fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Bagaimana Menginstal Autopilot Sukses dalam Diri Anda (2)

1 min read

Berdasarkan artikel sebelumnya (bagi yang belum baca silahkan klik di sini) sekarang kita memahami bahwa manusia memiliki sistem autopilot untuk mencapai tujuan-tujuan kita. Pertanyaan berikutnya, bagaimana cara menginstal autopilot ini agar bergerak otomatis mengejar sasarannya?

Sama dengan mengarahkan misil, yang kita lakukan adalah memberikan pikiran bawah-sadar kita sebuah tujuan yang jelas dan pasti. Bila kita memiliki sebuah tujuan yang jelas dan pasti, pikiran bawah-sadar kita akan menggerakkan kita untuk mencapainya.

Menginstal Autopilot Sukses dalam Diri

Perhatikan, sistem autopilot kita tidak akan bekerja efektif jika:

  1. Tidak memiliki tujuan yang ingin dicapai. Jika kita tidak menetapkan tujuan secara sadar maka pikiran bawah-sadar kita akan menggerakkan kita untuk mencapai tujuan-tujuan yang tidak kita sadari. Masih oke kalau tujuan yang tidak kita sadari ini tujuan yang baik dan bermanfaat, bagaimana bila sebaliknya? Misil yang diluncurkan tanpa arah bisa-bisa justru berbalik menyerang kita sendiri. Guru saya Pak Heppy Trenggono pernah memberi nasehat yang senada dengan hal ini: “Jika kita tidak secara sadar membangun kekayaan, maka secara tidak sadar kita sedang membangun kemiskinan.” 
  2. Memiliki tujuan namun tujuannya tidak jelas alias kabur. Saat kita tidak tahu dengan persis apa yang sebenarnya kita inginkan, maka pikiran bawah-sadar kita akan menebak-nebak tujuan kita, akhirnya hasil yang tercapai tidak persis seperti yang kita harapkan. Ibarat misil yang diarahkan ke sebuah kota, jika kita tidak persis menetapkan koordinatnya, kita tidak akan tahu apakah misil tersebut akan mendarat di markas musuh atau justru di rumah sakit.
  3. Sering berganti-ganti tujuan. Hal yang ketiga ini membingungkan pikiran bawah-sadar kita serta membuang-buang energi kita. Ibarat misil yang diarahkan ke kota A, lalu di tengah jalan kita mengganti koordinat sasaran ke kota B, lalu kita ganti lagi ke kota C. Apa yang terjadi? Bisa jadi misil tersebut jatuh di tengah jalan karena kehabisan bahan bakar. Demikian pula jika kita memiliki tujuan yang sering berganti-ganti, kita akan memboroskan energi, uang, dan yang terpenting waktu yang kita miliki.

Maka, agar sistem autopilot ini bekerja dengan baik, kita harus merancang sebuah tujuan yang jelas dan pasti (klik di sini untuk caranya). Lalu, hiduplah dengan tujuan yang Anda rancang ini. Sering-seringlah membaca tujuan Anda, membicarakan tujuan Anda, memikirkan tujuan Anda, dan membayangkan tujuan Anda. Semakin sering Anda mengulang-ulang hal ini, semakin terinstal tujuan Anda di bawah-sadar Anda. Semakin jelas dan pasti tujuan Anda, semakin mudah pikiran bawah-sadar memandu Anda.

“Jika kita tidak secara sadar membangun kekayaan, maka secara tidak sadar kita sedang membangun kemiskinan. ~ Heppy Trenggono” 

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

One Reply to “Bagaimana Menginstal Autopilot Sukses dalam Diri Anda (2)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *