fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Apa itu Kebahagiaan?

1 min read

Ketika orang bertanya, apa itu sukses? jawaban termudahnya: sukses adalah bahagia. Tidak heran, ketika orangtua menasihati anaknya, seringkali mereka berkata: “Kami ingin kamu bahagia” – pertanyaannya, apakah yang dimaksud dengan kebahagiaan? Apakah semua kebahagiaan bernilai sama?

apa-itu-kebahagiaan

Richard Shell dalam bukunya “Springboard: Launching Your Personal  Success” mengatakan tidak semua kebahagiaan diciptakan sama. Menurutnya, ada tiga macam kebahagiaan.

Kebahagiaan Pertama: Momentary Happiness.

Ini adalah kebahagiaan yang kita rasakan saat kita menikmati momen demi momen saat ini. Kebahagiaan saat kita melakukan sesuatu, apapun itu. Entah ngobrol dengan teman, jalan-jalan bersama keluarga, ngopi atau sekadar menikmati makanan yang enak… lalu kita merasakan emosi positif, emosi bahagia – ini yang kita sebut dengan momentary happiness.

Kunci untuk mendapatkan momentary happiness adalah fokus di sini saat ini, menikmati apapun yang kita kerjakan saat ini.

Kebahagiaan Kedua: Overall Happiness.

Overall Happiness adalah kebahagiaan yang kita rasakan saat menjawab pertanyaan: apakah hidupku bahagia? Ini adalah kesimpulan umum dan penilaian positif terhadap keseluruhan hidup kita. Kita melihat masa lalu dan “melihat” masa depan, lalu mengevaluasi secara keseluruhan dan Anda merasa puas – inilah kebahagiaan yang kedua.

Menurut riset, ada empat hal yang dapat meningkatkan kebahagiaan jenis kedua ini.

  • Kesehatan yang baik.
  • Terwujudnya sebuah tujuan jangka panjang.
  • Hubungan baik dengan pasangan.
  • Menghasilkan banyak uang (jadi, kata siapa uang tidak bisa membeli kebahagiaan? haha)

Kebahagiaan Ketiga: Deep Happiness

Kebahagiaan yang muncul saat kita menyadari makna hidup kita. Saat kita merasa terhubung dengan sesuatu yang lebih besar dari kita. Saat kita mendapatkan makna dari apa yang kita lakukan setiap hari. Memiliki pekerjaan yang bermakna adalah salah satu sarana mendapatkan kebahagiaan jenis ini.

Refleksi:

  • Apakah Anda merasa bahagia saat ini?
  • Dari ketiga jenis kebahagiaan di atas, kebahagiaan mana yang lebih sering Anda rasakan?
  • Bagaimana agar Anda semakin sering merasa bahagia? Apa saja yang dapat Anda lakukan?
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.