fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Tips untuk Menguatkan Otot Disiplin Anda

1 min read

Dalam kajian Neurosains, disiplin diri diatur oleh otak bagian depan kita yang disebut dengan Prefrontal Cortex. Bagian otak ini seringkali disebut dengan CEO of The Brain – CEO dari otak kita. Kenapa? Karena inilah bagian otak yang bertanggungjawab untuk menilai, merencanakan dan mengambil keputusan. Inilah sebabnya, mereka yang rusak bagian prefrontal cortexnya menjadi kesulitan menilai baik-buruk, benar-salah. Mereka juga kesulitan merencanakan dan memvisualisasikan masa depan. Bagaimana dengan pengendalian dirinya? Sama, bermasalah.

pre-frontal-cortex
Beruntunglah kita, rata-rata dari kita masih memiliki prefrontal cortex yang masih normal. Namun, mengapa meskipun normal kita masih sulit mengendalikan diri? Sulit mendisiplinkan diri?

Dalam literatur psikologi, disiplin diri adalah keluaran dari willpower kita.Willpower ini juga seperti otot. Dia perlu dilatih agar semakin kuat.

Bagaimana cara menguatkan dan willpower kita sehingga otot disiplin kita makin kuat?

tips-untuk-menguatkan-otot-disiplin-anda

Tips berikut mungkin bermanfaat bagi Anda.

Pertama, perbaiki cara Anda berbahasa.

Apa hubungannya bahasa dengan pengendalian diri? Menurut ilmu neurosains, kemampuan berbahasa memiliki korelasi positif dengan kemampuan mengendalikan diri. Keduanya diatur oleh Prefrontal Cortex. Selain dua hal tersebut, PFC juga berfungsi untuk: visualisasi, perencanaan, memori, fokus dan perhatian. Melatih cara berbahasa (baik dalam berbicara maupun menulis) akan melatih pengendalian diri Anda juga.

Kedua, kelola tingkat stress Anda

Saat Anda stress, Anda akan kesulitan mengendalikan diri. McGonigal penulis buku Willpower Instict menyarankan untuk berhenti sejenak untuk menarik nafas panjang saat kita merasa stress. Ini adalah cara awal termudah untuk mengelola tingkat stress Anda dan menguatkan kendali diri Anda.

Ketiga, tidur yang memadai

Tidur membantu memulihkan kapasitas willpower Anda. Danile Kripke, seorang peneliti tentang tiduur, menyebutkan durasi tidur yang terbaik andalah 6,5-7,5 jam di malam hari. Penelitian menyebutkan, mereka yang tidur dengan durasi yang cukup lebih bahagia, kurang stressnya dan memiliki pengendalian diri yang lebih baik.

Keempat, berlatih meditasi

Peneliti di Standford University percaya, ada dua hal yang dapat meningkatkan kapasitas willpower Anda: olahraga dan meditasi. Meditasi bermanfaat untuk melatih fokus, kesadaran dan pengendalian diri. Tidak memerlukan waktu bertahun-tahun untuk merasakan manfaatnya. Riset menemukan, perubahan otak terjadi setelah berlatih setiap hari selama 8 minggu saja. Bahkan latihan meditasi yang tidak sempurna pun memperbaiki fungsi prefrontal cortex Anda.

Kelima, olahraga yang memadai

Dr Yorgi Mavros peneliti dari University of Sydney menyebutkan “Apa yang kami temukan dari studi ini adalah, fungsi kognitif seseorang meningkat seiring dengan peningkatan kekuatan ototnya” – Semakin terlatih otot kita, semakin terlatih otak kita.

Keenam, nutrisi yang cukup

Otak membutuhkan nutrisi untuk berfungsi dengan baik. Kurangnya nutrisi akan melemahkan kerja otak dan kendali diri Anda. Jika Anda ingin memiliki willpower yg stabil, makanlah makanan dg indeks glikemik rendah. Misalnya: sayur-sayuran, kacang-kacangan, tahu, tempe, buah-buahan segar, ikan, daging, minyak zaitun dsb. Makanan ini membantu Anda memiliki willpower yg stabil. Efek sampingnya, makanan ini juga membuat tubuh Anda langsing 😁

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.