fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Menarik Keberuntungan dalam Hidup

1 min read

Di buku HABITS-nya Ustadz Felix Siauw saya menemukan sebuah kutipan menarik:

“Luck is a matter of habits”

Keberuntungan adalah tentang kebiasaan. Orang-orang yang terbiasa beruntung, ia akan selalu beruntung. Sementara mereka yang terbiasa sial, mereka akan selalu sial. Orang-orang yang beruntung akan sering menemukan peluang-peluang yang tak terduga. Orang-orang yang sial hanya akan menemukan kesempitan-kesempitan dalam hidupnya (ngeri amat ya?).

Sumber: http://www.flickr.com/photos/59937401@N07/
Sumber: http://www.flickr.com/photos/59937401@N07/

Pertanyaannya, dapatkah kita mengubah kesialan kita menjadi keberuntungan? Beruntung bagi kita, kita dapat mengubahnya. DR. Richard Wiseman telah melakukan penelitian selama delapan tahun yang membuktikan bahwa kita dapat meningkatkan keberuntungan kita (selengkapnya tentang penelitian DR. Wiseman ini dilahkan klik di sini).

Ada beberapa hal yang perlu kita pahami untuk mengubah pola sial menjadi pola beruntung.

  • Pertama, kita perlu menyadari bahwa sial dan beruntung adalah label yang kita berikan pada sebuah kondisi yang kita alami.  Saat seorang pengendara motor dihantam mobil sampai kendaraannya ringsek namun dirinya selamat, ia memiliki dua pilihan label. Ia bisa memilih untuk meyakini bahwa dia sial karena mengalami kecelakaan atau beruntung karena ia selamat dari kecelakaan.
  • Kedua, untuk menjadi orang yang beruntung kita perlu meyakini bahwa kita adalah orang yang beruntung. Anda kenal karakter Si Untung (nama aslinya Gladstone) di komik Donal Bebek bukan? Ia meyakini bahwa dirinya adalah “orang” yang beruntung sehingga ia mengalami begitu banyak keberuntungan di dalam hidupnya.

“Luck is believing you’re lucky.” Tennessee Williams

  • Ketiga, kumpulkan bukti-bukti yang menguatkan keyakinan kita bahwa kita adalah orang yang beruntung. Caranya adalah dengan mencatat keberuntungan-keberuntungan (sekecil apapun) yang Anda setiap hari. Catatan ini akan menguatkan diri kita bahwa kita adalah orang yang beruntung.
  • Keempat, siapkan diri kita untuk mendapatkan keberuntungan-keberuntungan dalam hidup. Seringkali kesempatan emas datang tiba-tiba. Pada saat kesempatan itu datang, sudah siapkah kita? Persiapkan diri kita untuk menerima kesempatan tersebut.

“Luck is what happens when preparation meets opportunity.” Seneca

Sudah siapkah Anda menjadi orang yang beruntung sekarang? Tindakan-tindakan terbaik apa saja yang akan Anda lakukan secara aktif untuk menarik keberuntungan Anda mulai sekarang?

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.