fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Tindakan Pembeda Antara Orang Sukses dengan Selainnya

1 min read

Apa perbedaan antara mereka yang sukses dengan selainnya? Apa yang dilakukan secara berbeda oleh mereka? Buku dari Heidi Grant Halvorson, Ph.D menjawabnya. Dalam bukunya, Dr. Halvorson menjelaskan sembilan tindakan yang dilakukan secara berbeda oleh orang-orang sukses. Saya akan membahas empat di antaranya.

tindakan-pembeda-antara-orang-sukses-dengan-selainnya

Pertama, Berpikir Spesifik.

Orang sukses bukanlah tipikal orang yang menyatakan niatnya dengan pernyataan yang abstrak. Misalnya: ingin turun berat badan, tidur lebih berkualitas, olahraga teratur. Saat menyatakan niatnya, mereka berpikir lebih spesifik: turun 5 kg, pergi tidur pk. 21.00, nge-gym 30 menit setiap hari Senin dan Kamis. Dengan demikian mereka tahu dengan persis apa yang ingin mereka capai dan apa yang perlu mereka lakukan.

Kedua, Memanfaatkan Momen untuk Bertindak

Setiap orang sibuk. Setiap orang tidak punya waktu. Namun, orang-orang sukses meluangkan waktu untuk hal-hal penting dalam hidupnya. Mereka memutuskan kapan dan dimana mereka akan melakukannya. Lagi-lagi, mereka berpikir secara spesifik. Mereka menggunakan metode implementation intention (perencanaan jika-maka) untuk merencanakan tindakannya. Formatnya: “Jika hari ini adalah hari Senin pk. 16.00 maka saya akan pergi ke gym untuk berolahraga selama 30 menit”

Ketiga, Tahu dengan Persis Berapa Jauh Lagi Jarak yang Perlu Ditempuh

Mau tidak mau, suka tidak suka, orang-orang sukses memonitor tindakannya. Mereka memantau aktivitas mereka secara berkala, entah oleh mereka sendiri atau oleh orang lain yang ia percaya. Dengan demikian, mereka akan tahu dengan persis, apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki.

Keempat, Optimis namun tetap Realistis

Orang-orang sukses bukanlah orang yang optimis tanpa berpijak ke bumi. Mereka optimis dengan tujuan mereka, namun mereka juga tetap realistis dengan rencananya. Mereka berpikir positif, namun di sisi lain mereka juga berpikir analitis terhadap tujuannya. Setiap pencapaian tujuan memerlukan waktu, usaha, dan fokus. Jika kita tidak bersikap realistis, bisa jadi kita akan kecewa dengan diri sendiri. Optimis boleh, namun tetap gunakan akal sehat Anda.

Inilah empat tindakan yang dilakukan secara berbeda oleh orang-orang sukses. Bagaimana dengan Anda?

Sumber gambar: playbuzz (dot) com
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *