuk menerima ajaran, atau mengajukan pertanyaan.

Inilah kebiasaan Nabi saat menjelang siang. Umat tahu kemana mencari Beliau untuk berkonsultasi atau mengajukan pertanyaan.

Hikmah yang dapat kita ambil, jika saat ini teman-teman adalah seorang leader, berikan jam dan tempat yang pasti agar tim dapat lebih mudah menghubungi.

#2. Tidur siang.

Sebagai tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah, Nabi Muhammad selalu meluangkan waktu untuk tidur siang. Jadi apa salahnya jika kita juga mengikuti Beliau?

Beristirahat sejenak memberi kesempatan pada tubuh untuk men-charge kembali tenaga. Sehingga kita tetap dapat beribadah dan produktif hingga akhir hari.

#3. Tidak pernah meninggalkan sholat dan berdoa

Nabi Muhammad tidak pernah berhenti berdoa, bahkan jika kita amati maka setiap saat Beliau selalu dalam keadaan berdoa.

#4. Menjadikan waktu di rumah adalah waktu berkualitas untuk keluarga

Nabi adalah contoh terbaik sebagai pemimpin umat ataupun keluarga. Setiap Beliau di rumah, Beliau pun akan sibuk dengan membantu pekerjaan rumah tangga, tapi akan segera meninggalkannya ketika tiba waktu sholat.

Kebiasaan nabi Muhammad di malam hari

Ketika tiba waktu Magrib, Nabi akan bersegera ke masjid, dan bersegera kembali ke rumah untuk makan malam bersama keluarga sebelum tiba waktu Isya.

Begitulah cara Nabi mengisi waktu di malam hari, dengan melakukan aktivitas yang membuat tubuh lebih siap untuk beristirahat. Dan kebiasaan yang biasa Nabi lakukan adalah

#1. Sholat Jamaah, menghabiskan waktu bersama keluarga, dan tidur di awal malam.

#2. Bangun di sepertiga malam untuk melakukan sholat tahajud

Sebagian besar dari kebiasaan Nabi di atas sudah sering kita dengar, namun kadang kita lupa menambahkan konsistensi dan hadir penuh dalam setiap kegiatan kita.

Semoga dengan menyadari hal ini, kita dapat mengadaptasi kebiasaan Nabi dengan lebih baik, dan sehingga kebiasaan kita akan mengubah kita menjadi muslim yang seutuhnya.